Layar Laptop Blank / Mati: Beragam Penyebab Yang Harus Diketahui

Disadari atau tidak, kini laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi masyarakat. Salah satu alat elektronik ini sudah sangat banyak digunakan dalam beragam kebutuhan sehari-hari, seperti untuk sekolah, bekerja, dan lainnya. Namun, seperti alat elektronik lainnya, laptop juga tidak lepas dari masalah. Salah satu masalah dimana cukup sering terjadi adalah layar laptop blank / mati. Tentu saja, hal ini akan sangat mengganggu.

Terkadang, pengguna perangkat sering kebingungan ketika mereka menemukan masalah layar laptop mereka yang tiba-tiba blank atau bahkan mati. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui apa saja penyebab dari masalah ini sehingga mereka bisa melakukan perbaikan atau pencegahan agar masalah tersebut tidak terjadi. Berikut ada beberapa penyebab dari masalah layar laptop yang mati untuk diketahui.

Penyebab Layar Laptop yang Mati atau Blank

Display Driver Laptop Mengalami Masalah Teknis

Salah satu penyebab layar laptop blank adalah display driver laptop yang anda miliki mengalami masalah teknis. Penting untuk diketahui bahwa display driver merupakan salah satu software atau aplikasi yang berperan penting untuk menampilkan hasil dari pemrosesan informasi menuju output. Apabila driver ini mengalami masalah teknis, maka efeknya adalah layar laptop akan menjadi blank dan pengguna tidak akan melihat apapun di layar mereka.

Adapun masalah teknis yang biasanya terjadi pada kasus ini adalah display laptop mengalami corrupt atau ada salah satu file yang rusak dan hilang. Dalam hal ini, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan repair. Jika repair tetap tidak bisa menyelesaikan masalah, maka install ulang driver display dapat menjadi solusi tepat.

Versi Driver Laptop Tidak Tepat

Penyebab lain kenapa layar laptop tiba-tiba blank atau mati adalah versi driver display yang digunakan tidak sesuai. Perlu diketahui bahwa setiap spesifikasi komputer dan sistem operasi yang digunakan akan sangat berpengaruh pada versi driver display yang harus digunakan. Jika versi tersebut tidak cocok, maka bisa saja masalah layar laptop blank / mati akan muncul.

Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah versi driver laptop yang tidak sesuai, maka anda harus mengganti driver tersebut. Melakukan install ulang driver merupakan salah satu cara terbaik untuk dilakukan. Carilah driver yang sesuai agar masalah layar laptop tidak muncul kembali.

Kerusakan pada VGA

VGA merupakan salah satu komponen laptop yang cukup penting berkaitan dengan display dan layar. Salah satu penyebab munculnya masalah layar laptop blank adalah kerusakan yang terjadi pada komponen VGA. Kerusakan pada VGA ini muncul karena penggunaan laptop yang terlalu lama atau kualitas hardware tersebut yang memang di bawah standard.

Kerusakan yang terjadi pada VGA sering juga berakibat fatal bagi performa laptop dimana laptop tidak bisa bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, ketika VGA mengalami kerusakan, maka salah satu cara yang tepat untuk dilakukan adalah dengan melakukan penggantian komponen. Ini adalah cara aman dimana dapat menjadi solusi terbaik guna mengembalikan kinerja laptop.

LCD Mengalami Kerusakan

Penyebab lain yang sering muncul adalah LCD mengalami kerusakan. Tentu kita tahu bahwa LCD merupakan bagian komponen penting dalam perangkat PC dimana akan menjadi penentu dari lancar atau tidaknya tampilan display dari perangkat tersebut. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, tentu saja display juga akan mengalami masalah dimana tampilan tidak bisa ditampilkan dengan baik.

Kerusakan pada bagian ini cenderung lebih sering terjadi karena kecerobohan seorang user. Biasanya, user sering ceroboh dengan tidak sengaja menggores bagian LCD tersebut atau LCD yang terkena sesuatu hal, seperti terkena air panas atau tumpahan kopi secara tidak sengaja. Jika hal ini terjadi, maka bisa saja layar akan menjadi blank dan perangkat tidak bisa bekerja dengan normal.

Kabel Elastis Mengalami Masalah

Penyebab lainnya kenapa tampilan display dalam perangkat tidak bisa maksimal atau bahkan mati adalah masalah terjadi pada kabel elastis. Ini merupakan salah satu masalah klasik dimana sering terjadi dan sangat mengganggu. Perlu diketahui bahwa kabel elastis adalah penghubung dari sistem tampilan dimana dengan kabel ini maka tampilan perangkat bisa lebih maksimal.

Jika kerusakan terjadi pada kabel elastis, maka hal dimana akan terjadi adalah tampilan menjadi tidak maksimal. Layar akan menampilkan display secara kurang sempurna dimana display bisa saja menjadi tidak jelas dan beberapa bagian tidak tampak secara sempurna serta muncul garis-garis pada permukaan. Solusi dari masalah ini adalah melakukan penggantian pada komponen kabel elastis.

Aplikasi Terlalu Berat

Tentu kita tahu bahwa setiap perangkat memiliki spesifikasi masing-masing. Spesifikasi perangkat tentu saja akan sangat berpengaruh pada jenis aplikasi untuk dijalankan. Masalah tampilan pada perangkat tersebut juga bisa terjadi karena aplikasi terlalu berat dan tidak sesuai dengan spesifikasi dimiliki oleh perangkat tersebut.

Oleh karena itu, ketika anda hendak menginstal beragam jenis aplikasi pada perangkat, maka baca terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika aplikasi terlalu berat untuk perangkat, maka sebaiknya anda tidak melakukan instalasi atau masalah tampilan akan muncul dan menjadi hal merugikan karena menghambat kinerja.

Dari beberapa keterangan di atas, kita bisa melihat bahwa ada beberapa penyebab layar laptop blank / mati. Dengan memiliki pengetahuan terkait hal tersebut, tentu kita akan menjadi lebih paham mengenai masalah yang terjadi dan bisa melakukan tindakan pencegahan. Semoga penjelasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat.

Layar Laptop Blank / Mati: Beragam Penyebab Yang Harus Diketahui | admin | 4.5