Pernahkah Lampu Indikator Baterai Laptop Berkedip Saat di Charge?

Ketika menggunakan laptop, pernahkah Anda mengalami lampu indikator baterai laptop berkedip saat di charge? Hal tersebut merupakan sebuah permasalahan yang terjadi pada perangkat Anda dan bisa terjadi pada segala macam merk. Untuk menghindari kerusakan pada perangkat, user perlu mendeteksi penyebab permasalahan tersebut, akibat dari permasalahan serta hal yang harus dilakukan jika menemui permasalahan itu. Sebagai user tidak hanya bisa mengoperasikan perangkat saja namun kita juga harus mampu mengatasi permasalahan yang terjadi pada perangkat.

Jika berfungsi dengan normal, lampu dari indikator baterai pada laptop akan menyala konstan tidak berkedip-kedip. Warna merah yang menyala secara kontan mengindikasikan battery sedang dalam proses charging atau pengisian daya. Untuk warna merah yang menyala secara berkedip menandakan battery dalam kondisi darurat karena sudah hampir kehabisan daya. Lampu hijau menyala dengan konstan biasanya menandakan battery sudah dalam posisi full charging. Sedangkan warna putih atau kuning konstan menyala menunjukkan posisi baterai tidak dalam posisi charging dan tidak sedang kehabisan daya sehingga bisa digunakan dengan normal. Apabila lampu indikator ketika charging berkedip dengan nyala warna bergantian merah dan putih atau merah dan kuning berarti ada permasalahan pada komponen perangkat.

Penyebab Lampu Indikator Baterai Laptop Berkedip Saat di Charge

Jika user mendapati lampu dari indikator baterai berkedip saat charging, segera cari akar permasalahan yang terjadi. Penyebab lampu indikator baterai laptop Anda berkedip saat charging dikarenakan ada komponen software atau hardware bermasalah dan harus segera ditangani. Untuk memastikan penyebab permasalahan tersebut segera lakukan deteksi agar bisa dilakukan penanganan yang sesuai. Ada 3 jenis permasalahan yang bisa kita deteksi sendiri jika permasalahan tersebut terjadi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Driver dari baterai laptop yang tidak compatible

Driver sebagai perangkat lunak mempunyai peran penting dan dapat mempengaruhi kondisi hardware laptop. Driver battery tidak compatible atau tidak support dapat menjadi penyebab dari berkedipnya lampu dari indikator laptop battery saat sedang di charge.

  1. Charger laptop yang tidak sesuai

Sering kali user menggunakan charger yang bukan bawaan perangkat asli dikarenakan lupa membawanya ketika sedang menggunakan perangkat di luar rumah. Apabila daya dari charger yang digunakan tidak sesuai dengan spefisikasi perangkat, dapat mengganggu pengisian dan menyebabkan lampu indikator menyala secara tidak normal.

  1. Over heat yang terjadi pada baterai laptop

Biasanya ketika baterai laptop habis, user sering meninggalkan perangkat dalam posisi charging dalam waktu yang lama. Hal ini membuat aliran listrik menumpuk lalu menghasilkan panas. Akibatnya terjadi over heat pada battery sehingga berpengaruh pada lampu indikator. Penggunaan charger yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan over heat pada battery.

Deteksi Lampu Indikator Baterai Laptop Berkedip Saat di Charge

Setelah mengetahui alternatif penyebab yang bisa terjadi akibat lampu indikator baterai laptop berkedip saat di charge, selanjutnya user dapat melakukan deteksi secara mandiri pada perangkat dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Instal Ulang Driver Battery

Untuk melakukan deteksi apakah driver battery pada perangkat compatible atau tidak, ikuti langkah berikut.

 Masuk ke menu Start – Klik Control Panel – Pilih System and Security – Klik System – Klik Device Manager

 Pilih Batteries kemudian lakukan expand menu

 Pilih Microsoft ACPI – Compliant Control Method Battery lalu klik kanan dan Pilih Properties

 Setelah itu akan muncul pop up jendela Microsoft ACPI – Compliant Control Method Battery pilih Driver

 Berdasarkan pop up tersebut, user dapat mengetahui versi driver dari laptop battery. User dapat melakukan update atau mengganti ke versi sebelumnya. Jika user melakukan Update Driver dan mendapatkan catatan bahwa Update Driver telah berada pada versi terbaru, maka coba lakukan Roll Back Driver. Jika button Roll Back Driver dalam kondisi disable, berarti driver battery bukan penyebab berkedipnya lampu dari indikator baterry.

  1. Lakukan Penggantian Charger Laptop

    Pastikan charger bawaan perangkat Anda terhubung ke laptop dengan baik dan benar.

    Jika masih bermasalah, pinjam charger teman Anda yang memiliki laptop dengan merk dan spesifikasi yang sama, kemudian lakukan charging.

    Jika proses charging berjalan normal dan lampu indikator tidak berkedip lagi, lakukan penggantian charger. Namun lampu dari indikator battery masih tetap berkedip, coba lakukan pengecekan pada baterai perangkat Anda.

  1. Cek Baterai Laptop

Lakukan pegecekan apakah baterai laptop mengalami over heat akibat charging yang dilakukan terus menerus. Apabila laptop battery mengalami over heat yang diindikasikan dengan bagian battery panas, maka lakukan hal sebagai berikut.

    Tutup semua program yang terbuka

    Matikan perangkat melalui shutdown

    Lepas charger dari perangkat

    Tutup layar perangkat lalu lepas baterai perangkat

    Diamkan selama beberapa menit hingga efek panas hilang dan suhu baterai sama dengan ruangan

    Pasang kembali ke perangkat lalu nyalakan perangkat

    Lakukan charging kemudian cek apakah lampu indikator masih berkedip

    Jika masih berkedip maka perlu dilakukan cek kondisi ion baterai di jasa servis.

Apabila ketiga tips yang telah diulas belum bisa memberikan solusi atas permasalahan lampu indikator baterai laptop berkedip saat di charge, maka segera bawa perangkat Anda ke jasa servis. Hal ini bertujuan untuk dilakukan deteksi lebih detail terhadap permasalahan perangkat Anda. Lakukan pemakaian dengan baik dan sesuai prosedur pada perangkat Anda untuk memperpanjang life time. Rawat baterai dan charger karena kedua benda tersebut merupakan komponen terpenting dari laptop.

Pernahkah Lampu Indikator Baterai Laptop Berkedip Saat di Charge? | admin | 4.5