time 1 month yang lalu di topik #Tips,Tutorial

Cara Mengaktifkan Wi-Fi Di Laptop Dan Aplikasi Penguat Sinyal

Wi-Fi menjadi salah satu fitur unggulan pada laptop dimana akan membuat perangkat ini bisa digunakan dengan lebih baik. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mendapatkan banyak informasi melalui internet dengan lebih mudah tanpa menggunakan kabel ataupun modem. Tentu, fasilitas ini tidak harus selalu aktif setiap saat dengan alasan penghematan baterai. Namun, jika anda hendak menyalakannya, maka ada beberapa cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop untuk dilakukan.

Adanya beberapa cara ini memang menarik untuk diketahui. Adanya perbedaan ini memang disebabkan oleh beberapa hal, termasuk perbedaan jenis laptop dan OS yang digunakan. Namun, meskipun perbedaan itu ada, secara keseluruhan cara untuk menyalakan fitur ini tergolong sangat mudah. Berikut kita akan membahasnya di bawah ini dan dilengkapi dengan beberapa aplikasi guna memperkuat sinyal.

Menggunakan Tombol Khusus

Beberapa produk laptop dilengkapi dengan tombol khusus guna menyalakan Wi-Fi. Ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan karena hanya dengan menekan tombolnya saja anda sudah bisa mendapatkan jaringan internet. Biasanya, tombol ini terdapat di bagian atas ataupun samping dari keyboard tergantung dari perangkat yang anda gunakan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa tombol tersebut dilengkapi dengan lampu indikator. Lampu ini menjadi penanda aktif atau tidaknya jaringan pada perangkat milik anda. Jika lampu indikator menyala, berarti jaringan tersebut aktif.

Menggunakan Tombol FN

Langkah kedua guna mengaktifkan Wi-Fi di laptop adalah dengan menggunakan tombol FN. Hampir semua produk laptop menyediakan tombol FN khusus -biasanya F12 guna mengaktifkan jaringan tersebut. Lantas bagaimana langkah untuk menyalakan fitur tersebut? Langkah guna dilakukan pun sangat mudah. Dalam hal ini, anda harus menekan tombol FN berbarengan dengan tombol F12.

Ada beberapa tombol FN tersebut dilengkapi dengan lampu indikator, namun ada pula yang tidak. Jika ada lampu indikator, maka anda tentu akan sangat terbantu. Dalam hal ini, lampu indikator bisa membantu anda guna memantau status dari jaringan Wi-Fi perangkat anda.

Melalui Windows Mobility Center

Selain kedua pilihan di atas, maka ada pilihan lain dimana terlihat lebih elegan untuk dicoba. Langkah yang dimaksud adalah dengan melalui Windows Mobility Center dengan dasar bahwa anda sudah memiliki wireless card. Ada beberapa langkah dalam tips ini dimana harus dilakukan dengan berurutan, seperti:

     Masuk ke control panel

     Setelah itu, pilih opsi mobility setting dan pilih kategori hardware and sound

     Anda akan menemukan banyak pilihan di laman tersebut dan pilih turn wireless on

     Lihat pojok kanan bawah perangkat dan temukan logo wireless menyala

Mengaktifkan Wireless pada Windows 8

Telah disinggung di awal bahwa salah satu hal yang membedakan cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop adalah OS yang digunakan. Jika anda menggunakan perangkat dengan OS Windows 8, maka ada cara tersendiri guna menyalakan wireless. Dalam hal ini, anda hanya perlu mengarahkan cursor ke bagian kanan layar perangkat. Akan ada petunjuk mengenai status wireless. Geser tombol power wireless dari off menjadi on.

Mengaktifkan Wireless pada Windows 10

Windows 10 juga memiliki langkah tersendiri guna menyalakan wireless. Langkah ini pun sangat mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini, anda hanya perlu untuk mengklik logo Wi-Fi yang ada di taskbar bagian bawah. Jika airplane mode dalam keadaan menyala, maka matikan dan klik tombol wireless untuk menyalakannya.

Aplikasi Penguat Sinyal

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa langkah dimana bisa diterapkan guna menyalakan Wi-Fi pada perangkat anda. Namun, selain beberapa langkah mengaktifkan Wi-Fi di laptop sebagaimana dijelaskan di atas, kita juga akan membahas beberapa aplikasi untuk menguatkan sinyal. Aplikasi ini tentu saja akan sangat membantu untuk membuat sinyal lebih stabil.

Adapun beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

     WeFi

Aplikasi pertama dimana bisa digunakan untuk memperkuat sinyal adalah WeFi. Ini adalah aplikasi yang sangat baik dimana bisa mendeteksi sinyal dalam jarak jauh. Selain itu, WeFi juga memiliki beberapa fitur guna mengumpulkan informasi terkait detail terkait. Tidak hanya mudah untuk digunakan, ukuran WeFi juga tergolong kecil, yakni hanya 10MB saja.

     Wireless Wizard

Wireless Wizard juga merupakan salah satu aplikasi dimana bisa digunakan untuk menguatkan sinyal. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang memiliki sinyal fluktuatif atau tidak stabil dimana jaringan sering putus serta down. Dengan tampilan program yang sederhana, aplikasi ini tergolong cukup mudah untuk digunakan.

     Netstumbler

Aplikasi lain dimana bisa digunakan untuk memperkuat sinyal adalah Netstumbler. Ini juga termasuk salah satu aplikasi terbaik yang sangat menguntungkan. Aplikasi ini mampu menangkap sinyal di sekitar perangkat dengan lebih baik dan maksimal. Selain itu, program ini memiliki beberapa fitur keamanan guna menjaga jaringan agar tetap stabil dan bebas dari beragam masalah.

     NetSpot

NetSpot juga merupakan salah satu program terbaik dimana bisa diandalkan untuk memperkuat sinyal jaringan internet pada perangkat. Program ini cukup menarik dengan adanya tampilan yang profesional dan atraktif. Tidak hanya tampilan, ada juga fitur aplikasi lengkap, mulai dari map hingga pengaturan lainnya.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop yang cukup berbeda-beda tergantung dari detail perangkat anda. Selain itu, ada pula beberapa aplikasi terbaik yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kualitas sinyal sehingga jaringan internet yang akan anda dapatkan cenderung lebih stabil dan kuat.

Cara Mengaktifkan Wi-Fi Di Laptop Dan Aplikasi Penguat Sinyal | admin | 4.5