Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian Dan Ciri Kerusakannya

Keyboard termasuk salah satu komponen laptop yang cukup rentan terhadap beberapa kerusakan. Tuts memang tergolong sangat sering digunakan sehingga kerusakan menjadi hal yang wajar pada komponen ini. Namun, ketika kerusakan terjadi, maka tentu saja anda akan mengalami kerugian karena perangkat tidak bisa bekerja dengan baik dan tentu anda akan terganggu saat mengoperasikannya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Mengetahui langkah perbaikan untuk memperbaiki kondisi ini tentu teramat penting agar anda bisa melakukan perbaikan dengan segera dimana kerusakan terjadi. Perlu dipahami bahwa ada beberapa ciri kerusakan yang terjadi dan membutuhkan langkah penanganan yang berbeda. Tentu, penanganan yang tepat akan membuat masalah cepat selesai dan tuts bisa berfungsi dengan normal kembali. Simak beberapa penjelasan mengenai hal tersebut di bawah ini.

Ciri #1

Pada ciri pertama, ada beberapa tanda dimana keyboard tidak bekerja dengan optimal. Adapun beberapa tanda kerusakan tersebut adalah sebagai berikut:

     Satu atau beberapa tombol tidak bisa berfungsi dengan baik

     Tombol seperti tertekan

     Terdengar bunyi beep panjang pada tombol

     Saat dinyalakan, ada salah satu huruf muncul terus pada tabulasi ketikan

Beberapa tanda tersebut menjadi ciri kerusakan pertama dimana terjadi pada perangkat anda. Dalam hal ini, jika anda melihat beberapa tanda di atas muncul dalam perangkat anda, maka ada langkah perbaikan dimana harus dilakukan. Langkah perbaikan tersebut adalah sebagai berikut:

     Lepas semua sambungan energi pada perangkat, yakni charger dan baterai

     Lepas keyboard dari perangkat

     Bersihkan bagian dalam tuts dan keringkan jika ada yang basah

     Pasang kembali komponen tersebut

Perlu diketahui bahwa kerusakan ini biasanya diakibatkan oleh adanya debu menempel terlalu lama sehingga menutupi celah tombol dan tombol menjadi keras. Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan, menggunakan pelindung tombol adalah langkah tepat guna dikerjakan.

Ciri #2

Selain permasalahan pertama di atas, ada juga permasalahan lain timbul pada bagian tuts tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa tanda muncul terkait masalah pada tuts ini. Adapun beberapa tanda atau ciri kerusakan tersebut adalah sebagai berikut:

     Tombol tuts tidak berfungsi sama sekali

     Lampu num lock dan juga caps lock tidak hidup

     Tombol macet atau tidak normal

Jika beberapa tanda dari kerusakan tersebut muncul, maka sebenarnya anda tidak perlu khawatir dan kaget. Ada beberapa langkah tepat untuk digunakan sebagai solusi terbaik. Adapun langkah guna dilakukan adalah sebagai berikut:

     Lakukan langkah pada pembahasan terkait kerusakan pertama tadi

     Jika sudah, maka cobalah bersihkan dengan menggunakan alkohol. Keringkan jika sudah dibersihkan dan pastikan bahwa tuts tersebut benar-benar kering agar tidak terjadi masalah lainnya

     Selanjutnya, coba periksa colokan USB dengan memasukkan flash disk.

     Jika sudah, lakukan restart dan perangkat anda akan kembali normal seperti sedia kala

Apabila telah dilakukan penanganan tersebut namun masalah masih saja terjadi, berarti keyboard sudah memasuki kerusakan yang begitu parah. Dalam hal ini, tips guna memperbaiki keyboard laptop sebagian adalah dengan melakukan penanganan lebih lanjut. Akan lebih baik jika anda membawa perangkat anda ke tukang service laptop.

Restart Laptop

Langkah perbaikan keyboard laptop lain selain kedua langkah di atas adalah dengan melakukan restart laptop. Ini adalah salah satu cara perbaikan yang sangat mudah dan cukup efektif. Restart dapat menjadi solusi terbaik dari beragam masalah pada perangkat. Jika anda menemukan tuts tidak bekerja dengan baik, maka lakukan restart. Tekan tombol power lama hingga perangkat melakukan restart secara otomatis.

Restart Windows

Perbaikan juga bisa dilakukan dengan cara melakukan restart Windows. Ini adalah solusi dari masalah tuts yang muncul. Permasalahan ini biasanya muncul setelah anda melakukan instalasi program yang baru. Program yang kurang sesuai dengan spesifikasi laptop dapat membuat tuts error dan tidak bisa digunakan dengan baik. Dalam hal ini, solusi yang bisa dilakukan adalah restart Windows.

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan restart Windows ini? Cara yang bisa dilakukan adalah dengan masuk pada Control Panel dengan mengklik start menu. Setelah itu, pilih system and security lalu pilih back up your computer. Nah, pada jendela yang baru, pilih recover system setting or your computer. Setelah itu, klik open system restore. Tunggu proses hingga selesai dan perangkat akan melakukan reboot secara otomatis.

Perbaiki Driver Keyboard

Masalah pada tuts juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada driver. Dalam hal ini, driver yang rusak akan membuat komponen tidak bisa bekerja secara optimal dan pasti anda akan mengalami permasalahan saat pengoperasian. Oleh karena itu, cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian guna dilakukan adalah memperbaiki driver keyboard tersebut.

Langkah ini bisa diaplikasikan dengan cara menuju ke control panel melalui start menu. Masuk pada system and security lalu pilih device manager. Nah, pada menu device manager, pilih keyboard untuk menemukan pilihan menu terkait tuts. Pilih yang sesuai dan paling update untuk mengatasi masalah ini.

Nah, beberapa langkah di atas dapat dipilih guna memperbaiki keyboard laptop sebagian dimana anda tidak perlu khawatir saat kerusakan tersebut muncul. Namun, di samping mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian tersebut, langkah pencegahan juga harus dilakukan dengan baik. Langkah pencegahan tentu juga penting agar tuts senantiasa dapat digunakan dengan optimal dan tidak mudah rusak. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian Dan Ciri Kerusakannya | admin | 4.5