Kenapa Laptop Lemot Dan Apa Penyebabnya? Tuntaskan Dengan 5 Langkah Mudah Ini

Laptop merupakan kecanggihan teknologi yang kini sangat membantu dan mempercepat kinerja seseorang. Tapi apa jadinya bila komputer kita lemot dalam bekerja? Jelas hal ini sangat menjengkelkan bukan? apalagi bila tugas atau pekerjaan kita harus diselesaikan segera. Kenapa laptop lemot dan apa penyebabnya tentu jadi tanda tanya besar bagi anda. jangan terburu-buru dibawa ke tukang servis, mungkin beberapa cara yang akan kita ulas ini dapat jadi solusi untuk mengatasi komputer lemot. Jadi, simak ulasan lengkap berikut ini.

Sebab Dan Solusi Laptop Lemot

Tak berbeda jauh dengan manusia, setiap penyebab penyakit harus diselesaikan sesuai penyebabnya. Gambaran mudahnya bila kita sakit gigi harus minum obat sakit gigi. Oleh sebab itu kita harus mengetahui penyebab laptop lemot. Baru dapat mengatasinya dengan solusi yang tepat. penyebabnya sendiri cukup banyak, jelas dengan solusi berbeda-beda. seperti berikut ini:

  1. RAM berkapasitas kecil

Random Acces Memory atau lebih dikenal dengan RAM merupakan sebuah memori yang dipergunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan sebuah program. Semakin banyak program berjalan, akan kebutuhan RAM juga semakin besar. Oleh sebab itu kapasitas RAM memiliki peranan penting dalam multitasking atau menjalankan program secara bersama dalam satu waktu. Cara mengatasinya sangat mudah, cukup dengan menambah kapasitas RAM. Sehingga kemampuan multitasking jadi lebih cepat. harga RAM sendiri bergantung pada merk dan tempat membeli RAM. Biasanya RAM berkapasitas 4GB dibandrol dengan harga sekitar 400 ribuan.

  1. Multitasking

Kenapa laptop lemot dan apa penyebabnya ternyata bukan hanya terpengaruhi RAM. Selain RAM spesifikasi notebook juga mempengaruhi kinerja multitasking. Bila spesifikasi notebook anda tidak terlalu tinggi, sebaiknya tidak memaksakan diri menjalankan program bersama-sama secara bersamaan. Bila terus memaksakan PC seperti ini, dapat terjadi hang pada laptop. Lebih baik buka program satu per satu. Meskipun PC anda berspesifikasi tinggi dengan RAM besar, bila aplikasi yang dijalankan terlalu besar dan melebihi kapasitas tetap terjadi hang.

  1. Virus atau malware

Virus atau malware mamang diciptakan untuk merusak. Bahkan ada virus yang mampu menggandalkan diri dan semakin banyak yang dirusak. Oleh sebab itu setiap PC harus memiliki antivirus untuk menghilangkan keberadaan virus tersebut. pasalnya virus dapat merusak data-data penting bahkan merusak file-file sistem dan jadi penyebab lemotnya notebook. Pilih antivirus terbaik untuk menghilangkan virus. Semakin banyak antivirus tidak menjamin PC bebas virus. Justru semakin banyak antivirus akan memperberat kinerjanya. Jadi pilihlah antivirus terbaik untuk membersihkan virus. Jangan lupa selalu upgrade antivirus yang dimiliki, agar antivirus mampu mendeteksi keberadaan virus baru. sehingga pembersihan virus dapat dilakukan secara menyeluruh. Bila PC terlanjur terinfeksi banyak virus atau malware, sebaiknya segera install ulang Windows.

  1. Terlalu banyak program

PC yang memiliki program terlalu banyak jadi penyebab lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena masalah ini dapat diselesaikan dengan beberapa cara.

–      Uninstall program

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah meng-uninstall program. Jadi pastikan anda menginstall program yang memang benar-benar penting dan dibutuhkan. Seleksi dengan seksama program mana yang tidak dipergunakan lagi dan hanya memperberat kinerja laptop. Cara uninstall program cukup mudah, pertama masuk ke control panel dan pilih uninstall program. Nanti akan muncul list program yang terdapat pada PC. Pilih program tidak penting lalu klik kanan pada program tersebut, dan pilih uninstall.

–      Upgrade kapasitas HDD

Kapasitas HDD sangat mempengaruhi kinerja PC. Semakin besar kapasitas HDD semakin ringan jalannya PC. Besarnya kapasitas HDD juga tidak masalah bila menginstall banyak program. Bila HDD semula 320GB dana diupgrade menjadi 500GB. kalau perlu dan anda memiliki budget berlebih, HDD dapat digantikan dengan SSD yang lebih ringan dan besar dibandingkan HDD. Sayangnya harga SSD cukup mahal. jadi lebih disarankan budget tersebut diarahkan untuk membeli RAM agar multitasking lebih cepat.

–      HDD External

Apabila anda enggan melakukan upgrade HDD internal karena takut garansi hilang, masih ada cara lain mengatasinya. Caranya dengan menggunakan HDD external. Lebih portable dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi kita dapat menyimpan file-file besar didalam HDD external tersebut seperti film, game, dll.

  1. Hardware bermasalah

Sebagian orang banyak yang kurang mengetahui bahwa hardware bermasalah juga dapat menyebabkan lemot. Misalnya saja terjadinya masalah pada fan atau kipas didalam komputer. Fan juga mempunyai peranan penting dalam kinerja komputer. Mengapa ini bisa terjadi? Fungsi keberadaan fan adalah untuk mendinginkan komputer. Sebab kinerjanya akan optimal dalam suhu tertentu. Bila komputer terlalu panas atau overheat akan mengakibatkan jadi lemot. Bahkan hal terburuknya adalah komputer dapat meledak bila terlalu panas dan dalam jangka waktu lama. solusi terbaik mengatasi masalah ini sebenarnya sangat mudah. coba bongkar dan cukup membersihkan fan dari debu atau kotoran yang menempel. Bersihkan menggunakan sikat lembut untuk menjaga agar fan tidak rusak. Kemudian pasang dan coba lagi. agar komputer tetap dalam kondisi dingin, dapat menggunakan fan tambahan.

Bagaimana, sangat mudah bukan mengatasi lemot pada laptop? Terjawab sudah Kenapa laptop lemot dan apa penyebabnya. Ternyata penyebab lemot bukan hanya dari software atau program saja, komponen hardware didalam laptop juga dapat jadi penyebab lemot. Intinya suatu PC dapat bekerja dengan optimal, bila semua komponennya bekerja dengan baik dan benar. terjadi masalah pada satu komponen saja dapat jadi pemicu lemot. Semoga point-point tadi dapat bermanfaat mengatasi lemot pada laptop anda, terima kasih.

Kenapa Laptop Lemot Dan Apa Penyebabnya? Tuntaskan Dengan 5 Langkah Mudah Ini | admin | 4.5