Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis Dengan Cara Yang Mudah

Laptop merupakan barang modern yang saat ini sudah begitu akrab dengan kehidupan masyarakat. Saking pentingnya alat ini, laptop dibuat dengan desain sesimple mungkin agar dapat dibawa kemana-mana. Ada banyak pekerjaan dapat diselesaikan menggunakan laptop. Jika anda memiliki laptop tentu harus melakukan perawatan tepat supaya laptop awet atau tidak cepat rusak. Penggunaan yang tidak tepat nantinya dapat menyebabkan laptop cepat rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi. Ada banyak masalah yang dapat terjadi pada produk ini. Masalah baterai adalah masalah yang cukup sering terjadi. Jika anda memiliki laptop dan baterainya sangat cepat habis maka mengetahui Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis akan sangat bermanfaat untuk anda.

Perfoma baterai menjadi menurun karena disebabkan oleh banyak hal seperti penggunaan yang sudah terlalu sering, tidak menggunakan charger tepat atau karena sering menggunakan laptop sambil discharge. Sebenarnya masalah seperti ini memang banyak terjadi. Namun ketika anda mengetahui solusinya, laptop akan dapat digunakan kembali dengan baterai lebih awet. Sebelum mengalami masalah baterai boros, pengguna yang baru saja memiliki baterai sebaiknya mengetahui cara merawat baterai supaya selalu dalam kondisi baik dan tidak mudah mengalami masalah.

Sebelum mulai mengetahui Cara memperbaiki baterai laptop cepat habis, anda perlu tahu apa saja penyebab baterai mengalami masalah kebocoran atau boros. Penyebab pertama adalah penggunaan yang terlalu berlebihan. Laptop adalah alat yang mudah panas jika digunakan terlalu lama. Bekerja seharian memakai laptop adalah salah satu penyebabnya. Bagi pecinta gema juga terkadang suka lupa waktu ketika sudah bermain dengan alat ini sehingga membuat laptop mengalami kerusakan terutama pada bagian baterainya.

Penyebab lainnya adalah karena pengguna sering memainkan komputer sambil di charge. Cara ini adalah salah. Pengguna sebaiknya membiasakan untuk mematikan laptop saja saat sedang diisi daya. Dengan begitu baterai akan dapat terisi dengan optimal. Mematikan laptop saat sedang diisi daya akan membuat baterai tidak cepat panas dan dapat beristirahat dengan baik. Ketika laptop sudah digunakan berjam-jam maka sebaiknya dimatikan terlebih dahulu hingga kembali dingin. Setelah itu baru dapat dinyalakan kembali. Penyebab lainnya adalah pengguna biasa mematikan saat kondisi baterai sudah habis atau benar-benar kosong. Hal ini juga dapat menyebabkan laptop mengalami kerusakan pada baterai.

Saat perangkat sudah memberikan ultimatum atau peringatan harus mengisi daya, jangan pernah mengabaikannya. Segera ambil charger dan isi daya agar baterry terawat. Cara meletakkan laptop juga dapat menjadi masalah. Jangan biasakan menaruh barang ini ditempat empuk seperti kasur ketika sedang digunakan karena uap panas tidak dapat keluar dengan baik bisa menjadi penyebab kerusakan.

Cara mengatasinya

Cara pertama untuk memperbaiki kebocoran pada baterry adalah dengan mengisi daya secara penuh. Cara ini merupakan salah satu bentuk perawatan supaya battery tidak cepat rusak. Jangan membiasakan diri untuk mencabut charger ketika belum penuh. Ciri khas dari baterai yang penuh adalah charger yang mulai dingin saat disentuh. Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis yang selanjutnya bisa dengan mengatur daya. Pengaturan daya menjadi hal sangat baik dilakukan untuk menjaga baterai lebih tahan lama. Caranya adalah klik modus balance dan atur menjadi turn off the display pada baterry never. Selanjutnya pada opsi put the computer to sleep bisa diganti dengan never. Selain itu, pengguna dapat mengatur opsi power pada control panel.

Melakukan hibernate dan mengatur opsi baterai lemah

Cara memperbaiki baterai laptop yang boros dapat dilakukan selanjutnya yakni dengan mengkonfigurasi opsi hibernate dengan membuka power option terlebih dahulu. Setelah itu bisa mengubah plan setting melalui advance setting. Lalu klik battery dan set it to hibernate. Jika sudah atur hingga menjadi low bateray level 15 %. Cara ini sangat menarik dilakukan karena cukup efektif untuk membantu menghemat baterai.

Masih ada cara lainnya. Cara selanjutnya yaitu dengan membiarkan baterai kehabisan daya. Cara ini terbilang unik. Pengguna bisa membiarkan daya habis sendiri tanpa harus menggunakan komputer. Setelah benar-benar habis maka anda bisa mengisinya kembali hingga benar-benar sampai 100 %. Jika sudah diisi penuh maka bisa mengembalikan power plan menjadi seperti semula. Proses ini disebut sebagai proses kalibrasi. Waktu yang dibutuhkan cukup lama bahkan dapat mencapai beberapa jam. Oleh karena itu kesabaran menjadi hal sangat penting. Setelah melakukan proses ini, biasanya komputer akan menjadi lebih akurat saat menghitung dengan menggunakan indicator baterry.

Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis terakhir adalah dengan mendapatkan dan kemudian menginstal yang namanya smarter bateray. Software ini sangat baik untuk digunakan sebagai penghemat baterai. Cara memanfaatkan software ini yakni dengan melakukan kalibrasi seperti yang tadi sudah disebutkan diatas. Jika kalibrasi berhasil maka selanjutnya pengguna dapat mengintal software smarter bateray. Aplikasi atau software ini banyak digunakan sebagai software yang akan membantu untuk mengethui atau memantau semua hal mengenai baterry. Ada banyak data dapat dilaporkan kepada anda oleh software ini. Selain itu, smarter battery juga dapat membantu untuk menghemat data hingga lebih dari 30% dari biasanya. Anda dapat membayangkan sendiri betapa bermanfaatnya software satu ini. Jika ingin menjadikan komputer atau laptop menjadi lebih hemat dan dapat digunakan dalam waktu lebih lama maka anda bisa mencoba untuk mengikuti langkah-langkah yang telah disaebutkan. Cara tersebut termasuk sebagai cara sederhana yang akan sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk semua yang membacanya.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis Dengan Cara Yang Mudah | admin | 4.5