Inilah Tutorial Mudah Membuat Komik di Komputer

Cara membuat komik di komputer ini saya tunjukkan terutama bagi kalian yang memiliki bakat serta jago dalam menggambar. Manakala kalian semua memiliki kemampuan untuk menggambar karakter atau menggambar objek tertentu di dalam kertas biasanya, maka tidak ada ruginya manakala kalian mengembangkan bakat ini agar lebih hebat lagi.

Kalian bisa mengembangkan bakat ini dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. sudah tidak dapat dipungkiri manakala saat ini teknologi semakin mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Semua pekerjaan saat ini sudah didominasi oleh perangkat computer. Hal ini dikarenakan melalui computer kalian bisa lebih menunjang aktivitas sehari-hari. Nah terkait dengan hal ini, dalam tulisan singkat kali ini saya akan memberikan beberapa uraian terkait dengan cara membuat komik di era digital. Adapun uraian lengkapnya bisa dilihat dalam artikel berikut ini.

Beberapa Hal yang Diperlukan Ketika Membuat Desain Komik

Untuk menggambar komik melalui computer saya menggunakan tiga software grafis, ketiga software grafis ini saya padukan antara satu dengan lainnya guna melakukan proses editing secara bertahap. Adapun ketiga software grafis tersebut diantaranya :

  1. Adobe Photoshop CC
  2. Adobe Ilustratrator CC
  3. Scanner atau printer dengan fitur scan didalamnya
  4. CorelDraw X7

Alasan saya menggunakan scanner yaitu untuk menscan gambar yang sebelumnya sudah saya buat dikertas. Ketika discan maka gambar akan terlihat dilayar computer. Ketika semua perlengkapan tersebut sudah siap maka sekarang saatnya untuk memulai membuat komik melalui computer. Berikut tahap-tahap yang harus kalian lalui.

Tahap Menggambar Komik di Komputer

  1. Silahkan gambar sketsa komik di kertas

Langkah pertama sebelum memulai menggambar di computer silahkan kalian buat gambar yang diinginkan pada selembar kertas. Untuk kertasnya bebas, namun saya menyarankan untuk menggunakan kertas HVS dengan ukuran A4. Dalam membuat gambar, gambarlah dengan jelas serta jangan sampai ada garis putus-putus. Hal ini dilakukan agar kalian lebih mudah ketika nantinya melakukan proses seleksi objek guna memberikan warna di computer.

  1. Scan gambar ke dalam computer

Ketika kalian selesai menggambar maka silahkan kalian scan gambar tersebut menggunakan alat scanner. kamu juga bisa menggunakan printer yang sudah mendukung scanner atau jenis alat lainnya. Setelah discan silahkan simpan gambar tersebut ke dalam computer dengan menggunakan format file .JPG.

  1. Silahkan buka lembar kerja baru di CoralDRAW

Ketika gambar sudah berhasil discan maka langkah selanjutnya silahkan kalian membuka lembar kerja baru di CoralDRAW. Jalankan software CoralDRAW dengan cara mengklik menu File kemudian New (Ctrl+N) atau bisa juga dengan klik link New Document guna membuat lembar kerja baru. terkait dengan pengaturannya kalian bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.setelah ukuran berhasil kalian tentukan silahkan klik OK.

  1. Masukkan gambar ke CoralDRAW

Ketika berhasil membuka CoralDRAW dan membuat dokumen baru maka langkah selanjutnya silahkan menekan menu File > Import (Ctrl +I) guna mengimpor atau memasukkan gambar ke lembar kerja CoralDRWA. Ketika browser silahkan kamu cari lokasi dimana gambar kamu simpan.

  1. Lakukan Traching yaitu mengConvert Gambar Bitmap Menjadi Gambar Vektor

Traching ini dilakukan guna memberikan detail dibagian garis pada sebuah gambar, agar terlihat halus serta hilang latar atau background sari kertas tersebut. Sebelum melakukan pastikan jika object sudah terklik. Setelah itu silahkan klik tombol Trace Bitmap. Pilihlah Outline Trace >Clipart. Kemudian jendela PowerTRACE akan terbuka. Dibagian menu ini adalah menu kunci proses traching. Dalam hal ini kalian bisa melakukan beberapa pengaturan guna tingkat kehalusan tersesuaikan.

  1. Exportlah Hasil Tracing dalam Format Gambar .PNG

Silahkan klik menu File >Export>Pilih PNG kemudian Portable Network Graphics. Setelah itu silahkan klik tombol Export guna mengekspor gambar serta menyimpan ke dalam file dengan format .png.

  1. Editing melalui Photoshop

Langkah berikutnya silahkan edit menggunakan Photoshop. Bukalah photoshop dengan menekan menu File>Open >kemudian pilih gambar .PNG tadi.

  1. Melakukan pewarnaan menggunakan photoshop

Guna mewarnai gambar silahkan kalian seleksi terlebih dahulu menggunakan Magic Wand Tool. Adapun caranya dengan memilih Magic Wand Tool setelah itu silahkan klik bagian object yang ingin diberikan warna. Gunakanlah Bucket Tool, namun sebelumnya silahkan kalian pilih terlebih dahulu warna mana yang diinginkan. Color Picker (Foreground) atau bisa juga memilih warna melalui menu Swatchess yang berada didebar kanan.

  1. Tambahkan Background

Manakala dalam komik tersebut belum ada baground, kalian bisa menambahkannya dengan cara mendownload secara gratis. Untuk mendapatkan background secara gratis kamu bisa memanfaatkan adobe Ilustrator guna mendapatkan beragam gambar vector secara gratis melalui situs freepik.com. situs itu adalah situs cukup lengkap serta menyediakan beragam keperluan desain grafis lainnya.

Adobe Ilustrator memiliki kelebihan untuk langsung teintegrasi dengan Adobe Photoshop serta beberapa produk Adobe lainnya. Sehingga kalian semua akan lebih mudah dalam membuat komik.

  1. Tambahkan baground di Photoshop

Bukalah gambar background dari hasil tracing CorelDRAW dengan cara menekan menu File>Open>pilih gambar. Manakala sudah terbuka tekanlah Ctrl+A di keybard lanjutkan dengan Ctrl+C. manakala sudah silahkan kembali ke tab komik dalam proses desain sebelumnya tadi.

Bagaimana mudah bukan membuat komik di computer? Ini merupakan cara awal dan paling mudah dalam membuat komik di computer, kalian bisa juga memanfaatkan beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat komik lainnya. Sekian informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan cara membuat komik di computer, semoga uraian ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Inilah Tutorial Mudah Membuat Komik di Komputer | admin | 4.5