Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop Menggunakan iTunes dengan Praktis

Salah satu produk terbaik dari Apple adalah iPhone. Bahkan, ia digadang-gadang menjadi smartphone terbaik dibanding lainnya seperti android ataupun iOS. Itulah kenapa banyak orang tertarik memiliki iPhone. Memang smartphone ini memiliki banyak sekali keunggulan. Meski begitu, memory internalnya tetap terbatas. Misalnya, kapasitasnya adalah 16 GB, 32 GB, dst. Kadang, memory tersebut sampai penuh untuk menyimpan file, khususnya foto karena saat ini memang banyak orang mengalami demam selfie. Untuk itu, kalian perlu memindahkannya di laptop. Ada beberapa cara. Salah satunya adalah dengan iTunes. Oleh karena itu, kita akan membahas cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop menggunakan iTunes.

Kenapa Harus Memakai iTunes?

Cara memindahkan file dari iPhone ke laptop menggunakan iTunes adalah pilihan paling tepat. iTunes merupakan sebuah aplikasi didesain khusus untuk untuk pengguna produk Apple. Aplikasi ini bisa membantu kalian mengontrol data-data, mengunduh berbagai aplikasi, termasuk mentransfer file ke perangkat lain atau sebaliknya. Jika tidak memiliki aplikasi ini, maka perangkat iPhonemu tidak akan bisa terdeteksi oleh perangkat lain seperti PC ataupun laptop. Itulah kenapa kalian harus menggunakan aplikasi ini.

Langkah-langkah Memindahkan Foto

Ada beberapa langkah yang perlu kalian ikuti. Langkah-langkah berikut ini tergolong mudah sehingga siapapun pasti bisa melakukannya. Namun, kalian harus mengikutinya dengan benar agar file bisa dipindah ke komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pasang iTunes di Laptop

Pertama, pastikan kalian memiliki aplikasi iTunes. Jika tidak, kalian bisa mendownloadnya secara gratis dan mudah. Instal apk ini di laptopmu agar perangkat Applemu bisa terdeteksi. Pastikan, aplikasi yang kalian download dan instal adalah versi terbaru. Agar tidak tertipu, sebaiknya kalian mendownloadnya di situs resmi Apple.

  1. Sambungkan iPhone ke Laptop

Apabila apk tersebut sudah terinstal, langkah selanjutnya adalah menghubungkan atau menyambungkan smartphone buatan Apple tersebut ke laptomu. Bila apk tadi benar-benar sudah terinstal, seharusnya perangkat sudah bisa terdeteksi. Namun jika tidak, bisa jadi ada masalah pada kabel ataupun apk yang kamu instal tadi.

  1. Buka Portable Device iPhone

Bila perangkat sudah dapat terdeteksi, silahkan minimize apk tadi, jangan close. Setelah itu, buka File Explore pada laptop kamu kemudian silahkan lihat dan cek phone folder pada bagian kiri layar. Ponsel iPhone seharusnya sudah muncul pada File Explore apabila sudah terdeteksi. Selanjutnya, buka drive itu dengan cara klik seperti halnya jika kalian membuka flashdisk, memory card, atau sejenisnya.

  1. Pindahkan File dari iPhone

Langkah terakhir cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop menggunakan iTunes adalah seperti memindahkan file pada umumnya. Setelah membuka file yang ada di iPhone, langsung saja pilih foto mana saja sesuai keinginan anda. Kalian bisa memindahkannya satu per satu ataupun banyak sekaligus. Caranya, file foto tersebut di cut atau copy kemudian paste pada ruang penyimpanan di laptop sesuai keinginan anda. Alternative lainnya adalah dengan men drag foto-foto tersebut ke folder C, D, E atau lainnya di laptopmu. Pastikan jika memory laptop masih tersedia banyak sehingga tidak mengganggu proses pemindahan.

Itulah cara mentransfer foto dari iPhone ke laptop menggunakan iTunes. Proses pemindahan file tersebut bisa berlangsung beberapa detik, menit, atau bahkan jam, tergantung banyaknya foto yang akan dipindah serta ukuran dari masing-masing file tersebut. Semakin besar ukuran kapasitas filenya atau semakin banyak file yang ingin dipindah, maka semakin lama pula prosesnya. Apabila memory pada laptopmu penuh, hal itu bisa menyebabkan kegagalan dalam pemindahan.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Pemindahan Foto Selesai?

Setelah proses transfer file tersebut usai, kalian bisa segera mengeluarkan serta non aktifkan perangkat tersebut sesuai prosedur. Hal ini bertujuan agar tidak ada virus yang tertinggal pada laptopmu. Mungkin, bisa saja ada virus pada iPhonemu. Hal ini sangat perlu dilakukan khususnya laptop bersistem operasi Windows. Faktanya, Windows memang bagus, namun rentan pada serangan virus, khususnya berasal dari luar seperti HP, flashdisk, dan lain sebagainya.

Ya, memang semudah itulah memindahkan foto ke komputer anda. Selain untuk laptop, cara di atas juga bisa digunakan pada jenis komputer lain, yaitu PC. Apabila sudah selesai memindah, kalian bisa menghapus file-file pada iPhonemu agar memory tidak penuh lagi. Jangan khawatir karena file tersebut sudah tersimpan aman di laptopmu. Dengan ruang penyimpanan lebih besar, kalian bisa lebih leluasa menggunakan iPhonemu seperti download game, aplikasi tertentu, dan lain sebagainya. Mungkin juga anda merasa lebih aman jika menyimpan file seperti foto di laptop ketimbang pada smartphone meskipun itu iPhone, yang terkenal kualitasnya. Selain itu, kalian juga akan bisa melihat foto-foto tadi lebih puas dan nyaman melalui laptopmu karena layarnya tentu saja jauh lebih besar dan lebar. Pastinya, memindahkan foto ataupun file lain sangat diperlukan, meskipun hanya untuk mem backup file penting agar tidak hilang.

Itulah cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop menggunakan iTunes. Sangat mudah, bukan? Cara di atas bisa digunakan juga untuk laptop bersistem operasi Windows terbaru yaitu Windows 10 ataupun sistem operasi lain seperti Mac dan iOS. Awalnya, mungkin saja kalian pikir hal ini cukup susah karena iPhone memiliki tingkat keamanan begitu tinggi. Tapi, setelah memahami cara di atas, pasti kalian semua bisa melakukannya sekarang.

Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop Menggunakan iTunes dengan Praktis | admin | 4.5