8 Cara Menghilangkan Malware Di Pc Dengan Mudah Tanpa Sisa

Memiliki perangkat PC yang bebas dari virus dan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala tentu menjadi keinginan dari setiap pengguna. Dengan PC yang lancar, maka seluruh pekerjaan anda bisa dilakukan dan diselesaikan dengan lancar pula. Namun, tidak jarang, akses pada PC terkadang terhambat dengan adanya Malware. Malware memang menjadi momok yang menakutkan pada PC dimana tidak hanya akses yang terkendala tetapi perangkat bisa saja menjadi rusak karenanya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara menghilangkan malware di PC.

Menjaga perangkat agar senantiasa bersih dari virus adalah suatu kewajiban. Dengan melakukan langkah ini, maka tentu saja anda bisa menjaga PC tetap aman dan bisa digunakan dengan lancar. Berbincang mengenai cara guna membersihkan ancaman virus, maka ada beberapa cara mudah dimana bisa dilakukan. Simak beberapa penjelasan di bawah ini dan lakukan langkah sesuai kebutuhan anda. Selamat membaca!

Langkah Membersihkan Malware Tanpa Sisa

Ada beberapa langkah dimana bisa dilakukan guna menjaga PC agar senantiasa bersih dari malware. Pada kesempatan ini, ada setidaknya 8 cara paling ampuh dan juga mudah guna dilakukan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Hapus Temporary Files

Langkah pertama dimana bisa dilakukan guna menghilangkan adanya gangguan virus adalah dengan menghapus temporary files. File ini termasuk cache dan juga cookies dimana terdapat pada browser. Perlu diketahui bahwa malware seringkali muncul pada bagian file ini dan terkadang pengguna tidak menyadarinya. Oleh karena itu, guna melakukan langkah pencegahan, maka sebaiknya anda membersihkan temporary files dengan saksama dan teratur.

Dalam hal ini, ada beberapa langkah guna membersihkan temporary files dengan gampang, yakni:

–      Buka RUN

–      Setelah itu, ketikan %temp%

–      Hapus semua isi dari temporary files tersebut

–      Selesai

Reset System Restore

Langkah kedua dimana bisa dilakukan guna menjaga perangkat agar tetap bersih dari malware adalah dengan cara melakukan reset pada system restore. Ini termasuk salah satu langkah cerdas dan mudah guna mengatasi masalah tersebut. Dengan melakukan resetting pada system restore, maka anda akan bisa mengembalikan pengaturan sistem kembali sama seperti awal.

Untuk melakukan resetting, maka anda hanya perlu untuk mematikannya system restore lalu melakukan reset perangkat. Namun, perlu diperhatikan bahwa terkadang malware juga bisa menjangkiti system tersebut, terlebih ketika pengguna tidak pernah melakukan setting atau membukanya.

Scanning Menggunakan Anti-Virus

Membersihkan malware juga bisa dilakukan dengan menggunakan anti-virus. Ini merupakan langkah tepat menghilangkan malware di PC dengan cukup mudah. Ada banyak pilihan anti-virus dimana bisa anda gunakan. Dalam hal ini, anda direkomendasikan untuk melakukan scanning secara menyeluruh ke semua HDD perangkat agar malware bersih dengan sempurna.

Selain itu, ada hal lain dimana juga harus diperhatikan. Guna mendapatkan hasil scanning maksimal, maka anti-virus tentu saja harus up to date. Tidak hanya itu, sebaiknya, dalam perangkat tidak terdapat banyak anti-virus. Cukup satu saja.

Scanning Melalui Save Mode

Pilihan lain dimana bisa digunakan untuk membersihkan ancaman malware adalah dengan melakukan scanning melalui save mode. Ini juga termasuk langkah andalan dimana bisa memberikan hasil yang maksimal bagi anda. Masuklah ke save mode dimana Windows akan berjalan dengan kondisi minimal dan hanya driver tertentu saja yang aktif. Dengan begini, maka anda bisa menghapus malware yang tidak aktif dengan sangat mudah.

Scanning Melalui Live CD

Ada beberapa virus tetap bisa aktif meskipun anda sudah berada dalam save mode. Jika kondisi ini terjadi, maka anda bisa menggunakan cara lain yakni scanning melalui Live CD. Cara ini akan memberikan akses pada anda guna melakukan scanning bahkan sebelum Windows melakukan booting. Virus akan dapat ditanggulangi dengan lebih maksimal karena Windows tidak terkontaminasi.

Hapus Program Aneh

Langkah lain dimana bisa dilakukan untuk menghindarkan perangkat dari gangguan virus adalah dengan menghapus program aneh yang muncul. Terkadang, malware melakukan duplikasi pada program dan memunculkan program-program aneh dimana anda tidak pernah menginstalnya sebelumnya. Oleh karena itu, jika anda menemukan adanya program aneh, maka segera uninstall tanpa membukanya terlebih dahulu.

Menggunakan Windows Defender

Pilihan lain dari cara menghilangkan malware di PC adalah dengan menggunakan Windows Defender. Ini termasuk salah satu tips tepat dan ampuh untuk mengatasi gangguan virus. Program ini adalah bawaan dari Windows. Untuk melakukan scanning, pengguna bisa melakukannya secara offline -ini yang lebih direkomendasikan, agar tidak mengganggu aktivitas anda dan mengancam software terinstal.

Install Ulang Komputer

Jika malware sudah menyebar sedemikian parah ke dalam sistem dari perangkat, maka langkah menghilangkan malware di PC guna dilakukan adalah install ulang. Ini adalah cara terakhir jika beberapa pilihan di atas tetap tidak bisa menghapus virus secara maksimal. Dengan melakukan install ulang atau mengganti setting dasar Windows, maka malware bisa dipastikan akan ikut hilang.

Dari beberapa penjelasan tersebut, maka kita bisa melihat bahwa ada beberapa tips guna menghilangkan malware. Sebagaimana kita tahu bahwa malware merupakan ancaman nyata bagi PC dimana akan sangat mengganggu performa dan bahkan merusak PC.

Oleh karena itu, selain mengetahui cara menghilangkan malware di PC, maka penting bagi anda untuk melakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan bisa dilakukan dengan senantiasa melakukan update anti-virus, melakukan scanning secara teratur dan juga berhati-hati saat melakukan browsing terlebih pada situs-situs yang aneh dan kurang terkenal. Semoga bermanfaat.

8 Cara Menghilangkan Malware Di Pc Dengan Mudah Tanpa Sisa | admin | 4.5