Komputer / Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Ini 4 Cara Mengatasinya

Windows adalah sistem operasi komputer paling populer, baik itu untuk PC maupun laptop. Ketika komputer dihidupkan, maka akan anda akan masuk ke Windows. Namun, pernahkah kalian mengalami komputer / laptop tidak bisa masuk Windows? Hal ini tak jarang terjadi. Apakah faktor penyebab terjadinya masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya? Inilah hal-hal yang akan kita kupas tuntas dalam artikel kali ini.

Faktor Penyebab PC / Laptop Gagal Masuk Windows

Salah satu permasalahan untuk pengguna komputer Windows ialah ketika gagal masuk Windows saat menghidupkannya. Ketika terjadi error seperti itu, ada beberapa kemungkinan faktor penyebabnya? Salah satunya yaitu karena adanya masalah pada sistem operasi itu sendiri. Namun, bisa juga PC / laptop tidak bisa masuk Windows karena terjadi masalah pada perangkat keras ataupun perangkat lunak seperti software & aplikasi tertentu. Saat ini terjadi, biasanya ia berhenti pada login & bahkan bisa juga layar menjadi blank. Kegagalan booting ini membuatmu tak dapat menggunakannya untuk keperluan apapun. Tapi, bukan berarti komputermu sudah rusak parah & perlu ganti baru. Itulah kenapa dalam artikel berikut akan kita diskusikan beberapa cara untuk mengatasi permasalahannya.

Beberapa Tips Mengatasi Masalah Gagal Booting Windows

Apapun penyebabnya, kegagalan booting saat menghidupkan PC memang menyebalkan. Tapi, kalian tak perlu panic karena ini bukan akhir dari komputermu. Ada setidaknya 4 cara yang bisa kalian coba untuk menyelamatkan kondisi tersebut di atas. Apa saja caranya? Berikut beberapa tips untuk kalian coba agar komputermu bisa kembali normal & dapat digunakan untuk keperluanmu sehari-hari:

  1. Instal Ulang Windows

Ini merupakan cara paling ampuh dan bisa dikatakan pasti berhasil. Akan tetapi, cara ini juga biasanya paling tidak disukai karena anda harus repot & bersusah payah menginstal ulang Windowsmu. Bagi kalian yang sudah familiar dengan dunia komputer, instal ulang sistem operasi bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa bantuan orang lain. Di sini, kalian harus memiliki driver sistem operasi itu sendiri. Sebaiknya, update juga Windowsmu jika memang perlu diupdate. Namun perlu diketahui, instal ulang menyebabkan terhapusnya semua file dan data. Untuk itu, sebaiknya anda selalu memiliki backup data, baik di laptop lain maupun di tempat penyimpanan lain seperti CD, flashdisk, harddisk, dll.

Setelah diinstal ulang, komputermu akan kembali normal seperti semula & tidak memiliki masalah apapun lagi. Bahkan, permasalahan lain juga akan teratasi, kecuali kerusakan-kerusakan pada perangkat keras. Meskipun kedengarannya sangat ampuh, bukan berarti ini menjadi pilihan pertama dan utama mengingat banyaknya resiko. Bahkan, cara ini ternyata juga tidak 100% berhasil, karena bisa jadi komputer / laptop tidak bisa masuk Windows tetap terjadi. Cara pertama ini akan berhasil apabila permasalahannya ada pada kerusakan sistem file. Tapi, jika permasalahan utamanya ternyata pada kerusakan harddisk, maka tips ini tidak akan bisa membantu. Jadi, sebaiknya cek dulu penyebabnya, agar bisa mengatasi dengan tepat. Jika tidak yakin, sebaiknya dibawa ke tukang service atau ahlinya.

  1. Manfaatkan System Restore

Apabila Windowsmu pernah dibuat backup melalui fitur System Restore, maka kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengatasi masalah PC / laptop gagal masuk Windows. Fitur ini berfungsi untuk mengembalikan Windowsmu ke keadaan terakhir pada saat masih dalam kondisi baik & tidak ada masalah. Namun, cara ini juga tak selamanya berhasil karena hanya cocok untuk masalah serupa di mana penyebabnya ialah pada file system maupun malfungsi software lain. Lain halnya jika permasalahan terjadi karena adanya kerusakan hardware, maka cara ini juga tak akan bisa membantu. Kemudian, perlu diketahui juga bahwa System Restore akan memakan ruang penyimpanan cukup banyak. Itulah kenapa System Restore sering kali dimatikan oleh pengguna & tidak dapat dipergunakan.

Tips ini sangat disarankan khususnya bagi kalian yang memiliki PC ataupun laptop dengan hardisk berkapasitas besar. Mengingat manfaat fitur tersebut, maka cara ini bisa menjadi antisipasi paling bagus dan mudah dalam menghadapi permasalahan-permasalahan sistem operasi khususnya dikarenakan oleh sistem file korup maupun terkena virus. Sebaliknya jika hardiskmu tidak cukup besar kapasitasnya, maka mematikan fitur ini lebih baik meskipun harus merelakan instal ulang jika terjadi masalah serupa. Intinya, bersikap bijaklah terhadap komputermu sesuai spek & kondisinya.

  1. Safe Mode Saat Booting Windows

Seperti sudah kita jelaskan di atas, penyebab gagalnya proses booting Windows bisa jadi karena masalah aplikasi tertentu. Untuk itu, cara mengatasinya ialah menghapus file ataupun aplikasi yang menjadi penyebab masalah tersebut. Umumnya, mereka terkena malware ataupun virus. Jika sudah bebas virus, maka Windowsmu pasti akan bisa normal kembali. Caranya cukup mudah, cukup tekan F8 saat proses booting dan muncul boot tambahan. Silahkan cari menu untuk booting safe mode. Di saat itulah kalian bisa uninstall driver, scan malware / virus, serta menghapus aplikasi ataupun file penyebab masalah ini.

  1. Ganti Hardware yang Rusak

Penyebab lain komputer / laptop tidak bisa masuk Windows adalah kerusakan hardware seperti modul RAM, harddisk, VGA, monitor, prosesor, IC, dll. Jika memang penyebab gagalnya booting adalah karena kerusakan perangkat keras, maka tak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru. Untuk itu, telitilah semua perangkat keras sebelum memutuskan untuk mengganti baru.

Komputer / Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Ini 4 Cara Mengatasinya | admin | 4.5