Cara Memindahkan Database e-SPT ke Komputer Lain Dengan 5 Langkah Mudah

Seperti yang anda ketahui, aplikasi e-SPT adalah satu program yang digunakan banyak orang untuk mengatur dokumen perpajakan. Aplikasi ini sangat berguna dan membantu, tentu saja. Oleh karenanya, orang-orang mengandalkannya dan menggunakannya untuk input data dalam waktu yang lama. Karena kehadiran aplikasi seperti inilah, kita tidak perlu lagi melakukan penulisan data secara manual yang pastinya memakan tenaga, ketelitian, ketekunan, dan waktu yang lama. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi seperti inilah, kita dapat membuat segalanya lebih mudah. Akan tetapi, suatu saat ini anda akan mencari cara memindahkan database e-SPT ke komputer lain.

Kenapa demikian? Sebagus apapun aplikasi ini bagi pengguna, ada kalanya hal-hal yang menghalangi bermunculan sampai kita harus memindahkan database dari satu PC ke PC lain. Salah satu kasusnya adalah ketika pengguna harus menggunakan komputer baru. Data yang terinput tentu sudah terlalu banyak sehingga tidak memungkinkan pengguna untuk melakukan input ulang. Jika demikian, mungkinkah pemindahan data dapat dilakukan? Anda tidak perlu khawatir karena ada satu prosedur yang bisa kita coba. Prosedur ini hanya membutuhkan 5 langkah untuk mensukseskan proses pemindahan. Berikut akan kami beritahukan dan jelaskan satu per satu setiap langkahnya agar lebih jelas dan dapat dipraktekkan jika diperlukan.

  1. Copy Database ke Flashdisk atau CD

Pertama-tama, kita perlu meng-copy data lama dari komputer lama ke flashdisk. Anda pun bisa burn data tersebut ke CD. Seperti yang anda ketahui, database dapat anda temukan di dalam salah satu folder Local Disk C. Misal lokasinya di C:\Program Files\DJP\eSPT PPh 21-26\Database. Di dalamnya, akan kita temukan file dengan nama default db1721.mdb. File inilah yang harus anda pindahkah dari data lama dengan cara copy ke flashdisk atau burn ke CD. Untuk menandainya sebagai data lama, rename file tersebut. Dengan begitu, langkah pemindahan database e-SPT ke PC lain akan segera kita mulai. Apa yang perlu kita lakukan selanjutnya juga hanyalah langkah-langkah mudah dilakukan.

  1. Instal Aplikasinya ke Komputer Baru

Kedua, alihkan perhatian anda ke komputer baru karena mulai dari sinilah fokus prosedurnya akan berkutat. Yang perlu anda lakukan di sini adalah men-download aplikasi e-SPT terlebih dahulu, tentunya. Setelah proses download selesai, tentunya anda perlu menginstal aplikasi tersebut di komputer kita yang baru karena database hanya bisa dibuka dengan program ini. Selain itu, anda akan melakukan input data ke depannya dengan menggunakan PC baru tersebut. Sudah pasti, instalasi program tersebut harus dilakukan di sana. Dengan begitu, anda pun bisa mengakses data-data lama jika memang diperlukan tanpa harus melakukan input ulang yang memakan waktu lama.

  1. Pastekan Data Lama Anda ke PC Baru

Ketiga, langkah selanjutnya untuk cara memindahkan database e-SPT ke komputer lain adalah mempastekan data lama yang sudah direname tadi ke folder data di PC baru anda. Contoh lokasinya adalah di C:\Program Files\DJP\eSPT PPh 21-26\Database. Seperti yang anda ketahui, proses pemindahannya pada dasarnya hanya meng-copy pastekan data dari PC lama ke komputer satunya. Namun, prosesnya tentu tidak sesederhana kedengarannya. Ada hal-hal lain yang masih perlu dilakukan untuk menyelesaikan prosedur transfer ini agar anda dapat dengan sukses melakukan pemindahan dan dapat menggunakan aplikasi di PC baru dengan dapat mengakses data lama kita.

  1. Setting ODBC Untuk Pengkoneksian

Keempat, dibutuhkan pengkoneksian antara database lama pada PC baru. Oleh karena itulah, ODBC (DSN System) perlu dilakukan pen-settingan. Untuk melakukannya, kita perlu masuk ke Control Panel. Lalu, klik pilih Administrative Tools. Kemudian, masuk ke Data Source (ODBC) dan pilih System DSN. Temukan dan pilih DBPPHMASAV3, Configure, lalu Select. Setelah itu, arahkan pointer ke lokasi database anda, seperti di C:\Program Files\DJP\eSPT PPh 21-26\Database. Di kolom Database Name, pilihlah file data lama yang sebelumnya sudah kita pastekan. Tindakan ini mengakhiri langkah keempat prosedur pemindahan database ini. Namun, masih ada 1 langkah lagi yang perlu dilakukan.

  1. Pastikan Data Lama Dapat Dibuka

Kelima, kita hanya perlu meng-klik OK terus sampai keluar untuk melanjutkan langkah keempat sebelumnya. Dengan begitu, aplikasi e-SPT di PC baru kita sudah terkoneksi dengan database lama yang terpilih. Setelah itu, coba jalankan program baru tersebut, lalu lakukan pengecekan konten database. Pastikan bahwa data lama anda dapat berhasil dibuka di PC baru. Jika anda ikuti langkah-langkah di prosedur ini dengan baik, anda tentu berhasil melakukan pentransferan database e-SPT ke komputer baru. Prosedur ini tentu tidaklah sulit diikuti. Bila anda perlu melakukan pemindahan data, tidaklah salah bagi kita untuk mencoba prosedur satu ini. Tidak perlu lagi kita melakukan input ulang.

Kesimpulan

Bagaimana cara memindahkan database e-SPT ke komputer lain menurut anda setelah membahas prosedur di atas? Ini adalah solusi tepat untuk menangani masalah pemindahan data perpajakan. Tentunya, anda bisa membayangkan betapa merepotkannya jika kita harus melakukan penginputan ulang, mengingat data yang disimpan pastilah sangat banyak jumlahnya. Jika kita bisa melakukan pentransferan dengan solusi seperti ini, patutlah kita mencobanya demi cepat terselesaikannya proses pemindahan dan program siap digunakan kembali untuk segala urusan penginputan perpajakan kita selanjutnya. Perkembangan teknologi membuat segalanya kini menjadi lebih mudah. Yang perlu kita lakukan adalah memanfaatkannya sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan kita.

Cara Memindahkan Database e-SPT ke Komputer Lain Dengan 5 Langkah Mudah | admin | 4.5