time 1 month yang lalu di topik #Tips,Tutorial

Trik Menghilangkan Tanda Silang Pada Baterai Laptop Dan Menjaganya Agar Tahan Lama

Apakah kamu pernah atau sedang mengalami kondisi dimana icon baterai tiba-tiba muncul tanda silang merah bertuliskan ‘consider replacing your battery’? jangan mengabaikan hal tersebut atau terburu-buru membawanya ke ahli teknisi. Sebenarnya semua pengguna komputer atau laptop bersistem operasi Windows 7 cepat atau lambat akan mengalami hal tersebut. oleh sebab itu sangat penting mengetahui cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop. Agar kamu tahu bagaimana cara mengatasinya, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Penyebab munculnya tanda silang di icon baterai

Mengapa masalah ini dapat terjadi pasti jadi tanda tanya besar. Padahal sejatinya tanda tersebut memiliki fungsi untuk mengingatkan para pengguna bahwa battery sudah tidak normal lagi atau mengalami drop/bocor. Berdasarkan penjelasan dari engineer Windows 7 pada saat rilis resmi di website Microsoft. Menjelaskan bahwa ini merupakan sebuah notifikasi yang awalnya dibuat untuk jadi salah satu fitur unggulan dari Windows 7.

Dan tidak akan ditemukan pada Windows XP atau Vista. Tujuan notifikasi tersebut guna memberi tahu pengguna kondisi battery laptop sudah aud dan waktunya diganti. Ditujukan sebagai fitur unggulan tapi dalam kenyataannya banyak pengguna yang merasa terganggu akan notifikasi itu. Apalagi batasan threshold 40% dinilai terlalu besar, pasalnya kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal battery masih sanggup bertahan sekitar 1 jam.

Nah sebelum mengetahui cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop, terlebih dahulu kita harus memastikan apakah baterai masih normal atau harus diganti. Caranya charge battery sampai penuh kemudian lepaskan dan gunakan laptop. Bila baterai hanya mampu bertahan kurang dari 30 – 40 menit maka battery perlu diganti. Bila tidak ikuti trik menghilangkan tanda silang di icon baterai laptop.

Trik hilangkan tanda silang di icon baterai

Bila baterai masih normal atau tidak drop tapi icon silang ini masih ada bahkan tak kunjung hilang. Cobalah beberapa trik menghilangkannya.

  1. Update Windows

Salah satu hal termudah yang dapat dilakukan ialah melakukan update Windows 7. Dengan mengupdate nantinya sistem operasi akan memperbaiki bug dan dapat terhindar dari kesalahan deteksi. Sayangnya bagi pengguna Windows 7 non original atau palsu, melakukan update secara online dapat menghilangkan lisensinya (blacklist).

  1. Kalibrasi

Trik kalibrasi cukup mudah dilakukan, bahkan terhitung cukup jitu menghilangkan tanda silang pada icon battery. Trik kalibrasi ini juga tidak membutuhkan software atau pihak ketiga. Berikut step by step yang dapat dilakukan

–      Charge battery sampai full (99% – 100%). Kemudian matikan laptop dengan cara benar (shutdown), sampai pada tahap ini jangan dicabut terlebih dahulu charger-nya.

–      Hidupkan kembali notebook lalu tekan F8 berulang kali hingga muncul menu Advanced Boot Options dan pilih safe Mode.

–      Nantinya kita akan dibawa masuk kedalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger battery.

–      Biarkan laptop menyala sampai mati sendiri karena baterai benar-benar habis. Akan tetapi sangat disarankan tidak mengoperasikan laptop selama proses ini berlangsung. Biarkan mati sendiri.

–      Setelah mati pasang kembali charger laptop, kemudian nyalakan kembali. Meskipun sederhana, trik ini cukup ampuh dan tanda silang akan segera hilang.

  1. Install service pack 1 (SP1)

Service pack merupakan suatu update yang berguna untuk memperbaiki, menambahkan serta memperbarui semua fitur-fitur dan aplikasi yang ada pada Windows. Service Pack keluaran Windows memang sangat menguntungkan, pasalnya tanpa instalasi ulang, dapat diupdate menjadi Windows 7 service pack 1. Biasanya Windows 7 32bit ialah Windows 7 keluaran terbaru dan belum include Service pack 1. Pada Windows 7 SP1 telah ada menu guna mematikan warning icon battery. Caranya sangat mudah, cukup klik saja icon baterai lalu ceklis atau centang ‘Warn me if my battery may need replacement’. Lalu matikan fitur dan silang di icon akan menghilang.

Tips merawat baterai

Masalah baterai drop atau bocor memang cukup mengganggu. Mengingat baterai merupakan komponen penting pada laptop. Bila tanda silang telah hilang, agar baterai lebih awet kita harus mulai merawat battery. Berikut beberapa tips merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama.

     Jangan sampai membiarkan daya battery tersisa hanya 0%. Sebab hal sepele ini dapat merusak komponen-komponen hardware lainnya didalam laptop. Jadi segera lakukan pengisian bila indikator menunjukkan 10%.

     Hindari membiarkan charger tetap mencolok ketika indikator baterai telaah terisi penuh (100%). Kebiasaan ini dapat merusak serta memperpendek usia baterai.

     Akan lebih baik jika laptop dicharger dalam kondisi mati atau tidak dipergunakan. Kemudian lepas baterai bila telah penuh. Jika tidak ingin dibawa bepergian atau dekat dengan colokan, lebih baik menghidupkan laptop langsung dengan colokan. Bila tidak memungkinkan baru pasang kembali baterainya. Meskipun sepele tapi dapat memperpanjang usia laptop.

     Setting kecerahan layar, semakin cerah akan membutuhkan daya lebih besar dan daya beterai cepat habis.

     Setting juga dilakukan ketika mendengarkan musik atau menonton film. speaker pada laptop dapat menyerap daya baterai cukup besar. lebih baik pergunakan headset untuk mengatasi hal tersebut.

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop sangat mudah, cukup dengan tiga cara. Apabila ketiganya tetap tidak mengubah keadaan, ada kemungkinan battery memang telah bocor. Dan sudah saatnya mengganti battery baru. jangan lupa berganti battery baru ataupun tidak, merawat battery sangat penting dilakukan agar bisa awet serta tahan lama.

Trik Menghilangkan Tanda Silang Pada Baterai Laptop Dan Menjaganya Agar Tahan Lama | admin | 4.5