Tips Mandiri Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak

Setelah user melalui pemakaian laptop lebih dari satu tahun, biasanya letak permasalahan yang sering dialami yaitu pada charger atau baterai. Penggunaan charger umumnya lebih awet daripada baterai selama adapter charger tidak pernah terjatuh, charger tidak pernah mengalami konslet atau kabel charger tidak pernah tertarik atau terlipat. Baterai merupakan salah satu komponen terpenting dan sangat rawan untuk laptop sebagai perangkat portabel. Pemakaian user yang kurang benar dalam penggunaan laptop tanpa memperhatikan daya baterai sangat mempengaruhi life time dari battery. Karena sering dijumpai permasalahan mengenai kerusakan battery, untuk itulah penting dilakukan pembahasan mengenai cara memperbaiki baterai laptop yang rusak.

Ada beberapa permasalahan yang biasanya dialami oleh user yaitu baterai cepat habis atau drop ketika digunakan, tidak mengisi ketika dilakukan charging, minta dilakukan penggantian atau consider replacing serta tidak terdeteksi sama sekali. Penurunan performa battery juga tidak secara tiba-tiba, tapi diakibatkan oleh pemakaian yang kurang benar sebagai berikut.

     Pemakaian laptop dengan charging

Jika user menggunakan laptop sembari melakukan charging terus menerus tanpa melepas charger ketika battery penuh, pastinya menimbulkan resiko kerusakan.

     Menggunakan laptop sampai baterai kosong

Pemakaian perangkat portabel hingga daya habis tapi user tidak melakukan charging malah dibiarkan hingga perangkat mati dan terjadi berulang kali, dapat menimbulkan kerusakan pada battery.

     Alas laptop yang kurang tepat

Sebaiknya jangan menggunakan alas yang empuk sebagai tatakan perangkat portabel Anda seperti bantal atau kasur karena bisa menyebabkan hawa panas yang dikeluarkan perangkat tidak dapat mengalir dengan baik dan menyebabkan kerusakan battery.

     Pemakaian laptop yang ekstra

Pemakaian perangkat untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu lama menyalakan laptop atau untuk bermain game yang berat dapat mempengaruhi life time battery.

3 Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak dengan Mudah

Pentingnya penggunaan laptop guna menunjang pekerjaan dan kegiatan user, membuat perlunya dilakukan perbaikan pada laptop battery yang rusak agar tidak menghambat aktivitas. Pada artikel ini akan diulas 3 cara mudah untuk memperbaiki baterai laptop yang rusak yang dapat dilakukan sendiri oleh user.

  1. Lakukan Kalibrasi Pada Baterai Laptop

Proses kalibrasi membutuhkan waktu beberapa jam karena dengan metode ini laptop battery dibiarkan terisi penuh, lalu dibiarkan habis kemudian diisi penuh lagi. Untuk melakukan metode kalibrasi user tidak perlu menggunakan alat, hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

    Jangan melakukan penggunaan pada laptop.

    Kosongkan daya hingga 0%.

    Lakukan charging perangkat hingga daya penuh 100%. Apabila baru dilakukan charging sebentar tapi penuh, lanjutkan pengisian hingga sekitar waktu 2 jam agar pasti bahwa battery benar-benar penuh.

    Atur opsi daya battery pada perangkat dengan cara klik menu Start – Control Panel – System and Security – Power Options – pilih Balanced.

    Klik Changed Plan settings – pada Turn off the display untuk on battery pilih Never – pada Put the computer to sleep untuk on battery pilih Never.

    Lakukan konfigurasi pilihan Hibernate dengan klik Change advanced power settings – Battery – Low battery level – pada On battery (%) isikan 5 – OK – Save changes.

    Biarkan perangkat tetap menyala sampai daya habis terpakai dan perangkat mati sendiri. Lalu charging perangkat kemudian nyalakan. Lakukan charging hingga penuh 100%.

    Proses kalibrasi telah selesai, user dapat mengatur ke Power Plan semula.

    Setelah melakukan kalibrasi, lakukan instalasi software Smarter Battery untuk memantau utilitas battery melalui pemberian info mengenai data baterai laptop. Smarter Battery dapat membantu memperpanjang life time dan menghemat pemakaian.

  1. Lakukan Re-Instal ACPI

Re instal atau instal ulang pada driver Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery biasanya dilakukan ketika terdeteksi plugged in, not charging pada perangkat portabel. Langkah-langkah untuk instalasi ulang pada driver tersebut adalah sebagai berikut.

    Lepas adaptor charger perangkat

    Matikan perangkat dengan cara shutdown

    Lepas battery dari perangkat

    Pasang adaptor lalu nyalakan perangkat tanpa memasang baterai

    Klik menu Start – Control Panel – System and Security – System – Device Manager

    Klik Battery lalu double click Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery

    Pada tab Driver klik Uninstall – OK

    Lakukan shutdown lagi pada perangkat

    Lepas charger yang tertancap

    Pasang kembali baterai

    Pasang kembali charger

    Nyalakan kembali perangkat

  1. Lakukan Cara Unik Mendinginkan Baterai

Jika tidak keberatan, user bisa mencoba salah satu cara unik untuk mengatasi baterai laptop rusak yang sering dilakukan oleh user lain. Cara unik tersebut adalah dengan memasukkan baterai ke dalam lemari es melalui langkah-langkah sebagai berikut.

    Kosongkan baterai pada perangkat dengan membiarkannya menyala.

    Lepas baterai dari perangkat.

    Kemudian masukkan ke dalam kantong plastik.

    Ikat rapat kantong tersebut agar udara tidak bisa masuk.

    Masukkan dan simpan dalam freezer lemari es selama seharian untuk mengembalikan ion-ion baterai.

    Lalu keluarkan kantong plastik dari dalam lemari es, buka kemudian diamkan sekitar 1-2 jam.

    Pastikan baterai tetap dalam keadaan kering lalu pasang kembali pada perangkat. Lakukan charging dengan posisi perangkat mati hingga 6-8 jam.

    Nyalakan perangkat.

Sebelum memutuskan untuk membawa ke jasa servis atau membeli baterai baru, user dapat mencoba 3 cara sederhana memperbaiki baterai laptop yang rusak sesuai penjelasan. Metode kalibrasi adalah cara utama yang kami sarankan untuk user lakukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu permasalahan user mengenai penggunaan daya pada laptop.

Tips Mandiri Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak | admin | 4.5