Review Lenovo V110: Laptop Gaming & Grafis Harga Murah

Bagi kalian para pecinta game, tentunya laptop gaming menjadi kebutuhan sehari-hari. Sayangnya, kebanyakan laptop gaming dibanderol dengan harga mahal yang tentu akan menguras kantong. Jika kalian mencari laptop gaming dengan harga terjangkau, Lenovo V110 bisa menjadi solusinya. Saat ini, laptop gaming yang murah ini sudah banyak tersedia di toko retail offline maupun toko online. Jadi, kalian bisa membelinya dengan mudah. Namun sebelum memutuskan untuk memilikinya, sebaiknya perhatikan dulu review lengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar Lenovo V110

Laptop gaming ini hadir dengan layar sebesar 14 inci yang sangat ideal untuk bermain game maupun melakukan berbagai aktifitas lain. Selain itu, layar tersebut dilengkapi dengan teknologi TFT LCD LED backlight yang menawarkan resolusi cukup bagus yaitu 366 x 768 piksel. Tak hanya itu, layar yang dibawakan juga memiliki kemampuan anti-glare sehingga tidak silau jika digunakan di luar ruangan. Bahkan, layarnya juga bisa menghasilkan kecerahan mencapai 200 nits.

Layarnya yang ideal sangat nyaman digunakan untuk aktfitas sehari-hari. Misalnya, kalian bisa menjalankan aplikasi Office, mengedit foto atau video, chtting, browsing, dan lain sebagainya. Satu lagi, layar laptop ini juga tak akan membuat mata penggunanya cepat lelah meski digunakan dalam waktu berjam-jam setiap hari. Itulah kenapa laptop ini sangat rekomended untuk para gamer.

Kinerja Lenovo V110

Di kelas entry level, laptop ini memiliki performa yang cukup bersaing. Sebagai informasi, laptop ini ditenagai CPU AMD APU A9 9420. Ini adalah APU generasi ke-7 dengan dual core yang memiliki arsitektur Excavator. Prosesor tersebut memiliki kecepatan 3.0 GHz dan Turbo 3.6 GHz. Untuk memaksimalkan kinerjanya, Lenovo memadukannya dengan RAM DDR4 yang berkapasitas 4 GB. RAM ini bisa dipgrade hingga 2 kali lipatnya yaitu 8 GB.

Untuk urusan grafis, laptop entry level ini juga sangat bersaing dengan para rival. Pasalnya, grafis AMD Radeon R5 yang dibawakannya tak bisa dipandang sebelah mata. Kartu grafis tersebut ditandemkan dengan 192 shader core yang memiliki arsitektur GCN dengan kecepatan maksimal 800 MHz dan interface 64 bit. Kartu grafis ini juga diintegrasikan dengan VRAM sebesar 512 MB. Jadi, kualitas grafis yang ditawarkan bisa dibilang cukup mumpuni.

Fitur-fitur Lenovo V110

Berbicara mengenai fitur, ada banyak fitur yang dibawakan oleh laptop baru milik Lenovo ini. Mulai dari konektifitas, laptop Lenovo ini mengandalkan beberapa fitur termasuk card reader, port HDMI, port USB 2.0, port USB 3.0, Wi-Fi, dan LAN. Selain itu, laptop entry level ini juga dibekali dengan fitur AccuType keyboard sehingga membuat pengguna nyaman saat mengetik berjam-jam. Fitur lainnya adalah DVD-RW Drive yang juga sangat bermanfaat.

Beralih ke sektor audio, Lenovo membekali perangkat barunya ini dengan beberapa fitur cangih agar bisa bersaing dengan rival di kelasnya. Salah satunya adalah 2x 1.5 W speaker stereo. Fitur ini membuat pengalaman dalam menikmati konten multimedia semakin menyenangkan. Pada sektor penyimpanan, laptop ini mengandalkan hard disk dengan kapasitas yang luas yaitu 500 GB. Data-data penting pun bisa tersimpan dengan baik.

Penting juga mengetahui software yang digunakan. Perlu diketahui, sistem operasi pre-installed tidak pada perangkat ini. Jadi, kalian harus membeli linsensi terlebih dahulu lalu menginstal sistem operasi Windows. Terakhir masalah baterai, laptop gaming yang harganya terjangkau ini hadir dengan baterai berkualitas yang memiliki kapasitas 3 cell 24 WHr. Baterai ini diyakini bisa bertahan sampai sekitar 5 jam untuk penggunaan standar. Namun jika untuk main game berat, daya baterainya akan lebih cepat habis. Jadi, pastikan charger selalu berada di dekat laptop gaming ini.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo V110

Dari review di atas, apa yang bisa kalian simpulkan? Yang pasti, ada beberapa aspek yang menjadi kelebihan laptop gaming ini. Salah satunya adalah performanya yang tangguh dan bersain. Kemudian, kualitas grafisnya juga sangat bagus sehingga cocok untuk gaming maupun aktifitas multimedia. Satu lagi, Lenovo menghadirkan perangkat baru ini dengan harga yang masuk akal dan terjangkau di kelas entry level.

Tak ada sesuatu yang sempurna. Meski sudah tergolong memuaskan sebagai laptop gaming di kelas entry level, namun perangkat ini bukan tanpa kekurangan. Satu kekurangan yang cukup disayangkan adalah laptop ini tidak dilengkapi dengan sistem operasi Windows pre-installed. Jadi, mau tak mau pengguna harus membeli lisensi terlebih dahulu baru kemudian menginstal sistem operasinya sendiri.

Harga Lenovo V110

Setelah mengetahui review dan kelebihan serta kekurangannya, kini kita akan membahas harganya. Kali ini, Lenovo berusaha melucurkan laptop gaming degan banderol harga murah. Bahkan, laptop ini juga bisa menangani berbagai aplikasi grafis. Di pasar laptop Indonesia, perangkat ini dijual dengan harga Rp 4.899.000. Harga di bawah 5 juta ini tentunya bisa dibilang sangat terjangkau untuk laptop yang handal dalam urusan gaming & grafis. Itulah kenapa laptop ini sangat rekomended untuk para gamer dan kalian yang berkecimpung di dunia grafis.

Salah satu pesaing terdekatnya ialah Asus X555BP. Namun jika dibandingkan, Lenovo V110 jelas lebih unggul khususnya dalam hal performa. Prosesor dan kartu grafis yang digunakan dapat menghasilkan kinerja yang lebih cepat dari apa yang ditawarkan oleh rival terberatnya itu. Kesimpulannya, laptop ini sangat layak untuk menjadi prioritas utama bagi siapa saja yang mencari sebuah laptop gaming dengan budget minim.

Review Lenovo V110: Laptop Gaming & Grafis Harga Murah | admin | 4.5