Cara Untuk Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengisi

Laptop merupakan alat sangat penting untuk masyarakat masa kini. Banyak dari masyarakat yang tidak dapat terpisahkan dengan barang ini. Desain laptop sangatlah bagus dan portable sehingga dapat di bawa kemana saja. Laptop baru biasanya akan sangat nyaman digunakan dan masih jarang mengalami masalah namun bagi yang sudah memakai laptop cukup lama biasaya laptop akan mudah mengalami masalah. Ada banyak sekali hal dapat terjadi apabila laptop sudah lama dipakai salah satunya adalah baterai yang mulai tidak stabil dan bahkan tidak mau untuk mengisi saat dicharger. Baterai laptop tidak mau mengisi akan sangat mengkhawatirkan karena jika baterai sudah habis maka tidak bisa digunakan untuk mengerjakan banyak hal.

Masalah baterai laptop tidak mau mengisi dapat disebabkan karena baterai yang sudah rusak atau charger rusak. Anda harus mengetahui terlebih dahulu mana yang menjadi penyebab masalah tersebut terjadi. Cara untuk mengetahui dimana letak masalahnya maka anda bisa mencoba untuk mengganti charger atau bisa juga dengan mengikuti langkah berikut. Jika ternyata saat dilakukan ganti charger ternyata masih tetap sama berarti yang bermasalah bukan pada charger. Berikut ini adalah cara yang akan membantu anda mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Melakukan restart

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah merestart komputer atau laptop bermasalah. Jika awalnya laptop tidak mengalami masalah apapun dan kemudian terjadi masalah seperti ini bisa jadi masalahnya terjadi pada OS. Anda tentu sudah mengetahui cara merestart laptop yang dimiliki. matikan terlebih dahulu laptop dengan shut down biasa, setelah mati anda dapat mencabut charger adaptor dan juga beterai. Diamkan sebentar kurang lebih 15 detik baru bisa kembali memasang baterai. Setelah baterai terpasang, nyalakan laptop dengan cara menekan tombol power selama 30 detik dan jika sudah menyala bisa coba untuk menancapkan charger. Lihat apakah laptop sudah dapat mengisi baterai dengan normal atau belum. Jika sudah, anda dapat kembali menggunakan laptop seperti sedia kala.

Memeriksa baterai

Cara kedua berikut ini dapat dilakukan apabila cara pertama ternyata tidak berhasil. Jika baterai mengalami masalah, anda bisa melakukan langkah berikut ini sebelum akhirnya harus mengganti. Pertama, coba untuk melepas baterainya. Lihat apakah ada debu yang menumpuk dan dapat membuat kinerja baterai menurun. Jika ada bisa segera dibersihkan dengan menggunakan tisu atau sikat lembut. Saat membersihkan baterai, usahakan jangan sampai ada kerusakan. Jika sudah selesai dibersihkan coba pasang lagi dan coba untuk discharge. Laptop usang biasanya perlu untuk mengganti baterai dengan baterai baru.

Memeriksa kabel charger

Masalah baterai laptop tidak mau mengisi bisa juga disebabkan karena ada masalah dengan kabel charger rusak. Anda harus memastikan jika charger yang digunakan masih dalam kondisi baik. Jika anda menggunakan laptop baru dan charger ternyata mengalami kerusakan maka anda masih bisa untuk mendapatkan perbaikan gratis selama masa garansi masih ada. Kabel yang tidak dirawat dengan baik bisa rusak akibat terkena benda tajam, digigit tikus, terplintir atau disebabkan oleh hal lainnya. Jika kerusakan masih dalam tingkat biasa dan masih dapat diperbaiki, coba untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Kabel yang sudah diperbaiki, selanjutnya dapat dicoba lagi. Setelah dipakai ternyata tidak menunjukkan hasil sesuai harapan, anda dapat mengganti dengan charger yang baru.

Melakukan reinstall driver

Cara mengatasi baterai laptop tidak mau mengisi lainnya apabila semua cara diatas tidak ada hasil bagus adalah dengan menginstal kembali drier. Cara untuk melakukannya bisa dimulai dengan membuka device manager yang ada di komputer anda. Jika sulit untuk menemukan menu atau opsi tersebut, anda dapat membuka melalui fungsi search. Setelah ketemu bisa langsung klik opsi tersebut. Langkah selanjutnya harus dilakukan adalah membuka pengaturan baterai. Klik opsi batteries dan kemudian coba cari entri dari baterai anda. Entri yang sebaiknya di temukan biasanya bertuliskan “Microsoft ACPI-Compliant Control Method battery. Jika sudah ketemu maka tinggal klik uninstall.

Langkah ini sudah hampir selesai. Pengguna dapat melihat bagaimana perubahan setelah dilakukan uninstall. Biasanya setelah di uninstall akan muncul tulisan ‘Scan for hardware changes”. Jika tulisan itu tidak muncul, cobalah untuk mencari tab action kemudian dibuka dan temukan Scan for hardware changes. Setelah ketemu, pengguna dapat klik opsi tersebut. Langkah lanjutan yang perlu dilakukan yakni menginstall ulang lagi driver. Dengan melakukan proses ini. Nantinya baterai akan dapat tedeteksi secara otomatis dan driver dapat kembali bekerja normal.

Masalah baterai laptop tidak mau mengisi dapat terselesaikan dengan baik asal diketahui apa penyebabnya. Langkah pertama agar bisa memperbaiki masalah ini dengan tepat adalah mencari tahu dan menganalisis bagian mana terdapat kerusakan. Apakah kerusakan ada pada baterai, charger atau bagian hardware. Jika sudah menemukan penyebab masalahnya, perbaikan akan dapat diselesaikan dengan lebih mudah. Ada beberapa cara dapat dilakukan. Pengguna bisa mulai mengikuti cara yang pertama dan jika tidak berhasil bisa mencoba cara lainnya. Lakukan secara baik agar hasilnya sesuai harapan. Saat akan akan mulai untuk melakukan perbaikan, pengguna harus memahami langkah yang telah disebutkan. Jika kurang paham bisa tanyakan kepada orang berpengalaman. Hasil dari perbaikan bisa saja berbeda beda. Apabila ternyata setelah melakukan langkah tersebut ternyata tidak ada hasil yang baik, bawalah laptop ke jasa service agar dapat diperiksa dan diperbaiki secara tepat. Semoga informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Cara Untuk Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengisi | admin | 4.5