Review Harga Acer Aspire ES1 Terbaru 2018

Lagi-lagi, Acer memeperkenalkan laptop barunya yang masuk kategori entry level yaitu Acer Aspire ES1. Sebenarnya, laptop serupa pernah dirilis Acer dan ini adalah versi barunya. Tentu saja ada banyak perbaikan yang diberikan. Lalu, bagaimana spesifikasinya? Untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang laptop baru Acer ini, mari perhatikan review lengkapnya di bawah ini.

Desain & Layar Acer Aspire ES1

Desain laptop baru Asus ini memang cukup elegan. Selain itu, bodinya juga lumayan tipis. Untuk varian warna, tersedia dalam 2 pilhan yang sama-sama keren yaitu merah dan hitam. Laptop ini juga hadir dengan kelebihan pendingin pasif. Artinya, tidak aka nada kipas pendingin namun tetap tidak akan panas meski digunakan selama berjam-jam tanpa henti. Selain itu, pendingin pasif ini juga membuatnya lebih sunyi dan tenang saat laptop digunakan.

Beralih ke bagian layar, laptop ini tergolong berukuran kecil yaitu 11.6 inci. Selain itu, laptop ini juga dolengkapi teknologi Acer ComfyView TFT LCD LED backlight yang menambah kenyamanan pengguna saat mengoperasikannya. Untuk resolusi, gambar yang dihasilkan sudah cukup tajam karena resolusi maksimalnya mencapai 1366 x 768 piksel. Meski layarnya kecil, justru hal ini sangat nyaman untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Namun dampaknya kurang nyaman untuk penggunaan lama karena layarnya sedikit kurang luas.

Performa Acer Aspire ES1

Sebenarnya, performa yang dihasilkan laptop baru Acer ini tidak menonjol. Ditenagai prosesor Intel Braswell, Asus mempersenjatainya dengan Intel Celeron N3350 dual core. Prosesor ini bisa berlari pada kecepatan 1.1 GHz. Namun ada fitur TurboBoos yang menawarkan kecepatan maksimal 2.4 GHz. Untuk memaksimalkan kinerjanya, laptop baru dari Acer ini dilengkapi dengan RAM DDR3L yang kapasitasnya 2 GB. Kapasitas RAM ini memang dianggap terlalu kecil tapi masih bisa diupgrade lagi jika mau.

Untuk komptasi sehari-hari, sebenarnya kinerja laptop ini sudah sangat memadai. Misalnya adalah untuk chatting, multimedia ringan, program Office, browsing internet, dll. Acer juga melengkapinya dengan GPU Intel HD Grapics generasi ke-8 dengan arsitektur 12 EU dan kecepatan 640 MHz. sayangnya, kinerja keseluruhannya tetap kalah dibanding grafis diskrit segmen entry level.

Media Penyimpanan dan Baterai Acer Aspire ES1

Untuk kebutuhan penyimpanan data, laptop ini dibekali dengan hard disk yang memiliki kapasitas 500 GB berkecepatan 5400 rpm. Jika masih kurang, kalian juga masih bisa mengupgradenya lagi. Namun, rasanya kapasitas 500 GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan foto, video, game, dll. Untuk sektor daya, pabrikan laptop asal Taiwan ini melengkapi Aspire ES1 dengan sebuah baterai 3 cell yang memiliki kapasitas 3220 mAh. Kapasitas baterai ini sudah cukup mencukupi kebutuhan daya untuk aktifitas sehari-hari.

Fitur Konektifitas Acer Aspire ES1

Laptop baru Acer ini juga hadir dengan beberapa fitur konektifitas. Konektifitas yang ditawarkan lumayan standar pada kelasnya. Salah satunya adalah Wi-Fi untuk kebutuhan akses internet yang semakin menyenangkan. Untuk mentransfer data ke perangkat lain atau sebaliknya, tersedia beberapa port yang meliputi port USB 2.0 dan port USB 3.0. Tersedia juga port HDMI yang memugkinkan pengguna menghubungkan laptop ini dengan perangkat lain seperti TV, Play Station, dll.

Software Acer Aspire ES1

Laptop baru garapan Acer ini menggunakan sistem operasi dari Linux di dalamnya. Jadi, jika kalian termasuk pengguna Windows, artinya kalian harus membeli lisensi lalu menginstalnya lebih dulu. Pasalnya, Aspire ES1 tidak tersedia dalam varian yang hadir dengan sistem operasi pre-installed Windows.

Kelebihan dan Kekurangan Acer Aspire ES1

Kita sudah melihat review lengkap dari produk laptop baru Acer di segmen entry level yaitu Aspire ES1. Dari review di atas, kita bisa melihat beberapa kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kelebihan dari laptop ini adalah terdapat pada desainnya dimana hadir dengan dimensi yang kompak dan bobot yang ringan. Artinya, laptop ini mudah dibawa ke mana-mana. Selain dari segi desain, kelebihan dari laptop ini juga terdapat pada harganya. Harga Aspire ES1 memang terjangkau karena fokus di segmen entry level. Jadi, jangan heran jika banyak sekali orang yang menggunakan laptop ini dari berbagai kalangan.

Namun, laptop ini juga memiliki beberapa kelemahan. Setidaknya, ada 2 kekurang yang bisa kita temukan berdasarkan review di atas. Pertama, kita tahu kalau laptop ini tidak hadir dengan sistem operasi pre-installed dari Windows, namun justru hadir dengan sistem operasi Linux. Padahal, kebanyakan konsumen adalah pengguna Windows sehingga mereka harus membeli lisensi dan menginstallnya dulu. Satu lagi kekuragan yang cukup terasa yaitu pada performa atau kinerjanya. Seperti kita tahu, prosesor, RAM dan GPU yang ditawarkan belum cukup mumpuni untuk menghasilkan performa bagus. Namun, jika hanya sebatas untuk kegiatan normal sehari-hari, tentu saja tidak akan ada masalah.

Harga Acer Aspire ES1

Jika dibandingkan dengan para pesaingnya, harga yang ditawarkan oleh pabrikan asal Taiwan, Acer, untuk produk laptop barunya itu sangat kompetitif. Laptop ini sudah tersedia di toko-toko resmi maupun non-resmi di Indonesia, termasuk toko-toko online. Umumnya, mereka membanderol Acer Aspire ES1 dengan harga 3.3 jutaan rupiah. Harga ini juga bisa berubah atau berbeda tergantung toko yang menjualnya dan juga daerah di mana kalian membelinya. Dengan spesifikasi yang ditawarkan di atas, rasanya harga 3.3 jutaan memang sangat pantas dan masuk akal untuk laptop di segmen entry level.

Review Harga Acer Aspire ES1 Terbaru 2018 | admin | 4.5