time 1 month yang lalu di topik #Tutorial

Cara Membersihkan Kipas Laptop Yang Kotor

Kipas digunakan untuk mendinginkan processor laptop, sehingga tidak mudah overheat. Pada saat bekerja, processor menghasilkan hawa panas. Jika tidak diinginkan, akan membuatnya semakin panas dan merusak sistem lainnya. Panas itu harus dikeluarkan melalui saluran udara, yang letaknya disebelah kanan atau kiri. Semakin berat kerjanya, akan semakin tinggi pula panas dihasilkan. Kipas pun akan berputar lebih cepat. Tahukah betapa pentingnya fungsi kipas ini? Jika digunakan terus menerus, lama-lama kotoran pun menumpuk. Anda harus rutin membersihkannya, supaya bisa bekerja dengan baik. Cara membersihkan kipas laptop sangat mudah dilakukan tak perlu membawanya ke tempat service.

Penyebab Kipas Laptop Kotor

Ada banyak sekali penyebab yang membuatnya kotor. Ketika digunakan terus menerus, tentunya kinerja akan semakin menurun. Kinerja dalam mendinginkan processornya pun akan semakin menurun dan akhirnya rusak. Apalagi anda jarang membersihkan tumpukan debunya. Membuat kinerjanya cepat menurun dan rusak lebih cepat. Untuk menjaga keawetannya dengan baik, merawat kipas sangat penting. Tumpukan debu terlalu banyak, membuat putaran kipasnya semakin berat.

Kalau kipas rusak, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki atau membeli baru sangat banyak. Penyebab kipas laptop kotor, karena digunakan terus menerus. Lama-lama pasti akan ada debu yang menumpuk. Kalau tak pernah dibersihkan, debu-debu itu akan menumpuk terus menerus dan akhirnya membuat kinerja semakin berat. Untuk membersihkannya sangat mudah, anda tak perlu membawanya ke tempat service. Hanya dengan alat sederhana dan biaya murah. Lakukan sendiri di rumah dengan alat yang mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal anda.

Alat yang Digunakan Untuk Membersihkan Kipas Laptop

Ada beberapa alat yang harus anda siapkan terlebih dahulu, antara lain :

     Siapkan obeng. Pilih obeng yang bagian ujungnya terdapat magnet. Supaya lebih mudah untuk melepaskan scrupnya dan mudah dicari. Karena ukuran scrup cukup kecil.

     Siapkan kuas atau sikat gigi bekas. Yang bagian bulunya halus dan lentur, supaya lebih mudah masuk ke bagian sela-sela kecil.

     Ambil satu mangkuk kecil atau kotak apapun, untuk meletakkan sparepart dilepas. Supaya tidak hilang dan berantakan. Anda bisa memisahkan scrup bagian casing, baterai dan kipas. Supaya tidak tertukar.

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Kita mulai ke cara membersihkan kipas laptop yang harus anda lakukan. Ikuti langkah berikut ini dengan benar, supaya tidak merusak bagian komponen lainnya. Berikut ini caranya:

     Bukalah scrup dibagian baterai laptop. Buka semua scrupnya. Biasanya berukuran kecil-kecil dan agak tersembunyi. Oleh karena itu gunakan obeng yang ada magnetnya.

     Letakkan scrup ditempat yang aman. Pisahkan antara satu scrup dengan yang lainnya.

     Jika semuanya sudah terlepas. Anda bisa melepas cassingnya dengan perlahan.

     Ada beberapa jenis yang susah untuk dibuka. Jadi harus dibuka dengan hati-hati, supaya tidak rusak.

     Kalau semuanya sudah terbuka, anda akan melihat isi perangkat didalamnya. Ada penutup logam yang berada diatas kipas. Buka bagian penutup logam tersebut.

     Dengan menggunakan kuas atau sikat gigi, bersihkan semua bagian kipas. Termasuk dibagian sela-sela terkecil.

     Gunakan kipas yang berukuran kecil untuk membersihkan sela terkecil. Anda juga bisa memakai cotton bud atau tisu.

     Pastikan semua bagian dibersihkan secara menyeluruh. Jangan gunakan air untuk membersihkannya.

     Jika sudah bersih, pasang kembali penutup logam kemudian pasang tutup casing.

Hal Yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, ketika melakukan proses ini. Supaya tidak ada komponen rusak atau eror. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan dengan baik.

     Pastikan semua alat yang digunakan dalam keadaan kering dan bersih. Tidak terkena air atau zat apapun. Karena bisa membuat komponen laptop anda rusak

     Ketika membuka casing, perhatikan komponen lainnya. Ada beberapa jenis perangkat yang mudah lepas. Seperti port usbm dvd driver, motherboard dan lainnya. Pastikan tidak mengenai perangkat lain di sekitar kipasnya.

     Ketika melepas dan memasang scrub hati-hati. Pastikan semuanya terlepas dan terpasang dengan baik. Serta tidak tertukar. Karena ada banyak yang ukurannya kecil dan letak tersembunyi.

     Pastikan letak penutup casing berada di tempat benar serta dipasang dengan baik.

     Kalau casing sulit terpasang, jangan menekannya. Tapi coba cek kembali posisi dan letak scrup. Mungkin ada bagian kurang pas. Kalau ditekan atau dipaksakan, akan membuat komponen didalamnya rusak.

     Cek bagian dvd room. Untuk pemula. Biasanya ketika memasang casing kembali. Ada masalah dibagian dvd room. Dvd roomnya jadi tidak bisa digunakan. Kalau hal ini terjadi, lebih baik untuk biarkan terbuka ketika melepas casingnya.

Bagaimana mudah bukan? Prosesnya tidak rumit dan tak butuh alat sulit. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Paling penting adalah proses dalam membuka casingnya. Anda harus tahu cara membuka dan memasang casing dengan benar. Karena kalau salah, akan membuatnya longgar. Selain itu jangan sampai terkena komponen lainya. Bersihkan kipas sampai bersih dan tidak ada debu sama sekali. Gunakan singkat yang halus.

Anda juga bisa membersihkan bagian komponen lainnya dari debu. Tapi harus hati-hati. Gunakan kain halus untuk membersihkan bagian perangkat lain. Bersihkan secara rutin. Misalnya satu bulan sekali. Supaya debu tidak menumpuk dan dapat bekerja dengan baik. Kalau dirasa laptop anda cepat panas, mungkin bagian kipasnya sudah kotor. Jadi langsung saja gunakan cara membersihkan kipas laptop diatas.

Cara Membersihkan Kipas Laptop Yang Kotor | admin | 4.5