Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop Agar Tidak Lemot

Pada zaman milenial ini tak dapat dipungkiri lagi apabila penggunaan laptop/perangkat komputer personal memang begitu tinggi. Tentu saja penggunaan personal computer harus disempurnakan dengan fungsionalitas dari koneksi internet sehingga dapat menunjang segala kebutuhan manusia. Kombinasi keduanya dapat memudahkan segala kebutuhan dan kepentingan, mulai dari fungsi komunikasi, hiburan, pengetahuan dan lain sebagainya. Sehingga tak mengherankan saat ini kebutuhan akan dua hal tersebut selalu mengalami peningkatan khususnya penggunaan internet untuk berbagai keperluan sehari-hari. Yang mana hal tersebut mengakibatkan banyaknya penggunaan teknologi WiFi sebagai solusi. Namun sebagai pengguna WiFi tentunya Anda merasa terganggu bukan bila koneksi WiFi Anda melambat? Nah maka dari itu pada ulasan kali ini akan coba dibahas mengenai cara mempercepat koneksi WiFi di laptop agar tidak lagi lemot.

Koneksi internet/WiFi yang lemot tentulah bukan keinginan kita semua, karena koneksi yang lola atau loadingya lama dapat menghambat segala kegiatan kita sehari-hari. Sebab laju WiFi lemot jelas membuat kita harus berkutat pada satu pekerjaan dengan waktu relatif lebih lama. Sehingga hal ini menyebabkan waktu kerja tidak tergunakan secara efisien. Dan dapat berdampak pula pada penumpukan beban kerja. Padahal bila dipikir-pikir Anda telah menggunakan jaringan internet utama dengan kecepatan super, tetapi terkadang masih juga menjumpai fenomena internet lelet. Hal ini biasa terjadi, karena sejatinya koneksi lelet tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan internet menjadi kurang banter, diantaranya seperti posisi router, letak antena, keberadaan sinyal-sinyal nirkabel perangkat lain, jumlah pengguna dan masih banyak lainnya. Maka dari itu ketika kecepatan WiFi rendah tidak serta merta kesalahan berada di tangan provider atau penyedia layanan. Ada baiknya Anda melakukan “investigasi” mengenai faktor-faktor disebutkan di atas kemudian baru melakukan tindakan lanjutan. Nah pada ulasan kali ini akan coba diberikan cara mudah mempercepat laju WiFi di laptop tanpa ribet dan sangat simpel. Bila cara di bawah bisa Anda terapkan secara baik maka koneksi internet Anda dapat menjadi 10 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan sebelumnya. Jadi tanpa berlama-lama berikut adalah cara mempercepat koneksi WiFi di laptop secara ampuh.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop Agar Lebih Maksimal

  1. Menggunakan Pengaturan DNS

     Mencari Pengaturan DNS

Untuk mencari pengaturan DNS caranya begitu mudah, cukup klik “Start” lalu di side bar sebelah kiri klik opsi “Control Panel”.

     Memilih opsi “Network & Internet”

Setelah masuk pada menu Control Panel, pilih menu “Network & Internet” untuk pengaturan jaringan internet.

     Mengeklik pilihan “Network and Sharing Center”

Kemudian akan disuguhkan beberapa option, Anda klik saja pada pilihan “Network and Sharing Center”. Sebab akan terlihat beberapa option lain seperti “Homegroup” serta “Internet Options”.

     Memilih koneksi sedang digunakan

Berikutnya pilihlah koneksi internet yang saat ini sedang aktif digunakan. Pada umumnya akan muncul nama koneksi yang digunakan, baik ketika Anda menggunakan modem, WiFi atau Local Area Connections. Klik saja “Properties Internet” untuk dapat melihat pengaturan IP dan DNS Anda.

     Memilih Internet Protocol Ver 4 (TCP/IPv4)

Setelah memilih IPv4, klik menu “Properties” berada di sebelah kanan kemudian muncullah menu baru.

     Memilih pilihan “Use the following DNS Server Andress”

Lalu Anda tinggal mengisi alamat server DNS yang diinginkan. Dapat juga mengisikan satu diantara beberapa alamat DNS gratis berikut ini.

o     Preferred DNS Server: 208.67.222.222

o     Alternate DNS Server: 208.67.220.220

     Memilih Internet Protocol Ver 6 (TCP/IPv6)

Berikutnya cukup mengikuti langkah sebelumnya perbedaan hanya terletak pada bagian pengisian nomer DNS yaitu menggunakan alamat berikut.

o     Preferred DNS Server: 2620:0:ccc::2

o     Alternate DNS Server: 2620:0:ccd::2

  1. Menggunakan CMD dan Notepad

     Buka aplikasi notepad mealui “Start” lalu ketik saja kata “notepad”. Lalu pilih saja program notepad tersebut.

     Ketiklah “ping google.com -t” (tanpa tanda petik) pada program Notepad yang telah dibuka.

     Lalu klik “save as” dengan type “All Files” kemudian masukkan nama/rename menjadi “ping.bat”. Tentukan lokasi penyimpanan file tersebut setelah itu klik “save”.

     Kemudian buka file ping.bat tersebut yang mana akan langsung bekerja dengan meningkatkan kecepatan WiFi Anda.

Nah jadilah itu dia dua cara untuk meningkatkan kecepatan WIFi di laptop, sangat mudah bukan? Anda tidak perlu membawanya ke service center atau memanggil seorang praktisi. Dengan melakukan beberapa step di atas dengan benar, semoga koneksi dari jaringan WiFi Anda dapat segera membaik dan berfungsi maksimal. Sebab step-step di atas bahkan dapat meningkatkan kecepatan internet Anda hingga 10 kali lebih cepat. Jadi jangan heran setelah melakukan cara di atas laju WiFi Anda menjadi lebih kencang dan tidak mengenal kata lemot.

Selain melakukan langkah di atas, Anda juga perlu memastikan bahwa jaringan WiFi tersebut berada pada zona “aman”, Maksudnya jaringan WIFi tersebut masih terbilang sehat dan memungkinkan untuk dikonekkan dengan PC Anda. Sebab usaha Anda melakukan beberapa step di atas akan sama saja bila ternyata jaringan WiFi nya sendiri sudah tidak sehat. Misalnya saja terlalu padat pengguna, posisi router tidak baik, adanya gangguan frekuensi bersumber dari alat lainnya serta hambatan-hambatan lainnya. Jadi memang lebih baiknya Anda selidiki dulu kira-kira faktor hambatan yang mungkin saja terjadi, setelah itu lakukanlah satu dari dua cara tersebut. Niscaya WiFi Anda akan lancar jaya dan anti lemot. Sekian pembahasan mengenai cara mempercepat koneksi WiFi di laptop, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop Agar Tidak Lemot | admin | 4.5