Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Plugged In Not Charging

Masalah yang dapat terjadi pada laptop sangatlah beragam. Salah satu masalah yang banyak terjadi adalah baterry yang tidak dapat di charge sehingga muncul pemberitahuan plugged in not charging. Masalah seperti ini ada banyak penyebabnya. Disini kita akan membahas mengenai penyebab dari masalah dan juga bagaimana cara untuk mengatasinya. Bagi yang sudah lama menggunakan baterai dan ternyata masalah seperti ini mengalami anda sebaiknya jangan terlalu pusing karena akan dapat diatasi asalkan kerusakannya masih dalam batas normal. Berikut ini adalah cara baterai laptop plugged in not charging yang dapat dilakukan sehingga komputer atau laptop akan dapat digunakan dengan normal kembali.

Penyebab masalah

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan baterry cepat mengalami masalah. Hal pertama yang sering dilupakan saat membeli laptop baru adalah melakukan charging selama kurang lebih 8 jam. Tips ini biasanya akan diberikan oleh penjual karena dengan begitu baterai akan tahan lama dan juga lebih awet meskipun lama tidak dipakai. Ketika sudah banyak digunakan dan sudah sering untuk dipakai bekerja maka kemampuan baterry juga akan menurun. Perawatan tepat pada laptop memang menjadi hal yang sangat penting. Dengan begitu laptop akan menjadi lebih kuat dan tahan lama meskipun sering dipakai untuk bekerja.

Menganalisis penyebab kerusakan

Masalah pluggin mengalami kegagalan seperti ini memang bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama yang dapat menjadi penyebab adalah kerusakan pada baterai. Ketika baterai rusak maka cara yang dapat dilakukan adalah mengganti baterry dengan barang baru. Jika ingin mengetes apakah kerusakan disebabkan oleh baterai maka anda dapat meminjam baterai kepada teman dengan laptop sama dan bisa coba untuk mencharge dengan charger lain dengan tipe sama. Jika ternyata sudah diketahui kerusakan hanya terjadi pada baterry, cara mengatasinya adalah dengan membeli baterai baru. Namun jika setelah diganti dengan baterry lain ternyata masih tidak bisa charging, bisa jadi masalah yang terjadi ada pada adaptor charger.

Jika kerusakan ada pada charger tentu anda harus mengganti charger dengan charger baru atau mengganti adaptornya saja. Apabila ternyata setelah ganti charger baru masih mengalami masalah, coba cari cara lain supaya masalah ini dapat teratasi. Baterai laptop plugged in not charging juga dapat diatasi dengan cara sederhana sebelum anda membeli charger baru. Banyak pengguna sudah berhasil mengatasi masalah semacam ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah memperbaiki masalah

Langkah awal harus dikerjakan adalah mematikan komputer. Shut down seperti biasa saja kemudian bisa mencabut adapter pada charger yang masih tertancap dilaptop. Selanjutnya anda harus melepaskan baterai. Saat ini ada banyak jenis laptop modern menggunakan baterai tanam sehingga akan sangat sulit untuk melepasnya sendiri. Jika sudah anda dapat menancapkan kembali charger ke laptop dan kemudian nyalakan tanpa menggunakan baterry. Setelah itu, pengguna dapat mulai untuk melakukan pengaturan di komputer atau laptop.

Setelah selesai menyalakan laptop, langkah selanjutnya adalah menyeting laptop. Pengguna bisa masuk pada meni device manager. Setelah itu masuk ke menu yang berhubungan dengan baterai. Disana anda perlu menemukan “Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery“. Jika sudah menemukan cobalah untuk menguninstallnya. Baterai laptop mengalami kegagalan pluggin saat charging akan dapat terselesaikan dengan melanjutkan cara ini ke langkah selanjutnya. Proses uninstall yang sudah berhasil dapat dilanjutkan dengan mematikan komputer menggunakan cara shutdown biasa. Jika sudah bisa dicabut chargernya. Kemudian kembalikan baterry ke laptop seperti semula.

Langkah ini sudah masuk ke langkah terakhir yakni menyambungkan charger ke laptop dan nyalakan lagi. Dengan melakukan cara ini maka masalah baterai laptop plugged in not charging dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Namun jika setelah melakukan cara tersebut ternyata tidak berhasil maka anda harus mencoba untuk melakukan kembali cara yang sudah disebutkan di atas namun dengan tambahan anda harus menekan tombol power selama 30 detik untuk menghilangkan arus sebelum laptop dicolokkan ke adapter di langkah terakhir.

Masalah baterai laptop gagal charging ini memang bisa disebabkan oleh banyak hal seperti karena chargernya, baterry atau bisa juga hardwarenya. Jika setelah melakukan proses perbaikan seperti yang telah disampaikan diatas ternyata tidak ada hasil terlihat, ini bisa jadi disebabkan masalah terjadi pada hardware. Cara mengatasinya tentu akan berbeda dengan yang telah disebutkan. Masalah seperti ini jika tidak dapat diatasi sendiri akan lebih baik jika dibawa ke tukang service untuk menemukan solusi terbaik. Dengan berkonsultasi dengan orang lebih ahli, anda akan lebih paham mengenai cara harus dilakukan.

Masalah dengan jenis masih sederhana memang dapat diatasi dengan cara sederhana. Jika tidak bisa dilakukan perbaikan sendiri sebaiknya jangan dipaksakan karena justru dapat menyebabkan masalah semakin banyak. Ketidak tahuan pengguna bisa membahayakan laptop. Apabila ingin melakukan perbaikan lebih, pastikan anda tidak memaksakan kecuali anda tahu apa yang sedang dilakukan. Cara untuk mengatasi baterai laptop plugged in not charging yang telah disampaikan diatas telah banyak berhasil dicoba oleh banyak orang namun ada juga ternyata tidak memberikan hasil sesuai harapan. Hal ini memang sangat dipengaruhi oleh masalah yang terjadi. Saat akan mengikuti cara tersebut, pengguna harus memahami dengan baik caranya. Sebenarnya dari langkah yang telah disebutkan hanya ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Jika sudah paham maka anda bisa mulai untuk mempraktekkannya sambil sesekali membaca langkah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Plugged In Not Charging | admin | 4.5