Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop

Ketika laptop terkena virus, pasti akan menganggu aktivitas penggunaanya. Bisa menginfeksi sistem dan membuatnya jadi rusak. Jenis virus sangatlah banyak sekali. Salah satunya adalah virus shortcut. Virus ini bekerja dengan menyembunyikan file asli dan memunculkan duplikatnya. Jadi anda tidak bisa mengakses file tersebut. File duplikatnya dimunculkan dalam bentuk shortcut. Tentunya ini akan membuat anda panik. Apalagi dokumen tersebut sangat penting dan harus dikumpulkan saat itu juga. Jika hal ini terjadi pada anda, tak perlu khawatir. Atau langsung panik membuat data baru. Anda bisa mengembalikan data yang terhiden tersebut. Oleh karena itu kita akan membahas tentang cara menghilangkan virus shortcut di laptop dengan mudah.

Mungkin virus ini terlihat sepele. Tapi cukup merepotkan. Memang tak begitu berbahaya, karena tidak akan menginfeksi laptop anda. Hanya menyembunyikan file tersimpan. Jika dibiarkan begitu saja, bisa menginfeksi perangkat lainnya, yang dimasukan ke laptop anda. Sudah banyak antivirus yang bisa digunakan untuk menghilangkan shortcut. Tapi terkadang bisa kembali lagi. Oleh karena itu, anda harus menghilangkannya secara permanent.

Cara Menampilkan File Yang Tersembunyi Oleh Virus Shortcut

Pertama kita akan menampilkan file yang tersembunyi terlebih dahulu, supaya terlihat apa saja file yang sudah hilang. Baru membersihkan virusnya dengan tuntas. Berikut ini langkah yang harus dilakukan.

     Masuk ke windows explorer. Atau tekan windows dan tombol E secara bersamaan

     Dibagian folder options. Tekan tombol alt dan T bersamaan, untuk masuk ke pengaturan folder.

     Jika sudah terbuka, pilih tab view. Scrol ke bawah dan hilangkan centang pada pilihan hide extentions for knows file types dan dibagian hide protected operating system file,

     Pilih Ok

Maka file yang tersembunyi, akan langsung terlihat. Anda tak perlu khawatir, dengan melakukan pengaturan itu tidak akan membuat windows anda eror. Hanya untuk menampilkan file system yang terhiden saja. Selanjutnya kita, akan menghilangkan virus tersebut secara permanent.

Langkah Menghilangkan Virus Shortcut Secara Permanent

Cara menghilangkan virus shortcut di laptop berikut ini, harus anda lakukan dengan tuntas. Sehingga semua virus akan hilang dengan permanent. Inilah langkah yang harus dilakukan.

     Instal antivirus di laptop terlebih dahulu. Bisa gunakan avast, untuk menghilangkan secara berseluruhan.

     Lakukan scanning dengan menyeluruh. Semua driver harus discan.

     Tunggu sampai prosesnya selesai dan menampilkan dokumen yang tersembunyi

     Cek dimana letak virus tersebut berada. Apakah di flashdisk, driver c,D, E, F dan lainnya

     Misal ada di driver D. Maka masuklah ke driver D terlebih dahulu.

     Klik run dan ketik cmd dibagian kotaknya. Enter

     Jendela commandpromt pun akan terbuka. Tinggal masuk ke driver D. Dengan ketik D kemudian enter

     Kalau kursor berkedip disebelah D:\>_. Hapus kata tersebut. Ini digunakan untuk menghapus virus shortcut yang sudah menginfeksi.

     Menghapusnya dengan ketik del*.ink enter. Kini virus tersebut sudah hilang

Cara Mengembalikan File Tersembunyi

Kalau virusnya sudah hilang, kini anda harus mengembalikan file yang tersembunyi tadi. Lakukan langkah berikut ini :

     Masih di jendela command promt (CMD)

     Ketik driver (lokasi huruf) misal E,D, atau F

     Ketik /d atau /s tekan enter

     Tunggu prosesnya sampai selesai.

Kini data yang tersembunyi akan kembali terlihat, jangan lupa untuk mengembalikan pengaturan hidden file seperti semula. Centang yang sebelumnya dihilangkan dikembalikan lagi. Selain melakukan cara diatas, juga masih ada cara lain yang bisa anda lakukan. Yang penting gunakan anti virus yang paling ampuh.

Cara Menjaga Laptop Supaya Tidak Terserang Virus Shortcut

Jika virus sudah hilang, tentunya anda harus menjaga laptop supaya tetap aman dan tidak terserang lagi. Oleh karena itu ikuti beberapa cara ini:

     Matikan autorun

Cobalah untuk mematikan autorun dibagian removable driver. Karena virus ini memang sangat mengandalkan autorun, sehingga bisa langsung menginfeksi file lain yang belum terkena. Ini akan meminimalisir laptop terserang virus shortcut dengan cepat

     Aktifkan antivirus

Jangan pernah lupa untuk mengaktifkan antivirus di laptop. Apalagi laptop anda sering dimasukan flashdisk dari orang lain. Ini untuk menjaga keamanan. Ada banyak sekali jenis antivirus yang bisa anda gunakan. Seperti avast, avg, smadav, dan masih banyak lainnya. Selain menginstal, jangan lupa untuk selalu update. Karena antivirus, ada masa kadaluarsanya

     Scanning File

Rutinnya untuk melakukan scanning file di laptop anda. Entah itu memakai antivirus atau manual. Ini akan menjaga laptop tetap dalam kondisi baik. Anda akan tahu sampah apa saja yang masuk. Apakah itu berupa virus atau tidak.

Menjaga laptop supaya tetap awet, memang harus dilakukan dengan rutin. Anda harus selalu memastikan, semua file yang masuk aman dari virus. Apalagi anda sering berselancar di dunia maya dan memasukan banyak data ke laptop. Anda pasti tidak ingin laptop tiba-tiba mati, karena terkena virus berbahaya. Jangan lupa untuk scanning file secara rutin. Update antivirus terus menerus dan lakukan pemeriksaan dengan teliti. Ini akan membantu menjaga laptop tetap aman dari berbagai macam virus.

Sekarang, kalau tiba-tiba data anda tersembunyi dan berisi shortcut semua. Tak perlu langsung khawatir, cukup lakukan langkah seperti diatas. Jika dilakukan dengan benar, maka semua file akan kembali lagi dan tetap aman. Itulah sedikit informasi tentang cara menghilangkan virus shortcut di laptop, semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Laptop | admin | 4.5