8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Terbaru Dan Termudah

Jika dibandingkan pada zaman XP, saat ini Microsoft sangat rajin membuat versi sistem operasi terbaru. Jelas hal tersebut membuat masyarakat milenia merasa senang akan kehadiran versi terbaru. Seperti saat ini Windows 10 jadi sistem operasi terbaru dengan banyak fitur didalamnya. Sayangnya kelebihan didalamnya tidak sebanding bersama kinerjanya. Banyak orang beranggapan kinerjanya lambat. Cara mengatasi laptop lemot Windows 10 jelas harus diketahui, sehingga kita dapat menikmati kecanggihan terbaru ini. Lantas bagaimana cara membuatnya tidak lemot lagi? Check this out!

Penyebab Dan Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

  1. Tidak ada virus

Keberadaan virus sangat mengganggu kinerja sebuah komputer. Saat anda menggunakan Windows 8 atau 7, kemudian tidak diketahui adanya virus. Ketika akan di upgrade ke Windows 10 pasti akan bekerja lambat. Termasuk ketika booting. Ada sebagian orang yang memang enggan melakukan upgrade, karena takut laptop jadi lemot. Padahal lemot tersebut dapat diatasi dengan cara menghilangkan virus secara menyeluruh. Sebab inilah laptop kita harus menggunakan antivirus terbaik serta selalu update. Agar mengetahui virus baru dan dapat menghilangkannya secara keseluruhan. Tapi ingat, cukup menginstall antivirus terbaik. Jangan menginstall terlalu banyak antivirus, karena dapat memperberat kinerja laptop.

  1. Disable Efek Transparant

Keberadaan fitur ini memang sudah cukup lama. kegunaannya untuk membuat tampilan Start Menu, Taskbar dan Action Center terlihat lebih elegant. Fitur ini juga menuntut syarat tinggi agar performa Windows 10 berjalan dengan baik. sayangnya hal tersebut membuat kinerja notebook terasa lemot. Solusinya cukup mudah, pertama buka PC setting. Kemudian pilih personalization dan klik Colour. Pindahkan Make Start, Taskbar, and Action Center Transparent kesebelah kiri. Tujuannya untuk mematikan fitur transparan. Lalu akhiri dengan klik OK. Menghilangkan fitur transparan ini dinilai cukup ampuh mempercepat kinerja Windows 10.

  1. Setting ‘Paging file sie for all drive’

Ketika notebook mengalami masalah lagging memang sangat menyusahkan. Masalah Lagging jelas jadi penyebab Windows 10 lemot serta terasa lama. hal tersebut jelas membuat kita tidak dapat merasakan nikmatnya performa Windows 10. Langkah yang harus dilakukan cukup melakukan setting. Pertama pada kolom pencarian didekat ikon menu start ketikkan kata kuncu ‘Adjust apearence and performance’. Lalu pilih menu advance dan klik change. Ubah settingan pada menu advance, dengan cara uncheck pada tulisan ‘Automatically manage paging file sie for all drive’.

Pilih drive sistem dimana Windows 10 diinstall, umumnya pada drive C. setelah memilih drive C, masukkan angka kolon initial dan maximum size berdasarkan yang direkomendasikan Windows. Ukuran yang direkomendasikan dapat dilihat pada bagian bawah jendela yang bertuliskan ‘Recommended’. Setelah mengisi nilai klik OK kemudian lakukan restart.

  1. Nonaktifkan layanan

Didalam Windows 10 pasti terdapat banyak layanan yang memanjakan para penggunanya. Namun tidak semua layanan yang ada dipergunakan oleh anda. sedangkan layanan ini selalu berjalan dan semakin membuat kinerja laptop bertambah keras dan semakin lola. Guna mengatasi masalah tersebut, cukup melakukan nonaktif layanan. Caranya klik kanan pada tombot start kemudian pilih Task Manager. Klik bagian tab service, lalu klik kanan pada service yang tidak perlu, pilih opsi stop untuk menghentikannya. Sangat mudah bukan?

  1. Program yang tidak terpakai

Notebook yang telah lama anda pergunakan, biasanya memiliki banyak program yang tidak terpakai. Atau terdapat program software yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Program seperti ini hanya memperberat kinerja Windows 10. Cara mengatasi laptop lemot Windows 10 terbaik untuk program-program ini adalah meng-uninstall program tersebut. caranya klik kanan pada Start button. Kemudian klik Programs and features. Lalu pilih software yang tidak dipergunakan tersebut, klik kanan lalu pilih uninstall / change. Jika kalian seorang gamers, pilih saja game yang berkapasitas ringan.

  1. Search Indexing

Apabila spesifikasi perangkat komputer atau laptop kalian kurang memadai untuk memiliki Windows 10. Sangat disarankan untuk mematikan fitur Search Indexing. Sebenarnya fitur ini berfungsi untuk mengindeks seluruh file yang terdapat didalam komputer. Serta berguna mempermudah pengguna mencari file secara cepat. akan tetapi penggunaan fitur ini cukup banyak memakan sumber daya. Untuk mematikan Search Indexing ketik Services pada kolom Start. Buka menu service dan cari Windows Search. Lakukan klik kanan dan klik stop untuk mematikan ftur Search Indexing.

  1. Delayed Start

Bila notebook kalian terasa lemot ketika booting sistem software, mungkin menggunakan delayed start dapat jadi solusi terbaik bagi anda. penggunaan delayed start sangat berguna untuk mempercepat proses booting. Langkah-langkah yang harus kalian lakukan sangat muda. pertama tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka menu run. Setelah itu ketik ‘services.msc’ dan klik OK. Akan segera muncul jendela berisi list dari service. Pilih service yang akan didelay klik kanan dan open. Lalu ganti setting default menjadi delayed start. Setelah itu pilih save lalu lakukan restart notebook.

  1. File sampah

File sampah (temp) yang kurang penting ternyata sangat mempengaruhi kecepatan Windows. Bila sampah-sampah ini tidak dihapus dan dibiarkan dalam waktu lama. akan membuat hardisk penuh dan membuat lemot. Cara menghapus file sampah membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner agar lebih powerfull.

Kini saatnya anda mempercepat kinerja Windows 10. Kedelapan cara tersebut sangat membantu mempercepat kinerja laptop. Bila Cara mengatasi laptop lemot Windows 10 ini masih belum berhasil, ada cara lain. yakni mengganti HHD jadi SSD untuk memperingan dan mempercepat kinerja.

8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Terbaru Dan Termudah | admin | 4.5