Harga Ic Power Laptop Dan Rekomendasi Produk Yang Tersedia

Mengenal komponen laptop tentu merupakan hal yang cukup penting guna mengetahui tata cara perawatan saat perangkat mengalami kerusakan. Ada cukup banyak komponen di mana sebenarnya penting namun seringkali tidak dihiraukan. Salah satu komponen penting tersebut adalah IC power. Banyak pengguna sering bertanya berapa harga IC Power laptop saat komponen ini rusak. Hal ini dikarenakan rusaknya Power IC maka berarti penggantian harus dilakukan oleh pengguna.

Sebenarnya, apa fungsi dari elemen tersebut? Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai detail komponen, maka mengetahui fungsi dari komponen ini juga penting. Power IC ada pada mainboard laptop dan berfungsi sebagai saklar. Selain itu, komponen ini juga merupakan pemutus arus di mana difungsikan sebagai sistem proteksi sehingga tidak akan ada konslet yang terjadi dan membahayakan pengguna.

Contoh Produk IC Power

Di pasaran, terdapat cukup banyak produk IC Power laptop di mana tersedia dengan beragam spesifikasi berbeda. Dengan adanya spesifikasi berbeda tersebut, tentu IC Power bisa digunakan untuk perangkat yang berbeda pula. Di sisi lain penting bagi pengguna untuk bersikap selektif saat memilih komponen ini. Ada beberapa contoh produk di mana tersedia di pasaran sesuai di bawah ini.

     IR 7932

Komponen ini bernama IR 7932, di mana merupakan salah satu komponen yang bisa dipasang pada laptop Axioo. Produk ini banyak tersedia di pasaran sebagai salah satu komponen di mana sering dicari oleh para pengguna. Memiliki berat hanya 50 gram serta cocok untuk screen size 12 hingga 13 inch, IR 7932 bisa menjadi switch andalan. Tidak hanya itu, IR 7932 bisa digunakan untuk laptop dengan kapasitas memory 2GB dan HDD 500GB. Harga komponen ini hanya sekitar 35,000 saja.

     IC OZ8691LN

OZ8691LN termasuk salah satu komponen custom yang bisa dipasang untuk beberapa jenis laptop berbeda. Jika anda merasa susah menemukan produk switch sesuai dengan jenis perangkat, maka OZ8691LN dapat menjadi alternative. Komponen ini mampu bekerja dengan baik untuk membagi arus sehingga perangkat bisa bekerja dengan optimal dan stabil. Tidak hanya itu, harga komponen juga hanya sekitar 61,000.

     BCM5906MKMLG Chipset BGA IC Chip

Produk IC Power laptop ini dikeluarkan oleh merek BPOADCOM, di mana bisa dipilih sebagai pilihan alternative terbaik. Dengan kualitas OEM, komponen bisa menjadi solusi atas masalah switch bermasalah pada perangkat. Tidak hanya itu, produk termasuk pilihan custom di mana bisa digunakan dengan cukup leluasa. Mengenai harga, anda hanya perlu menyiapkan dana sekitar 41,000 saja saat hendak membelinya.

     AR8151-A QFN 8 Pin IC Power Chip

Komponen bernomor model AR8151-A termasuk salah satu chip istimewa guna dipilih. Chip ini bertipe logika ICS, di mana bisa menstabilkan performa perangkat, terutama untuk masalah switch. Akan tetapi, dibutuhkan skill solder cukup memadai saat hendak memasangnya. Nah, komponen berkualitas OEM ini tersedia cukup banyak di pasaran dengan harga sekitar 61,000 saja.

     New TPS65251 QFN Power 40Pins

New TPS65251 QFN Power 40Pins tersedia guna menjadi salah satu komponen untuk dipilih. Element ini bisa dipasang untuk mengatasi masalah switch dan arus tidak stabil pada laptop. Bernomor model TPS65251, elemen memiliki 40 pins untuk digunakan. Tidak hanya itu, kualitas produk OEM menjadikan komponen ini bisa menjadi pilihan utama. Nah, harga dari elemen ini sekitar 62,000 saja.

     Power IC CX20582-10Z

CX20582-10Z ialah elemen yang bisa digunakan untuk laptop Lenovo, utamanya bagi perangkat dengan OS AMD. Elemen ini original dari Lenovo, sehingga kualitas produk tentu saja tidak perlu dipertanyakan. Tidak hanya itu, produk memiliki kemampuan sangat baik guna menjaga arus switch tetap stabil sehingga performa laptop senantiasa baik. Akan tetapi, barang ini cukup sulit didapatkan di pasar lokal Indonesia.

     RF7821TRPBF Power Mosfet

RF7821TRPBF adalah barang buatan dari ASCO, di mana tergolong salah satu brand terbaik dalam mencari komponen laptop. Power IC ini bisa digunakan untuk beberapa jenis laptop, utamanya laptop dengan ukuran layar 14 inch ke atas dengan memory 2 hingga 4 GB dan HDD 1TB. VGS maksimal dari elemen ini adalah sekitar 20V sehingga arus bisa ditahan tetap stabil pada saat perangkat dioperasikan.

Dari beberapa penjelasan di atas, terdapat cukup banyak pilihan IC Power laptop dengan spesifikasi serta harga berbeda. Namun, di samping memahami beberapa produk yang tersedia di pasaran, ada baiknya jika pengguna juga mengetahui tips guna merawat komponen ini. Hal ini dikarenakan fungsi Power IC yang sangat penting dalam laptop. Ada cukup banyak tips yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan.

Salah satu cara perawatan adalah dengan tidak membebani elemen tersebut. Maksud dari hal ini adalah pastikan perangkat laptop anda menggunakan daya listrik yang baik di mana berasal dari baterai maupun colokan listrik. Jangan biarkan IC terbebani terlalu berat, terutama karena pemakaian perangkat tambahan, seperti cooling fan dan lainnya.

Selain itu, pengguna juga tidak disarankan untuk menggunakan perangkat sambil mengisi baterai. Arus listrik yang masuk melalui baterai sementara laptop dioperasikan akan meningkatkan suhu internal. Suhu meningkat inilah biang dari kerusakan. Oleh karena itu, jika baterai lebih dari 50 persen, maka hindari penggunaan charger.

Nah, dengan perawatan tersebut, maka anda sebagai pengguna akan memiliki komponen Power IC yang lebih tahan lama. Namun, meskipun akhirnya anda harus melakukan penggantian, maka kini anda sudah tahu harga IC Power laptop, bukan?

Harga Ic Power Laptop Dan Rekomendasi Produk Yang Tersedia | admin | 4.5