Inilah Jenis-Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya

Virus tidak hanya menyerang tubuh manusia. Tapi ada juga virus yang menyerang perangkat komputer, laptop atau pun smartphone anda. Yang akan menyebar dan berkembang, kemudian menginfeksi sistem dan membuatnya eror. Parasit ini menyebar melalui berbagai perantara. Bisa dari iklan, link tertentu, menyerang flashdisk dan akhirnya menyebar ke komputer anda. Ketika terkena, akan membuat kinerja semakin menurun. Misalnya jadi ngehang, lemot bahkan mati total. Supaya lebih waspada, anda harus ketahui jenis-jenis virus komputer paling berbahaya berikut ini.

Trojan

Mungkin anda sudah tidak asing dengan nama parasit yang satu ini. Trojan mampu mengontrol dan mencuri data yang terdapat di komputer anda. Sering menginfeksi lewat email atau website internet yang diakses atau diterima oleh anda. Misalnya ada email aneh yang masuk, kemudian anda klik link yang diberikan. Bisa berarti itu adalah virus trojan yang akan menginfeksi. Oleh karena itu setiap ada email yang masuk, jangan pernah sembarangan cek link yang diberikan. Untuk mengatasinya bisa menggunakan trojan remover

Worm

Tingkat bahaya dari parasit komputer ini sangat tinggi. Bisa berkembang dengan cepat di komputer dan akan langsung menginfeksi sistemnya. Jika sudah menginfeksi, akan membuat hardisk anda full dengan file sampah. Padahal anda hanya menyimpan file sedikit. Jika dibiarkan terus menerus, tentunya akan membahayakan hardisk anda. Untuk menghilangkannya, bisa menggunakan berbagai jenis antivirus. Seperti AVG, avira, avast dan masih banyak lainnya.

Memory Resident Virus

Namanya memang agak panjang. Sering menginfeksi bagian memory penyimpanan pc. Akan membuat kinerja pc, menjadi kurang maksimal, lemot dan cepat ngehang. Untuk membuka satu jendela pun, sering loading atau non responding. Untuk menghilangkannya sangat mudah, karena tak butuh perlakuan khusus. Anda hanya perlu instal antivirus, seperti avira, avast, avg, smadav dan lainnya.

Multipartite Virus

Seperti namanya, virus ini memiliki banyak file. Jadi akan menginfeksi sistem komputer anda dalam bentuk file dengan jumlah banyak. Letaknya pun bisa tersembunyi dan sulit dideteksi. Terkadang di dalam harddisk dan ram. Yang menakutkan, predator ini dapat menginfeksi dengan cepat. Sekali terkena, akan langsung terkena ke semua perangkat. Kinerja pc menjadi lemot dan akhirnya bisa eror. Untuk menghilangkannya, anda dapat memanfaatkan defrag hardisk, dengan memakai disk defragmenter. Ini akan mengatur semua data dengan baik dan akhirnya pc bekerja lebih optimal.

FAT Virus

Jenis-jenis virus komputer selanjutnya adalah fat virus. Ini termasuk ke dalam type file allocation table. Cara kerjanya dengan merusak file direktori. Data anda akan disembunyikan. Sekilas hampir mirip dengan virus shortcut. Jadi anda akan bingung mencari file tersebut. Bedanya dengan shortcut. Untuk jenis ini, tidak dimunculkan dalam bentuk file shortcut. Jadi data menghilang begitu saja tanpa jejak. Untuk mengatasinya tentu harus memakai antivirus. Bisa gunakan antivirus smadav, yang paling ampuh untuk menemukan data yang tersembunyi.

Directory Virus

Jenis ini akan langsung menginfeksi file yang memakai ekstensi exe. Jika pernah menjalankan sebuah program yang berbentuk data exe. Lalu tiba-tiba data tersebut menghilang begitu saja, bisa jadi terkena jenis directory virus. File akan eror atau hilang begitu saja. Jika terinfeksi, harus segera mengatasinya sedini mungkin, kalau tidak akan merusak semua data exe di komputer anda. Untuk mengatasinya cukup rumit, karena dengan antivirus pun tidak akan mampu untuk menghilangkannya. Anda harus instal ulang sistem operasi windowsnya. Supaya semuanya bersih.

Macro Virus

Jenis ini tidak begitu berbahaya, hanya mampu menginfeksi data yang bentuknya kecil. Seperti pps, .xls, .docm dan lainnya. Sering muncul dari email yang anda terima. Jika sudah terlanjur menginfeksi, bisa dihilangkan dengan antivirus.Untuk mencegahnya, anda harus hati-hati membuka email. Jangan sembarangan, membuka email yang terlihat mencurigakan. Apalagi harus klik link yang aneh dan memasukan data diri.

Boot Sector Virus

Boot sector mampu menyebarkan virus sampai ke bagian kecil perangkat komputer anda. Dia bisa menginfeksi bagian disk boot sector. Sehingga bisa membahayakan dan akan membuat pc anda rusak. Ketika sistem operasi bekerja, akan langsung menginfeksi ke semua perangkat lainnya dan menyebar dengan cepat. Semua file akan terkena dan akhirnya eror. Untuk mengatasinya bisa memakai settingan driver ke write protect.

Overwrite Virus

Banyak orang yang mudah tertipu dengan jenis ini. Sistemnya akan menghapus data di pc, tapi tidak mengurangi kapasitas dari memory penyimpanan. Jadi seolah-olah dokumen yang tersimpan, masih ada di folder. Tapi ternyata sudah hilang. Ini akan membuat tidak merasa curiga dan berpikir kalau komputer dalam keadaan baik-baik saja. Untuk menghilangkannya cukup rumit. Selain memakai antivirus, anda juga harus menghapus secara manual dari file terinfeksi tersebut.

Direct Action Virus

Dapat menginfeksi bagian file bat autotec, berada di dalam hard disk. Akan langsung bekerja ketika sistem operasi melakukan booting dan langsung menyebar dengan cepat. Selain itu dapat menyebar ke perangkat eksternal, seperti flashdisk atau hdd eksternal. Untuk menghilangkannya bisa menggunakan antivirus apa saja.

Virus Shortcut

Virus ini simple tapi cukup merepotkan. Akan menyembunyikan dokumen di komputer dan mengeluarkannya dalam bentuk file shortcut. Jadi semua data berbentuk shortcut yang tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan antivirus dan menghapus di cdm.

Setiap jenis-jenis virus komputer memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Supaya tetap aman, jangan lupa untuk selalu update antivirus anda.

Inilah Jenis-Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya | admin | 4.5