Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo Dengan Alternatif Untuk Menyesuaikan Serinya

Tentunya, anda memahami bahwa akses BIOS merupakan hal penting tidak peduli merk laptop apa yang pengguna miliki. Hal ini dikarenakan BIOS adalah sistem pengaturan laptop, termasuk urutan hardware saat booting. Sistem ini berisi kumpulan perintah yang bertujuan untuk menginisialisasi perangkat keras. Oleh karena itu, kehadirannya sangat penting dan tidak bisa dianggap remeh. Sembarangan melakukan update saja dapat mengakibatkan laptop mati total. Untuk itulah diperlukan pengetahuan cukup untuk mengakses BIOS. Umumnya, tombol fungsi F atau delete adalah kuncinya. Tetapi, cara masuk BIOS laptop Lenovo sedikit berbeda dari laptop pada umumnya.

  1. Nyalakan Laptop Dengan Menekan Power

Seperti semua orang ketahui, cara akses ke sistem ini selalu diawali dengan menyalakan komputer portabel. Jika dari keadaan mati, tentu saja kita perlu menekan tombol power untuk menyalakannya. Akan tetapi, dari keadaan hidup, kita perlu memulai prosedur pengaksesan BIOS dengan menekan tombol restart. Perhatikan baik-baik langkah selanjutnya untuk kita lakukan. Seperti prosedur masuk sistem pada umumnya, jarak waktunya dari langkah pertama ke langkah ke dua hanyalah dalam hitungan detik saja. Begitu pengguna menyalakan laptop Lenovo, pengguna sudah harus bersiap-siap untuk melakukan langkah berikutnya. Ketahui langkah berikutnya sebelum memulai prosedur di sini.

  1. Tekan Tombol Dengan Kombinasi Fn dan F1

Setelah komputer portabel dinyalakan, kita akan dengan segera memasuki proses booting. Setelah laptop mengalami booting, ada tombol khusus untuk kita tekan. Tombol untuk ditekan pada laptop ini adalah Fn dan F1. Memang, kita masih menggunakan fungsi F. Namun, ketika laptop lain memerlukan tombol F2, laptop Lenovo memerlukan kombinasi Fn dan F1. Meski begitu, perlu pengguna ketahui bahwa kombinasi tombol ini biasanya hanya berlaku untuk Lenovo seri ThinkPad. Jika laptop pengguna adalah seri ini, cobalah kombinasi tombol ini. Tentu, proses pengaksesan BIOS Lenovo dapat berjalan lancar dan sesuai harapan. Apabila tidak, ada cara lain untuk pengguna coba.

  1. Tekan Tombol Dengan Kombinasi Fn dan F2

Bagaimana jika laptop anda adalah komputer portabel seri lain? Tidak ada hal untuk dikhawatirkan karena ada alternatif lain untuk anda coba di sini. Cara lain tersebut tidak lain adalah dengan menggunakan kombinasi Fn dan F2. Perlu anda ketahui bahwa cara ini biasanya berhasil untuk Lenovo seri G405 atau seri G lainnya. Bila seri tersebut adalah seri anda, coba gunakan langkah ke tiga ini setelah anda mengikuti langkah pertama di atas. Bila anda ikuti prosedur dengan benar, tentunya anda akan berhasil mengakses menu BIOS. Sekarang anda memahami bahwa seri berbeda memang membutuhkan cara sedikit berbeda pula.

  1. Tekan Tombol F1 Untuk Mengakses Sistem

Bagaimana dengan cara masuk BIOS laptop Lenovo seri lainnya lagi? Memang, seri Lenovo tidaklah hanya seperti yang sudah disebutkan di atas. Ada banyak seri-seri baru yang dikeluarkan oleh Lenovo dari waktu ke waktu. Oleh karena itulah, kita memerlukan cara yang baru pula untuk dapat masuk ke sistem. Kali ini, cara yang kita perlukan adalah dengan menekan tombol F1. Kita tidak memerlukan tombol kombinasi lagi dalam kasus ini. Alternatif tersebut berlaku dan biasanya berhasil untuk Lenovo seri IdeaPad. Setidaknya, sejauh ini tiga alternatif inilah yang telah diketahui dapat membuat kita mengakses menu BIOS di laptop merk tersebut.

  1. Masuk ke Menu BIOS Yang Ada Pada Lenovo

Untuk mengetahui berhasil tidaknya pengguna masuk ke sistem BIOS, pengguna dapat melihat sendiri tampilan apa yang didapat di layar laptop. Seperti yang kita umumnya ketahui, tampilan khas BIOS adalah tampilan biru abu-abu. Jika anda benar dapat masuk ke sistem tersebut, maka anda sudah berhasil masuk ke sistem sekaligus menemukan alternatif yang tepat untuk Lenovo dengan seri yang anda miliki. Pengaksesan BIOS laptop Lenovo tentu bukan hal yang membingungkan lagi bagi anda. Bila anda lakukan prosedur ini sendiri pun, anda dapat mengetahui cara masuk ke sistem dan melakukannya sendiri kapanpun anda butuhkan. Tidak perlu pengguna pergi ke tempat service.

  1. Atur Konfigurasi Hardware Sesuai Kebutuhan

Begitu anda berhasil masuk ke BIOS, pengguna dapat dengan segera mengakses pengaturan sistemnya. Ketika sudah masuk ke dalamnya, anda dapat mulai melakukan konfigurasi hardware sesuai yang menjadi kebutuhannya. Pada langkah inilah, pengguna dapat mengatur sistem operasi yang diinginkan juga. Apapun yang menjadi kebutuhan anda, atur konfigurasinya dengan benar sebelum anda keluar dari menu sistem ini. Dengan begitu, akan kita dapatkan hasil yang kita inginkan untuk tujuan apapun kita mengakses sistem BIOS. Bagaimana menurut anda? Bukankah prosedur ini cukup mudah untuk dicoba ikuti sendiri? Praktekkan sendiri cara ini pada laptop anda.

Kesimpulan

Berdasarkan diskusi cara masuk BIOS laptop Lenovo di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa laptop Lenovo memiliki setidaknya tiga alternatif prosedur yang setiap dari ketiganya merupakan pilihan yang tepat untuk Lenovo seri tertentu. Prosedurnya tidak jauh berbeda satu sama lain, bahkan bila dibandingkan dengan prosedur pada umumnya. Akan tetapi, yang membedakan adalah tombol apa yang harus ditekan setelah pengguna nyalakan laptop dan masuk booting. Beberapa serinya memerlukan satu tombol saja, tetapi ada banyak seri lain juga yang menggunakan kombinasi dua tombol. Pastikan prosedurnya sesuai dengan seri laptop Lenovo milik anda demi kesuksesan akses.

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo Dengan Alternatif Untuk Menyesuaikan Serinya | admin | 4.5