time 4 months yang lalu di topik #Tips,Tutorial

Cara Overclock Laptop / PC untuk Performa Maksimal

Setiap laptop didesain dengan kapasitas standarnya masing-masing. Tapi, kadang kalian merasa performa laptopmu masih kurang, khususnya bagi anda para pecinta game. Misalnya, GPU dari laptopmu terasa jauh dari harapan untuk bermain game. Jangan khawatir, ada solusinya. Itulah yang dinamakan overclocking. Saat ini, komputer-komputer gaming sudah didesain agar bisa overclocking. Namun, kalian harus tahu bagaimana cara overclock laptop / PC. Jika tertarik, silahkan perhatikan pembahasan di bawah ini.

Pengertian Overclocking

Overclocking merupakan sebuah tindakan peningkatan clock rate pada komponen perangkat keras komputer. Umumnya, hardware yang bisa dioverclock ialah GPU dan juga CPU. Tapi, ada juga komponen lain di mana kalian bisa melakukan overclock terhadapnya. Untuk masalah resiko, hal tersebut tergantung hardware itu sendiri. Ada hardware yang memang dirancang agar bisa dioverclock, tapi banyak juga dari mereka tidak dirancang dapat dioverclock sehingga sangat beresiko tinggi. Intinya, overclocking bertujuan untuk membuat kinerja komputer semakin tinggi. Perlu diketahui, overclocking juga beresiko merusak perangkat keras tersebut sehingga harus sangat berhati-hati sebelum mengambil keputusan.

Syarat-Syarat Overclocking

Sebelum masuk ke pembahasan cara overclock komputer, ada baiknya mengetahui beberapa syarat penting. Pertama, pastikan komputermu memiliki kartu grafis. Misalnya adalah Intel HD Graphics, GMA< Nvidia, AMD, dll. Kemudian, kalian bisa menggunakan software Rive Tuner, Thottlesop, GPU-Z, MSI after Burner, dll. Sebenarnya, ada banyak lagi software yang bisa kalian gunakan untuk tujuan overclocking PC maupun laptop. Namun, software-software di atas lah paling sering digunakan.

Alat-alat untuk Overclocking

Untuk melakukan overclock, diperlukan beberapa alat. Setidaknya, ada 4 alat utama untuk dipenuhi. Pertama adalah Utilities. Alat ini bertujuan untuk mengukur temperature & frekuensi kecepatan pada prosesor maupun kartu grafis. Selain itu, diperlukan juga driver kartu grafis. Fungsinya ialah untuk melakukan overclock. Pastikan bahwa driver tersebut merupakan paling update atau terbaru. Kemudian, kalian juga harus punya overclocking software. Ada beberapa pilihan seperti telah kita sebutkan di atas. Terakhir adalah benchmark seperti 3D Mark dan Furmark.

Cara Overclock Grafis / Prosesor Komputer

Dalam artikel ini, kami akan mencontohkan menggunakan software Precision eVGA karena paling mudah digunakan. Meskipun sederhana, software tersebut sangat memuaskan. Melalui software ini, anda bisa mengatur clock memory, clock shader serta clock GPU secara terpisah untuk menghubungkan clock shader & inti. Umumnya, kecepatan kipas suatu komputer dikendalikan BIOS (firmware). Lalu, bagaimana cara overclock laptop / PC menggunakan software Precision eVGA? Di bawah ini akan kita bahas secara lebih detail.

  1. Jalankan Software Precision eVGA

Cara overclocking laptop, syarat pertama adalah memiliki software Precision eVGA. Kalian juga bisa menggunakan software lain yang serupa. Untuk mendapatkannya, anda bisa mendownloadnya. Setelah itu, instal lalu jalankan program tersebut.

  1. Mulai Menaikkan Kecepatan Clock

Setelah program Precision eVGA berjalan, sekarang anda bisa mulai mengatur secara bebas. Misalnya, kalian bisa coba mulai dari meningkatkan kecepatan clock. Sebaiknya, naikkan mulai dari sedikit saja dulu sambil uji stabilitas sistemnya. Jika terlalu signifikan, bisa-bisa hal tersebut mengakibatkan sistem hang & komputer pun menjadi panas. Jika sistem tetap stabil, kalian boleh menaikkannya lagi sedikit demi sedikit. Intinya, kalian boleh menaikkan kecepatan clock. Dengan bertambahnya kecepatan clock, maka kemampuan atau performa komputermu juga akan meningkat. Misalnya, jika sebelumnya tidak kuat untuk bermain game berat, maka setelah dioverclock jadi bisa.

  1. Uji Sistem Grafis

Kemudian, kalian juga perlu menguji sistem grafis. Di sini, anda memerlukan beberapa program seperti Furmark & Futuremark’s 3D di mana mereka mudah sekali digunakan. 3DMark tersedia dalam shareware version. Ia bisa mensimulasikan cara kerja game sebenarnya. Jika berhasil menjalankan tes Futuremark dalam beberapa jam & tidak ada masalah serta overclock tetap stabil, maka komputermu berhasil dioverclock.

Catatan Penting dalam Overclocking

Resiko terbesar dalam proses overclocking ialah komponen menjadi panas sehingga rusak. Untuk menghindari hal serupa, sebaiknya kalian meningkatkan frekuensi sekitar +30 atau mungkin +50 saja serta usahakan melakukan overclocking di dalam ruangan dingin, sejuk, atau ber AC. Beberapa laptop terbaru sudah dilegkapi fitur yang bisa mengantisipasi overheating seperti liquid nitrogen, water cooling dan juga heat sink.

Bagaimana jika sudah terlanjur terjadi terjadi kegagalan dalam overclocking yang mengakibatkan komponen perangkat keras pada komputermu rusak? Tentu saja anda mau tidak mau harus menggantinya. Itulah kenapa overclocking harus dilakukan secara hati-hati, tidak boleh terburu-buru & terlalu besar dalam menaikkan kecepatan clocknya. Banyak pengalaman di mana orang terlalu ingin memaksakan performa laptopnya namun justru hasilnya malah sebaliknya yaitu terjadi kerusakan di beberapa komponen. Meskipun bisa dilakukan sendiri di rumah, overclocking tidak boleh sembarangan dilakukan. Dengan petunjuk & tips di atas, mudah-mudahan kalian berhasil melakukan overclock terhadap komputermu sehingga performanya semakin hebat.

Itulah cara overclock laptop / PC. Ternyata tidak terlalu rumit, bukan? Jadi, siapapun bisa melakukannya dengan mudah. Sekarang, giliran anda untuk mencobanya. Cara di atas bisa digunakan untuk overclock semua jenis komputer baik itu PC maupun laptop. Perlu diketahui, overclocking paling sering dilakukan adalah pada kartu grafis dan juga prosesor. Namun, kalian bisa mempertimbangkan overclocking lainnya sesuai kebutuhan anda. Jadi, bijaksanalah dalam melakukan overlock PC. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda semua yang ingin meningkatkan performa komputer menjadi lebih hebat.

Cara Overclock Laptop / PC untuk Performa Maksimal | admin | 4.5