Review Acer Spin 1: Laptop Hybrid 5 Jutaan

Baru-baru ini, jagad laptop dihebohkan dengan kehadiran Acer Spin 1 yang menjadi laptop hybrid dengan banderol harga murah. Laptop hybrid ini memungkinkan pengguna untuk memutar layarnya hingga 360 derajat. Bahkan, laptop ini menjadi andalan baru dalam persaingan dengan para rival di segmen entry level. Bersaing dengan vendor besar lain seperti Lenovo dan Asus, tentu Acer sudah mempersiapkan laptop ini dengan spesifikasi yang bagus. Daripada penasaran, sebaiknya perhatikan dulu review lengkapnya berikut ini.

Desain dan Layar Acer Spin 1

Seperti yang sudah disinggung di atas, laptop ini hadir dengan desain hybrid. Artinya, laptop ini bisa diubah-ubah bentuknya sesuai keinginan dan kebutuhan seperti tablet dan tent. Bahkan, layarnya bisa diputa sampai 360 derajat. Misalnya, kalian bisa merubahnya ke bentuk tablet untuk browsing internet, merubahnya ke bentuk laptop untuk main game atau mengerjakan tugas, dan merubahnya ke bentuk tent untuk nonton video atau film.

Untuk layarnya, laptop ini tergolong kecil karena hadir dengan layar sebesar 11.6 inci saja. Namun justru layar mungil inilah yang membuatnya lebih fleksible dan portable. Meski kecil, namun kualitas layarnya cukup bagus dengan teknologi IPS LCD LED backlight yang menawarkan resolusi 1366 x 768 piksel. Selain layarnya yang kecil, dimensinya juga kompak sehingga sangat mendukung mobilitas penggunanya.

Spesifikasi Acer Spin 1

Masuk ke spesifikasi, lapto hybrid ini sudah dilengkapi sistem operasi pre-installed dari Windows 10 Home x 64. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi membeli lisensi & menginstalnya. Hal ini membuatnya lebih simple yang sangat disukai konsumen.

Performanya juga bisa diandalkan berkat prosesor yang datang dari Intel Celeron N3350 dual core. Prosesor tersebut memiliki kecepatan 1.1 GHz standar sedangkang TurboBoost meningkatkan kecepatan maksimalnya menjadi 2.4 GHz. Selain prosesor yang handal, Acer juga membekali laptop hybridnya ini dengan RAM DDR3L sebesar 4 GB berkecapatan 1600 MHz. Karena sudah tertanam di motherboard, RAM tersebut tidak bisa diupgrade. Jadi pengguna harus puas dengan RAM tersebut. Namun kapasitas 4 GB sudah sangat bagus untuk menjalankan berbagai aplikasi dan program dengan mulus seperti untuk chatting, multimedia, Office, browsing, dll.

Performa laptop hybrid ini semakin bagus berkat dukungan GPU generasi ke-9 dari Intel HD Graphics 500 dengan arsitektur grafis yang terdiri dari 12 EU & kecepatan 650 MHz. Untuk sekedar kebutuhan game ringan dan grafis dasar, tentu saja performanya sudah sangat mencukupi.

Fitur-fitur Acer Spin 1

Tak lupa beberapa fitur penting juga diberikan pada laptop hybrid ini. Mulai dari media penyimpanan, hard disk dengan kapasitas 500 GB menjadi andalannya. Kalian bisa menggunakannya untuk menyimpan berbagai macam file besar termasuk foto, video, game, dll. Terdapat juga fitur konektifitas yang legkap. Untuk membuat pengalaman internetan semakin asyik, diberikan fitur Wi-Fi. Lalu, ada juga fitur Bluetooth untuk transfer data tanpa kabel. Ada juga beberapa port yang tersedia yaitu 2 pprt USB 2.0 dan 1 port USB 3.0. Kalian juga bisa menghubungkan laptop ini dengan perangkat lain berkat port HDMI yang diberikan. Satu lagi fitur konektifitas yaitu card reader.

Bagaimana dengan baterainya? Laptop hybrid ini dijalankan dengan baterai 4 cell yang berkapasitas 3220 mAh. Jika digunakan untuk penggunaan standar sehari-hari, daya baterai tersebut bisa bertana sekitar 5 hingga 6 jam. Tentu saja daya baterai ini sudah cukup bagus untuk sebuah laptop hybrid di kelasnya.

Untuk sektor entertainmen hiburan, speaker stereo akan sangat bermanfaat dalam menambah pengalaman aktifitas multimedia. Mendengarkan lagu, nonton video / film, dan main game pun akan serasa lebih menyenangkan dan memuaskan.

Kelebihan dan Kekurangan Acer Spin 1

Tentu saja, sebuah produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, laptop hybrid ini menawarkan lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh perangkat hybrid dari Acer ini adalah desainnya yang memungkinkan pengguna memutar layar hingga 360 derajat. Hal ini membuat pengguna nyaman menggunakannya sesuai kebutuhan. Selain itu, konsel hybrid ini juga semakin membuat perangkat ini menarik dan enak dilihat.

Kelebihan kedua dari laptop hybrid buatan Acer ini ada pada baterainya yang cukup tahan lama. Seperti yang sudah disebutkan di atas, baterai laptop ini bisa bertahan kurang lebih selama 5 atau 6 jam untuk penggunan normal. Satu lagi kelebihan dari perangkat hybrid ini berhubungan dengan sistem operasinya. Pengguna tidak usah susah payah membeli lisensi dan menginstal Windows karena Acer sudah membekalinya dengan sistem operasi pre-installed dari Windows 10 original.

Lalu, apa saja kekurangan dari laptop hybrid Acer ini? Dilihat dari review di atas, kita bisa melihat hampir tidak ada kekurangannya. Sepertinya sektor RAM menjadi satu-satunya kekurangan yang kita temui. Pasalnya, RAM yang disediakan tidak memungkinkan untuk bisa diupgrade lagi. Tapi hal ini tidak menjadi masalah karena kapasitas RAM yang tersedia sudah cukup besar yaitu 4 GB. Artinya, tidak akan ada masalah pada performanya.

Harga Acer Spin 1

Jika umumnya laptop hybrid terkenal dengan harganya yang mahal, lain halnya dengan produk dari Acer yang satu ini. Di pasaran Indonesia, harga Acer Spin 1 berada di kisaran angka 5.3 jutaan rupiah. Jika mempertimbangkan spesifikasi yang dibawakannya, tentu saja laptop ini sudah siap bersaing dengan para rival, salah satunya adalah Asus Vivobook Flip 12.

Review Acer Spin 1: Laptop Hybrid 5 Jutaan | admin | 4.5