Cara Membersihkan RAM PC Untuk Mempercepat Kinerja Perangkat Anda

Salah satu permasalahan yang kerap melanda sebuah PC adalah performa buruk. Apalagi jika digunakan untuk kebutuhan multitasking. Lemot sekali sehingga berdampak pada penyelesaian pekerjaan. Ada dua hal yang berpotensi menjadikan komputer lemot. Pertama karena masalah hardware tidak memadai. Dan kedua dikarenakan banyaknya software berjalan pada background. Jika yang terjadi adalah masalah pertama, mengupgrade atau menambah RAM bisa menjadi solusi. Sedangkan untuk mengatasi masalah kedua, penyelesainnya hanya perlu membersihkan dan mempercepat RAM di Windows. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi jenis permalasalahan kedua, yaitu cara membersihkan RAM PC.

5 Cara Membersihkan RAM PC

Ada 5 cara yang bisa anda lakukan sebagai solusi membersihkan RAM PC. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kinerja PC menjadi lebih stabil dan tidak lemot. Langsung saja simak caranya di bawah ini.

1)    Jalankan Fitur ReadyBoost

Microsoft mempunyai fitur readyboost yang memungkinkan anda untuk menambah memori virtual dari flashdisk sebagai solusi pengganti RAM. Pengaruhnya memang tidak terlalu besar, namun pada beberapa kasus cukup efektif karena akan meningkatkan waktu load sampai 75%. Jika komputer anda memiliki RAM kecil misalnya kurang dari 2 GB, solusi ini bisa membantu. Ada beberapa syarat USB agar bisa digunakan sebagai Readyboost yaitu sebagai berikut.

     waktu akses 1 milidetik atau kurang

     256 MB dari memori

     kecepatan membaca sebesar 2.5 MB per detik untuk membaca setiap 4 kb

     kecepatan menulis 1.75 MB per detik untuk menulis setiap 512 kb

Beberapa syarat di atas sudah menjadi standart umum USB saat ini. Cara untuk mengaktifkannya juga cukup mudah, anda hanya tinggal mengklik kanan USB Drive kemudian pilih properties. Setelah itu klik tab Readyboost. Pada menu radio button, pilih Use this device dan gunakan slider untuk mengatur besar memory virtual. Jika format USB menggunakan FAT32 anda akan memperoleh memori virtual 4 GB. Sedangkan jika format USBnya NTFS, anda akan memperoleh memori virtual hingga 32 GB.

2)    Gunakan Windows Task Manager dan Resource Monitor

Windows Task Manager juga menjadi salah satu cara ampuh dalam membersihkan RAM. Cara ini juga sudah menjadi rahasia umum yang diandalkan setiap pengguna PC. Buka Windows Task Manager kemudian klik tab Processes. Dari sini anda akan mengetahui aplikasi apa saja yang sedang bekerja dan menghabiskan resource memory. Lebih jelasnya lagi buka tab Performance dan klik Resource Monitor kemudian klik tab memory. Penggunaan memori dari setiap aplikasi aktif akan terlihat dengan jelas.

Perlu anda pahami bahwa, beberapa aplikasi dari system Windows memang membutuhkan alokasi memori yang banyak. Namun, jika aplikasi itu bukan berasal dari system, maka sebaiknya dimatikan atau di End Task.

3)    Disable atau Uninstall Software yang Tidak Perlu

Cara membersihkan RAM PC yang selanjutnya adalah dengan mendisable atau menguninstall software yang tidak perlu. Saat membuka Windows Task Manager atau Resource Monitor, akan muncul beberapa aplikasi yang selalu aktif bahkan setelah dimatikan. Meski sudah dilakukan restart komputer, aplikasi atau software tersebut masih ada. Jika software jarang digunakan, sebaiknya diuninstal atau disable saja. Dan aktifkan hanya jika sedang membutuhkannya. Caranya masuk ke menu Task Manager kemudian pilih tab Startup. Anda bisa menemukannya di pilihan more detail.

Di tab Startup tersebut akan terdapat daftar aplikasi yang berjalan otomatis saat startup. Jika ingin menonaktifkan salah satu aplikasi yang tidak diinginkan, caranya adalah klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Disable. Dan jika ingin mengaktifkannya kembali klik Enable.

4)    Gunakan Software Pembersih RAM

Jika tidak terlalu mengerti dengan cara kerja Windows Task Manager, anda bisa menggunakan software khusus pembersih RAM. Software tersebut akan mengincar setiap aplikasi yang menyedot banyak memori dan menonaktifkan akses mereka. Selanjutnya memori menjadi lebih bebas dan bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya.

Tapi tetap disarankan anda belajar mengenai Task Manager. Karena penggunaannya lebih aman dan lebih efektif. Beberapa pengguna yang memanfaatkan software pembersih tidak berhasil mengatasi permasalahan terkait RAMnya. Anda juga perlu berhati-hati saat memilih software pembersih. Beberapa diantaranya mengandung malware yang justru akan membahayakan perangkat anda.

5)    Abaikan Tampilan dan Tingkatkan Performa

Penggunaan skin pack atau mengganti tampilan Windows juga bisa berdampak pada kinerja PC. Penggunaan RAM menjadi teralihkan pada software tersebut. Solusinya tentu saja dengan menguninstall skin pack tersebut. Sehingga performa akan meningkat dari sebelumnya. Jika ternyata sudah tidak menggunakan skin pack tapi Windows masih lemot, kemungkinan anda harus mengoptimasinya. Lakukan pengaturan pada visual effect Windows.

Klik Start, pada pilihan Computer klik kanan kemudian pilih Properties. Masuk ke menu Advanced system settings. Maka akan muncul windows system properties. Klik menu setting pada performance. Anda akan masuk pada tab Visual Effect. Di bagian inilah anda bisa mengatur sesuai kebutuhan. Pilih Best Appearance jika anda membutuhkan tampilan terbaik. Dan pilih Best Performance jika anda menginginkan kinerja terbaik.

Jika kelima cara di atas sudah anda coba namun permalasalahan belum juga teratasi, itu artinya anda harus mengupgrade atau menambah RAM. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berarti masalah yang anda alami saat ini adalah jenis masalah pertama yaitu disebabkan oleh hardware yang tidak memadai. Jika menambah RAM, perhatikan dulu motherboardnya. Berapa memori maksimal yang disupport. Selain itu juga perlu disesuaikan dengan tipe Windows. Misalnya Windows 7 32-bit memerlukan RAM minimal 1 GB dan 64-bit minimal 2 GB.

Itu tadi 5 cara membersihkan RAM PC yang bisa anda coba untuk mengoptimalkan performa perangkat anda. Semoga berhasil.

Cara Membersihkan RAM PC Untuk Mempercepat Kinerja Perangkat Anda | admin | 4.5