Review Acer Aspire 5: Laptop Serbaguna dengan Spesifikasi Premium

Apakah kalian sedang mencari laptop yang cocok untuk segala kebutuhan namun harganya tetap terjangkau? Tentu saja ini adalah keinginan semua orang. Melihat keinginan konsumen tersebut, Acer meluncurkan sebuah laptop yang bisa memenuhi kebutuhan mereka baik dari segi kualitas, portabilitas, performa hingga harga. Laptop tersebut hadir dalam diri Acer Aspire 5. Laptop baru garapan Acer ini digadang-gadang menjadi laptop serba guna. Bagi kalian yang tidak suka komputer desktop, laptop ini bisa menjadi alternative yang pas. Untuk melihat apa saja yang ditawarkannya, berikut review dari perangkat laptop baru ini.

Desain Acer Aspire 5

Aspire 5 adalah laptop baru buatan Acer yang hadir dengan layar 15.6 inci. Ukuran layar ini termasuk cukup lebar dan cocok digunakan di tempat umum, di ruangan kuliah, ataupun di rumah. Untuk tampilan, warna hitam mendominasi laptop ini dan sedikit aksen perak terlihat pada beberapa bagian. Selain terlihat premium, laptop ini juga terkesan kokoh meski bodinya sebagian terbuat dari bahan plastik. Terlihat semakin cantik karena ada garis alumuium yang melapisi pinggiran dan area touchpadnya.

Pada bodinya, terdapat beberapa slot yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masa kini. Slot tersebut meliputi port audio jack, RJ45 Ethernet, SD card, HDMI, USB 2.0, USB 3.0 dan USB type-C. Kalian juga bisa mengupgrade dengan mudah berkat RAM dan hard disk yang bisa diakses dari panel bawah cukup dengan melepaskan pelindung khusus yang disediakan.

Secara keseluruhan, desain laptop ini memang terlihat premium. Selain itu, kesan cantik dan kokoh juga bisa kita lihat dari laptop ini. Untuk beberapa tahun ke depan, laptop ini mungkin akan tetap terlihat bergaya.

Layar & Audio Acer Aspire 5

Dengan layar sebesar 15.6 inci, sebenarnya sangat disayangkan karena laptop ini masih mengandalka resolusi 1366 x 768 piksel HD. Meski sudah standar, namun seharusnya Acer bisa memberi resolusi yang lebih tajam yaitu Full HD 1080p. Dengan begitu, konsumen pun pasti akan lebih puas dan nyaman menggunakannya.

Walau bagaimanapun juga, gambar yang ditampilkan tetap tergolong jernih dan penuh warna. Jadi, kalian tetap bisa menikmati berbagai konten dengan baik dan nyaman. Apalagi ada tambahan lapisan matte di layarnya yang membuat laptop ini semakin nyaman saat ada banyak cahaya di sekitarnya. Di setiap sisi juga terdapat bazel yang mungkin bisa ditingkatkan lagi betang layarnya untuk generasi berikutnya.

Audio speaker yang berada di samping kanan & kiri bawah tidak bisa dibilang memuaskan. Rasanya sedikit hampa khususnya saat digunakan untuk mendengarkan musik di mana setiap instrument sedikit terdengar menumpuk. Dengan volume maksimal, keyboard menjadi bergetar dan ini cukup mengganggu. Namun, kalian bisa mengatasinya dengan audio eksternal atau bisa juga menggunakan headphone.

Performa Acer Aspire 5

Saatnya membahas performa dari laptop baru Acer ini. Dengan mempercayakan prosesor AMD A12 9720P yang memiliki arsitektur Bristol Ridge berkecepatan 2.7 GHz, laptop ini ideal untuk kebutuhan pengolah grafis yang ringan. Apalagi prosesor tersebut diintegrasikan dengan GPU Radeon R7 yang cukup bagus dalam urusan grafis. Untuk memaksimalkan performanya, diberikan juga RAM DDR4 sebesar 8 GB. RAM sebesar ini membuat kinerja laptop begitu mulus saat digunakan.

Para gamer tak perlu berkecil hati karena Acer juga memberika senjata GPU RadeonRX 450 dengan GDDR5 sebesar 2 GB yang diyakini bisa memenuhi kebitihan berat. Yang jelas, GPU ini lebih bagus performanya dibanding versi sebelumnya. Berbagai aplikasi dan game masa kini pun bisa dijalankan dengan mulus dan ringan.

Baterai Acer Aspire 5

Baterai memang menjadi komponen yang sangat penting pada laptop. Aspire 5 milik Acer ini dibekali dengan baterai yang standar. Artinya, baterai yang diberikan belum bisa melebihi ekspektasi konsumen. Laptop ini lebih cocok untuk aktifitas ringan sehari-hari seperti mengetik, browsing, dll. Untuk aktifitas normal, daya baterainya bisa bertahan kurang lebih3.5 jam. Setelah itu, aka nada peringatan agar mengisi daya baterai lagi.

Meski begitu, bisa dibilang daya tahan baterainya sudah bagus. Sebagai perbandingan, laptop lain di kelasnya rata-rata hanya memeliki daya tahan baterai sekitar 2.5 jam. Untuk mengisi daya, dibutuhkan waktu sekitar 2.5 jam agar baterai terisi penuh.

Keyboard & Touchpad

Laptop ini keyboard yang hadir dengan desain penuh. Terdapat cukup jarak di setiap tombolnya. Karena tidak terlalu lentur, keyboard tersebut tidak terlihat turun jika ditekan. Meski bukan yang terbaik, namun keyboard ini cukup memberikan kenyamanan khususnya untuk mengetik berjam-jam setiap harinya. Sayangnya, tombol power di pojok kanan atas terlalu berdekatan bersama tombol lain. Jika tak hati-hati dan tidak sengaja terpencet, maka laptop justru akan mati.

Untuk urusan touchpad, area pengendali kursor cukup luas sehingga nyaman digunakan tanpa perlu mouse. Permukaannya yang halus juga membuat jari semakin nyaman. Namun, touchpad ini mudah tersentuh saat mengetik yang mengakibatkan kursor berpindah. Namun jika sudah terbiasa, mungkin masalah ini tidak akan terjadi.

Harga Acer Aspire 5

Dari review di atas, bisa kita simpulkan kalau Acer Aspire 5 cukup seimbang di segala sisinya. Desainnya yang premium, performanya yang handal serta fiturnya yang lengkap memang membuat semua penggunanya merasa nyaman dan ketagihan. Laptop ini memang cocok untuk berbagai kebutuhan. Maka, 7.8 juta sangatlah ideal untuk menghargai laptop ini.

Review Acer Aspire 5: Laptop Serbaguna dengan Spesifikasi Premium | admin | 4.5