Tips Lengkap Dan Cara Install Android Di PC / Laptop

Sudah tahukah anda bahwa android yang biasanya digunakan di ponsel ternyata juga bisa digunakan di PC maupun laptop? Android memang menjadi Operating System (OS) paling diminati. Jika awalnya hanya dapat dinikmati melalui ponsel, kini android bisa diinstall di komputer. Dengan begitu, aktivitas bermain game android atau aplikasi lainnya bisa dijalankan di laptop. Cara install android di PC / Laptop cukup mudah. Untuk menginstall OS Android di komputer ada berbagai macam cara. Bisa menggunakan Unetbootin, Virtual Box, OS Remix, Nox App Player, dan lain-lain. Namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tiga cara yaitu cara install android di PC menggunakan Nox App Player, OS Remix, dan Virtual Box.

Cara Install Android di PC / Laptop dengan Nox App Player

Kelebihan Nox App Player dibanding emulator lain adalah aplikasinya lebih ringan serta tidak lelet, tidak sering error, dan tampilannya menarik. Selain itu emulator jenis ini kompatibel dengan semua komputer AMD dan juga kompatibel untuk dijalankan pada Windows 10. Berikut ini cara penginstallan android pada PC / Laptop dengan Nox App Player.

  1. Download aplikasi Nox App Player.
  2. Kemudian install file tersebut. Tunggulah hingga prosesnya selesai 100%.
  3. Selanjutnya akan muncul tutorial menggunakan aplikasi tersebut seperti pengaturan keyboard menjadi navigasi game atau pengaturan joystik untuk main game, dan sebagainya. Anda hanya perlu mengeklik “Next” sampai bertemu tombol “Finish”.
  4. Android sudah terinstall pada Windows dan siap untuk dioperasikan.

Cara Install Android di PC / Laptop dengan OS Remix

Cara Install Android di PC / Laptop yang kedua adalah menggunakan OS Remix. Aplikasi ini merupakan sebuah installer untuk dual boot android dengan Windows. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Download aplikasi Remix OS. Pilihlah sesuai dengan bit perangkat anda. Apakah 32 bit atau 64 bit. Klik Mirror Download.
  2. Pada halaman selanjutnya, pilihlah server. Klik “Source Forge Download at” link.
  3. Download dengan mengeklik link berwarna hijau di sebelah kanan.
  4. Tunggulah hingga proses download selesai. Karena file berupa file zip, ekstrak terlebih dahulu file tersebut.
  5. Jalankan “Remix_OS_forPC_Installation_Tool”.
  6. Klik Browse kemudian masukkan file ISO yang terdapat di folder (remix os). Pilihlah Type : Hardisk. Selanjutnya pilih drive, sebaiknya pisahkan dengan instalasi windows dan data lainnya.
  7. Langkah selanjutnya, atur data image size. Misalnya 16GB.
  8. Restart PC / Laptop jika proses instalasi selesai.
  9. Masuk booting, pilih remix os. Setelah itu akan muncul “Select your Language”, pilihlah English. Klik Agree > Skip > Skip > Done. Kemudian akan ada tulisan “activate google play?”, centang lingkaran kecil di sampingnya lalu klik Next.
  10. PC telah dual boot dengan Remix OS Android for PC.

Cara Install Android di PC / Laptop dengan Virtual Box

Untuk metode ketiga menggunakan Virtual Box. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu file iso Android. Anda bisa memilih versi Kitkat, Lollipop, maupun Marshmallow.
  2. Langkah kedua, download Virtual Box. Kemudian Install dan buka filenya. Klik New.
  3. Selanjutnya, aturlah “Name: Android”; “Type: Linux”; “Version: Other Linux (32 bit)”. Klik Next.
  4. Atur ukuran memori menjadi 1024 MB, kemudian klik Next.
  5. Pada bagian Hard drive, ada tiga pilihan. Pilih “Create a virtual hard drive now”. Klik Create.
  6. Pada bagian Hard drive file type, pilih “VDI (VirtualBox Disk Image) > Next.
  7. Pada bagian Storage on physical hard drive, pilih “Dynamically allocated” > Next.
  8. Pada bagian File Location anda size, anda bisa mengurangi maupun menambah ukuran hardisk yang digunakan. Jika kapasitas hardisk kecil, cukup pilih 4 GB. Kemudian klik tombol Create.
  9. Langkah selanjutnya, klik Start. Letaknya di sebelah Setting.
  10. Pilih ISO Android yang telah didownload. Klik Icon Folder di samping kanan, kemudian Klik Start.
  11. Pilih Instalation. Pilih Create / Modify Partitions. Pilih New untuk membuat partisi baru, kemudian pilih Primary, lalu Enter dua kali. Pilih Write, Ketik Yes, tekan Enter. Setelah itu pilih Quit.
  12. Pilih Ok lalu tekan Enter. Selanjutnya pilih ext3, Enter. Pilih Yes untuk memformat sd1, tekan Enter. Pilih Yes untuk menginstal Grub. Pilih Yes. Tunggulah hingga proses instalnya selesai.
  13. Pilih reboot untuk merestartnya.
  14. Atur Booting pada Devices, klik Android-x86-4.4-r1.iso untuk menghilangkan centang.
  15. Kemudian shutdown Virtualbox dengan cra klik Close pada bagian Machine.
  16. Pilih Power Off. Klik Start. Pilih Android-x86-4.4-r1 untuk masuk ke android.
  17. Matikan dulu integrasi mouse agar kursor masuk ke Android. di bagian Machine pilih Disable Mouse Integration. Saat mengklik layar di virtualbox ada windows muncul, klik Capture. (Untuk mengeluarkan kursor dari virtualbox tekan Ctrl sebelah kanan di keyboard). Lalu klik tanda panah.
  18. Tahap selanjutnya adalah memilih interface yang terhubung yaitu Wifi. Namun jika tidak terhubung, ganti interface. Caranya, Machine > Settings > Network, ganti NAT dengan Bridged Adapter (catatan: setelah selesai tahap ini anda harus ganti ke NAT, jika tidak nanti tidak bisa terhubung ke internet). Kemudian Skip > Skip anyway.
  19. Klik tanda panah ke kanan, atur waktu, klik tanda panah kanan, maka akan muncul Welcome. Klik OK lalu akan masuk ke menu aplikasi.

Demikianlah tiga cara Install Android di PC / Laptop dengan menggunakan Nox App Player, OS Remix, dan Virtual Box. Semoga bermanfaat

Tips Lengkap Dan Cara Install Android Di PC / Laptop | admin | 4.5