Tutorial Cara Mengunci Folder Di Laptop, Komputer/PC Secara Mudah

Setiap pengguna laptop pasti membutuhkan privasi, sehingga kerahasiaan ini tetap terjaga. Terlebih lagi kamu mempunyai laptop atau komputer yang sering dipinjam. Pastinya tidak ingin bukan file-file rahasia terbongkar? Apalagi file tersebut sangat penting dan menyangkut karier dan masa depan. Ternyata ada langkah mudah untuk menjaga kerahasiaan tersebut, dengan cara mengunci folder di laptop, komputer/PC. Bila foolder tersebut telah terkunci, siapapun pasti tidak akan mengetahui apa isi didalam foolder. Rahasia kita pasti akan terjaga dengan aman bukan? lantas bagaimanakah caranya? Simak ulasan ini lebih lanjut!

Tutorial Mengamankan Data

Perlu diketahui bahwa cara mengamankan data rahasia di PC ini dapat diterapkan pada beberapa versi Windows seperti Windows XP, 7, 8 ataupun 10. Mengunci file juga dapat dilakukan dengan dua cara menggunakan software dan tanpa software. Berikut ini tutorial mengunci folder di PC tanpa software.

  1. Cara mengunci tanpa software

Cara yang pertama akan kita ulas adalah mengunci tanpa menggunakan software.

  1. Pertama-tama buat terlebih dahulu foolder yang ingin diamankan atau dikunci. Nama file terserah pengguna, tidak harus menggunakan nama tertentu.
  2. Masuklah pada foolder yang baru ingin dikunci, kemudian buat file text dengan cara klik kanan pilih new dan klik text document.
  3. Masukkan script kedalam teks (notepad) yang telah dibuat tadi.
  4. Disana akan ada tulisan PASSWORD DISINI, ganti menggunakan password sesuai keinginan.
  5. Nantinya klik save as file tersebut digantikan menjadi locker.bat dilanjutkan mengganti format save as type menjadi all files.
  6. Setelah locker.bat dibuat, hapus new text document.
  7. Lakukan double klik locker.bat maka akan segera muncul secara otomatis folder bernama private. Lalu simpan folder / file / dokumen lain yang ingin dikunci.
  8. Setelah selesai memindahkan file-file penting kedalam folder private, jalankan locker dan akan muncul kotak dialog. Tekan tombol yes lanjutkan dengan enter.
  9. Nantinya file-file yang tadi dipilih akan otomatis hilang karena telah terkunci. Nah untuk membukanya, cukup klik file locker kotak dialog akan segera muncul. Nantinya kita akan dibawa untuk memasukkan password yang tadi telah dibuat sebelumnya.
  10. Tara, document private telah selesai. Untuk menyembunyikan atau menguncinya kembali cukup double klik pada file loker dan klik Y.

Itulah cara manual yang dapat dilakukan. Bagaimana bila kita lupa password? Bila mengunci dengan cara manual seperti ini, cara mengatasi lupa password folder terkunci tak kalah mudah. lakukan klik kanan pada file locker, kita akan dibawa masuk ke tutorial nomor 4. Segera ganti password dan lakukan ulang cara selanjutnya seperti diatas.

  1. Cara mengunci folder dengan software

Cara mengunci folder di laptop, komputer/PC selanjutnya memerlukan pihak kedua atau software, lebih tepatnya software folder lock. Dari namanya sudah jelas bahwa software tersebut memang dipergunakan untuk mengunci dokumen. Dia juga mempermudah pengguna komputer atau laptop untuk menyembunyikan folder atau file pribadi. Pasalnya kita tahu langkah mengunci tanpa software cukup rumit. Oleh sebab itu, sebelum menguncinya terlebih dahulu kita diharuskan mendownload terlebih dahulu software tersebut. bila sudah barulah kita mulai tutorialnya sebagai berikut.

  1. Setelah diinstall, buka aplikasi. Nanti kita akan diminta memasukkan password baru yang dipergunakan untuk membuka aplikasi itu.
  2. Pilih dokumen yang ingin disembunyikan.
  3. Lanjutkan dengan memilih yang lebih spesifik. Kita bisa melihat file tadi telah dalam keadaan protection on. Artinya file telah hilang.
  4. Bila ingin memunculkan kembali, cukup buka aplikasinya dan klik protection off.

Selain menggunakan software folder lock, ada lagi software yang cukup direkomendasikan dengan fungsi sama. software ini bernama folder guard. Meskipun fungsinya sama, langkah yang dilakukan tetap berbeda.

  1. Setelah selesai download dan install, kita juga akan diminta membuat password.
  2. Cari dan pilih ‘lock a folder with a password’ berguna untuk menambahkan document yang ingin dikunci.
  3. Pilih browser for folder agar kita dapat menemukan dokumen yang ingin dikunci.
  4. Masukkan password untuk mengunci dokument dimaksud. Silahkan masukkan password sama seperti password yang tadi dibuat diawal. Sebenarnya kita bisa saja membuat password berbeda, tapi agar lebih mudah mengingat alangkah baiknya bila hanya menggunakan satu password sama. kemudian pilih next.
  5. Akhiri langkah tadi dengan memilih finish.
  6. Bila ingin mengaktifkan password file yang telah diatur tadi, klik tombol protect.
  7. Lakukan pengecekan dengan masuk ke folder terkunci tadi, klik untuk membuka lalu masukkan password dan pilih OK. File/folder telah terkunci sempurna.
  8. Jika ingin menguncinya kembali, lihat bagian atas pada nama folder. Disana terdapat tombol lock. Klik tombol tersebut maka dokumen akan terkunci kembali.

Bila ingin membuka yang telah terkunci, masuk kembali kedalam software folder guard kemudian buka kunci. Dari kedua file tadi masih banyak software dengan fungsi sama. tentunya cara dan langkahnya berbeda berkelebihan serta kekurangan masing-masing.

Sangat mudah bukan caranya? Nah bila diperbandingkan cara mengunci folder di laptop, komputer/PC dengan atau tanpa software keduanya berbeda. dapat dilihat bila mengunci file menggunakan software lebih mudah dibandingkan cara manual. Untuk membuka file yang telah terkunci-pun sangat mudah. Dan kesemuanya bergantung pada selera masing-masing. Bila kita lupa password, membukanya juga sangat mudah. dengan begitu dokumen didalam laptop atau komputer akan lebih aman lagi. saatnya kamu mengotak-atik sekarang.

Tutorial Cara Mengunci Folder Di Laptop, Komputer/PC Secara Mudah | admin | 4.5