Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Laptop Yang Mudah

Pasti kalian sudah tidak asing dengan namanya malware atau virus, yang dapat menyerang perangkat laptop atau lainnya. Penyakit ini dapat menyerang perangkat dan membuat kinerjanya menurun. Bahkan bisa mati total. Jenisnya sangat banyak sekali. Ada malware, spyware, adware dan masih banyak lainnya. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang adware atau virus iklan. Jenis ini memang tak begitu berbahaya, seperti virus torjan. Tidak dapat membuat laptop mati total. Tapi keberadaannya cukup mengganggu. Setiap kali membuka halaman tertentu, akan muncul iklan. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang cara menghilangkan virus iklan di laptop yang paling mudah.

Awalnya adware ini digunakan untuk media promosi, para pemilik bisnis. Tapi semakin kesini, semakin menganggu karena sudah dimodifikasi menjadi spyware dan dapat membahayakan komputer. Bahkan dapat digunakan para hacker, untuk mencuri data pemilik dan menghack akun anda. Adware ini sering muncul, ketika anda berselancar di dunia internet. Apalagi kalian sering membuka website mengandung virus. Tanpa sengaja, adware akan menginfeksi laptop. Pengirim biasanya, akan mencari keuntungan dari iklan pay per click. Sehingga menyebarkan adware ini ke berbagai laptop.

Jenis-Jenis Adware

Sebelum membahas tentang cara menghilangkannya, kalian harus tahu apa saja jenis-jenis adware. Sehingga lebih waspada untuk menghindarinya.

     Open candy

Open candy ini sebenarnya tidak hanya didefinisikan sebagai adware saja, tetapi juga sypware dan virus komputer. Open candy ini merupakan aplikasi yang dimanfaatkan untuk promosi produk. Tapi sayangnya kini sudah ditambah dengan penyakit dan membuat menjadi adware menganggu. Kalau laptop sudah terinfeksi virus ini, walaupun dihapus atau diuninstal, tidak akan bisa, malah menggandakan diri terus menerus.

     Registry Booster

Namanya tak begitu mencurigakan, seperti sebuah apliaksi booster penting untuk laptop anda. Tapi sayangnya aplikasi ini malah mengandung virus. Jika anda instal aplikasi registry boster di laptop, akan langsung menyematkan looger di perangkat. Akhirnya, ketika anda log in ke internet. Maka semua data penting milik anda, langsung tersimpan ke hacker. Ini sering digunakan untuk penipuan, untuk mencuri data kartu kredit, data bank dan lainnya. Oleh karena itu, anda harus lebih berhati-hati.

     Ask Toolbar

Ask toolbar memang bukan spyware atau adware. Tapi keberadaanya cukup menganggu, ask toolbar adalah ads ons dari website ask.com. Tapi kini ada yang memanfaatkannya menjadi spyware. Sehingga bisa merekam data dan mengirimkan ke hacker. Terkadang kita tidak sadar, kalau sudah mengaktifkan ask toolbar, ketika berselancar di dunia maya.

     Mobogenie

Mobogenie digunakan untuk mentransfer file dari android ke komputer anda. Mobogenie juga memiliki fitur app store. Walaupun bermanfaat, tapi sudah ada yang memanfaatkannya menjadi spyware dan adware, dapat mencuri data milik anda.

     Babylon Toolbar

Babylon toolbar merupakan aplikasi penerjemah yang fungsinya sama dengan google translate. Sudah muncul sejak tahun 2010. Tapi kini menjadi virus browser yang memunculkan iklan dan bisa mencuri data.

Langkah Menghilanglan Virus Iklan Di Laptop

Sebenarnya masih banyak sekali, virus iklan yang ada di internet. Terkadang kita tak sadar sudah mengklik link tertentu dan membuat laptop terkena virus. Jika laptop sudah terserang, kini waktunya untuk menghilangkannya. Walaupun tidak akan merusak sistem perangkat, tapi keberadaan iklan ini sangat menganggu. Sering muncul pop up, yang membuat kinerja laptop menurun. Inilah cara menghilangkan virus iklan di laptop yang dapat anda lakukan.

     Aplikasi Adwcleaner

Aplikasi adwcleaner, bisa membantu menghilangkan virus iklan dengan mudah, berikut ini caranya:

     Instal aplikasi adwcleaner di laptop anda.

     Lakukan scanning, dengan menekan tombol scan.

     Tunggu sampai proses scanning selesai, biasanya butuh waktu lama kalau file yang harus discan banyak.

     Kalau selesai, akan muncul semua virus iklan yang terdapat di laptop anda.

     Centang semua file virus terdeteksi dan pilih clean

     Kalau muncul peringatan, pilih ok dan tunggu sampai prosesnya selesai.,

     Laptop akan restart dan kini sudah bebas dari virus.

     Hapus Aplikasi Yang Aneh

Cobalah untuk cek semua aplikasi yang terinstal di laptop anda. Masuk ke control panel – program. Cek aplikasi yang terlihat aneh atau mencurigakan. Aplikasi dengan nama yang aneh dan jarang anda gunakan. Mungkin itu menyebabkan iklan sering muncul. Kemudian uninstal aplikasi tersebut. Jika tidak bisa berarti virus dan harus dihilangkan dengan cara lainnya.

     Instal Antivirus

Cara lain bisa dengan instal antivirus. Ada banyak jenis antivirus yang bisa anda gunakan. Seperti avg, avast, avira dan lainnya. Pilih yang bisa menghilangkan adware dan spyware. Selain itu anda juga bisa instal antiadware dan addon detector. Aplikasi ini akan membantu, mengidentifikasi dan menghentikan iklan yang muncul. Aplikasi mana saja yang menyebabkan iklan.

     Instal Ulang

Ini cara terakhir yang bisa anda lakukan. Kalau semua cara diatas, belum bisa menghilangkan virus iklan yang mengganggu laptop anda. Instal ulang akan membuat sistem operasi windows kembali baru. Pastikan untuk backup data terlebih dahulu, sebelum instal ulang. Sehingga semua data anda tetap tersimpan dengan rapi.

Itulah beberapa cara menghilangkan virus iklan di laptop yang bisa anda lakukan. Sangat mudah dan tak perlu proses lama. Jangan lupa untuk selalu aktifkan antivirus, sehingga terhindar dari berbagai macam virus berbahaya dan merusak perangkat laptop.

Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Laptop Yang Mudah | admin | 4.5