Cara Merekam Suara dari Mixer ke Laptop

Kualitas sebuah video tidak pernah lepas dari proses perekaman suara. Karena pada umumnya, suara yang dihasilkan dari kamera perekam tidak akan maksimal. Apalagi jika pengambilan video berada di area terbuka atau tempat keramaian. Tak jarang hasil rekaman suara tersebut bercampur dengan angin atau segala bentuk hiruk pikuk di sekitar kamera. Hal tersebut juga sering terjadi untuk perekaman video dalam sebuah gedung. Hasil rekam suara menjadi buruk disebabkan sound yang menggema di dalam gedung tersebut. Untuk itulah diperlukan sebuah metode khusus agar kualitas video termasuk suara yang dihasilkan memuaskan. Maka pada pembahasan kali ini, kita akan mengurai mengenai cara merekam suara dari mixer ke laptop. Cara ini bisa diterapkan pada saat anda merekam video dalam acara resepsi pernikahan, konser musik, dan sebagainya.

Cara Merekam Suara dari Mixer ke Laptop

Pada aktivitas perekaman audio di perangkat laptop atau PC, dibutuhkan sebuah software atau aplikasi perekam. Untungnya, ada banyak program bisa kita gunakan dalam proses audio recording tersebut. Sebut saja beberapa diantaranya seperti, Adobe Audition, Ableton Live, Sony Vegas, Cool Edit, Stainberg Cubase, Cakewalk Sonar X3 Producer, FL Studio Frutty Edition version 10, dan aplikasi recorder lainnya. Untuk mendapatkan salah satu software tersebut anda bisa mendownloadnya melalui internet kemudian menginstallnya pada perangkat anda

Persiapan Yang Diperlukan

Ada beberapa alat diperlukan sebelum memulai perekaman suara dengan mixer dan laptop. Dua alat di bawah ini harus anda siapkan terlebih dahulu.

     Laptop yang telah dipasang / diinstall salah satu software perekam seperti telah disebutkan di atas. Sebenarnya bisa juga menggunakan digital portable recorder. Namun pada pembahasan kali ini khusus menggunakan laptop.

     Kabel Audio 3.5 mm male (stereo) to 2 RCA male berfungsi sebagai penghubung antara mixer dengan laptop atau PC.

Langkah-langkah Merekam Suara dari Mixer ke Laptop

Setelah semua peralatan di atas tersedia, langkah selanjutnya tentu saja memulai proses perekaman audio atau suara. Pada dasarnya, cara merekam audio dibagi menjadi dua. Langkah pertama adalah pengambilan output dari mixer. Dan langkah kedua adalah proses perekaman dengan PC (dalam praktek kali ini menggunakan laptop). Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Pengambilan Output dari Mixer

Pasang kedua jack RCA sesuai channel L/R-nya. Channel L artinya kiri berwarna putih dan channel R melambangkan kanan berwarna merah. Ada juga jenis kabel dengan warna merah hijau, merah hitam, atau warna lainnya. Untuk memastikan bagian L/R-nya silahkan bertanya ke penjual kabel agar tidak tertukar fungsinya. Selanjutnya, kecilkan volume output atau jika perlu sampai pada level terendah (satu step / garis saja). Tak perlu khawatir suara yang diterima nantinya kecil, sebab pada software editing menaikkan level suara akan lebih mudah untuk dilakukan. Tujuan mengecilkan volume adalah untuk menghindari hasil rekaman clipping / over. Langkah selanjutnya, pasanglah jack audio 3.5 male-nya ke colokan line-in pada laptop. Jika tidak ada, masukkan pada colokan microphone (biasanya berwarna hijau).

  1. Proses Perekaman dengan Laptop

Setelah proses pengambilan output dari mixer di atas selesai dilakukan, kita akan memasuki mekanisme atau cara merekam suara dari mixer ke laptop. Langkah pertama, colokkan jack 3.5 mm dari mixer ke channel input / line-in di laptop. Selanjutnya, gunakanlah software perekam yang telah didownload dan dipasang pada perangkat anda untuk memulai rekaman. Anda harus mengenali menu-menu yang terdapat dalam software atau program tersebut. Sehingga nantinya bisa mengoperasikan dan memainkan programnya. Biasanya saat proses instalasi software disediakan demo musik yang menarik.

Untuk masalah setting device, Sistem operasi Windows 7 dan 8 telah mampu melakukan setting otomatis saat jack dicolokkan ke channel line-in. Namun pastikan terlebih dahulu apakah device yang aktif adalah line-in ataukah mikrofon internal dari laptop. Karena biasanya laptop selalu mengaktifkan mikrofonnya tersebut. Pada mekanisme perekaman suara dengan mixer dan laptop, mikrofon bawaan perangkat harus dimatikan. Karena percuma jika nantinya yang terekam justru suara mikrofon tersebut. Ketika hal itu terjadi, maka otomatis suara yang terekam hanya yang ada di sekitar laptop.

Untuk memastikannya, bukalah setting Recording Device (pada Windows 7 dan 8). Klik kanan pada ikon speaker yang terdapat di taskbar windows, pilih recording devices. Klik pada pilihan Line-in, lalu jadikan default dengan menekan tombol set default. Klik OK untuk menyimpan settingan. Dengan begitu laptop hanya akan merekam suara yang masuk melalui channel line-in. Jika anda mengalami permasalahan terkait soundcard, bisa diatasi dengan menggunakan USB Soundcard. Harganya pun tidak mahal.

Mekanisme perekaman menggunakan laptop dan digital portable recording pada intinya tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk recording audio pada acara besar layaknya konser musik yang notabenenya melibatkan banyak instrumen, lebih disarankan menggunakan perangkat laptop atau PC. Karena hasilnya akan jauh lebih bagus dibanding digital portable recorder. Sedangkan untuk merekam suara atau audio yang lebih simpel, penggunaan digital portable recorder juga sudah mencukupi.

Sebenarnya proses perekaman audio juga bisa dilakukan langsung dari mixer menggunakan kamera. Caranya dengan mencolokkan kabel dari mixer ke kamera. Hanya saja jika menggunakan teknik tersebut, otomatis pemegang kamera atau kameramen akan terbatas ruang geraknya. Karena terkendala oleh kabel yang terhubung tersebut. Kecuali jika menggunakan perangkat wireless, namun harganya tentu saja lebih mahal.

Demikianlah informasi mengenai cara merekam suara dari mixer ke laptop. Semoga ulasan di atas dapat membantu mempermudah pekerjaan perekaman audio anda menjadi lebih berkualitas.

Cara Merekam Suara dari Mixer ke Laptop | admin | 4.5