Cara Masuk BIOS Laptop HP Dengan 3 Cara Mudah Tanpa Menekan Tombol F2

BIOS memiliki peran penting dalam proses penghidupan komputer. Peran-peran tersebut meliputi proses inisialisasi, pengecekan perangkat yang terpasang, dan pencarian lokasi booting untuk memasuki sistem yang sudah dipasang. Beberapa konfigurasi dasar komputer perlu diatur dan kita perlu masuk ke menu BIOS untuk itu. Sebelumnya, mungkin pengguna pernah mendengar bahwa untuk masuk ke menu tersebut kita hanya perlu menekan F2. Namun, ketika dicoba, cara ini tidak tidaklah berhasil meskipun tidak ada masalah dengan laptop pengguna. Jika demikian, berikut kami beritahukan 3 cara masuk BIOS laptop HP dengan prosedur langkah mudah untuk diikuti semuanya.

  1. Prosedur Masuk BIOS Dengan Tombol F9

F2 bukanlah tombol satu-satunya yang dapat memungkinkan semua pengguna laptop untuk masuk ke sistem. F9 juga akan dapat menjadi alternatifnya. Namun, prosedur yang perlu diikuti tentu berbeda pula. Seperti halnya tombol ESC, tombol yang satu ini juga akan mengarahkan kita pada pilihan menu boot pada akhirnya. Untuk memulai prosedurnya, pengguna harus melakukan restart atau hidupkan saja laptop HP bila dalam keadaan mati sebelumnya. Langkah pertama ini juga merupakan langkah sama pada umumnya orang mulai untuk masuk sistem BIOS. Tentu saja, prosedurnya tidak berhenti hanya sampai di sini saja. Ada beberapa hal lainnya untuk kita lakukan.

Langkah berikutnya tidak lain adalah dengan segera menekan F9. Ingat, jangan menunggu waktu terlalu lama untuk menekan tombol ini. Pastikan anda tekan dan tahan sebelum akhirnya power button pun ditekan. Kemudian, akan muncul di layar pilihan menu boot. Dalam salah satu pilihan tersebut, pengguna hanya perlu memilih pilihan masuk ke sistem BIOS. Dengan begitu, kita sudah berhasil mengikuti prosedur ini dan akan bisa kita mulai mengatur konfigurasi dasar sesuai dengan kebutuhan. Bukankah cara ini sangat mudah untuk anda coba sendiri. Diperlukan sedikit coba-coba tentunya sampai anda berhasil masuk sistem. Namun, prosedur ini memang sangat patut kita coba.

  1. Prosedur Masuk Menu Dengan Tombol F10

Selain F9, pengguna juga dapat menggunakan F10 tentunya. Sebenarnya, cara yang harus kita ikuti tidaklah jauh berbeda. Namun, ada beberapa hal untuk diperhatikan karena terdapat sedikit perbedaan dan ada pula hal yang alangkah baiknya perlu anda ketahui. Pertama-tama, anda dapat memulai prosedur ini dengan me-restart laptop bila dalam keadaan hidup. Tentu saja, pengguna perlu menekan power button jika dalam keadaan mati. Kali ini, yang perlu pengguna tekan adalah F10. Pastikan untuk ditekan dengan segera. Akan tetapi, tombol ini perlu ditekan secara berulang-ulang bukan dengan menekan dan menahannya agar pengguna bisa berhasil memasuki menu BIOS.

Perlu kita ketahui dalam cara masuk BIOS laptop HP ini bahwa fitur Fast Startup pada Windows 8 atau Windows 10 mungkin akan menghambat usaha anda dalam memasuki menu BIOS. Fiturnya membuat laptop terbuka dengan cepat, sehingga kita terlambat menekan F10. Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengakalinya, kita bisa menekan dan menahan tombol tersebut terlebih dahulu. Baru kemudian pengguna perlu menekan power button. Dengan begitu, kita tidak akan kalah cepat dengan kecepatan startup fitur Windows 8 dan 10 di atas. Jika berhasil, pengguna dapat langsung masuk ke menu sistem yang dimaksudkan di atas. Jika tidak, mari perhatikan alternatif lain berikut.

  1. Prosedur Masuk Menu Dengan Tombol ESC

Ada satu tombol keyboard lagi untuk membantu kita memasuki sistem. Kali ini, yang harus kita gunakan adalah ESC button. Prosedur masuk menu BIOS laptop ini tidak jauh berbeda dari kedua prosedur yang sudah kita bahas sebelumnya. Akan tetapi, lebih baik kita jelaskan lebih lanjut agar anda dapat memahaminya dengan baik. Pertama-tama, seperti sepengetahuan anda, kita perlu memulai prosedur ini dengan melakukan restart pada laptop kita bila dalam keadaan hidup atau hidupkan saja laptop seperti biasa bila dalam keadaan mati. Setelah itu, pengguna diharuskan menekan ESC button tersebut segera dan secepat mungkin bila menggunakan Windows 8 atau 10.

Pastikan anda menekan tombol tersebut berulang kali dengan cepat. Jika kita sudah benar melakukannya, maka akan muncul pilihan menu boot pada layar laptop anda. Dalam salah satu pilihan terpapar di layar, terdapat menu BIOS tentunya. Pilih menu tersebut untuk memasukinya. Dengan begitu, anda sudah selesai mengikuti prosedur dan berhasil masuk sistem tersebut. Seperti halnya prosedur sebelumnya, fitur Fast Startup adalah satu yang perlu anda perhatikan dalam prosesnya. Proses bootingnya yang cepat dan hanya dalam hitungan detik dapat membuat kita kalah cepat dalam menekan tombol yang dimaksud. Pastikan anda pertimbangkan apa yang disarankan.

Kesimpulan

Demikian 3 cara masuk BIOS laptop HP yang dapat kami sampaikan pada anda, para penggunanya. Setelah membahasnya secara lebih dalam, tentunya anda menyadari bahwa ketiga cara di atas kurang lebih memerlukan langkah yang sama meski tombol yang ditekan berbeda. Akan tetapi, tentu anda tahu bahwa ada beberapa detail yang perlu diperhatikan di setiap caranya. Dari diskusi di atas, kita juga dapat menyimpulkan bahwa diperlukan cara yang berbeda untuk masuk ke sistem di laptop yang berbeda pula. Di mana pada umumnya tombol F2 adalah yang dibutuhkan, dalam kasus ini tombol F9, F10, atau ESC adalah apa yang kita butuhkan. Pastikan merk laptop anda terlebih dahulu.

Cara Masuk BIOS Laptop HP Dengan 3 Cara Mudah Tanpa Menekan Tombol F2 | admin | 4.5