Cara Masuk BIOS Laptop ASUS Dengan Beberapa Langkah Mudah Untuk Kita Ikuti

Apakah anda pengguna laptop, netbook, atau notebook? Jika iya, tentunya akan ada suatu waktu ketika pengguna ingin atau perlu melakukan penginstalan ulang. Bila demikian, tentu anda tahu bahwa kita perlu masuk ke pengaturan BIOS untuk melakukannya. Namun, prosedur masuknya tergantung pada merk laptop pengguna miliki. Pastikan anda mengikuti prosedur yang benar sesuai dengan merk laptop. Bagaimana dengan ASUS? Jika ini merk miliki anda, berikut akan kami sampaikan beberapa langkah prosedur untuk membantu masuk ke menu BIOS di dalam laptop. Mari segera kita mulai saja penjelasan cara masuk BIOS laptop ASUS dalam kesempatan kita kali ini di sini.

  1. Hidupkan dan Siap Siaga Langkah Berikutnya

Langkah pertama untuk dilakukan tidak lain adalah menyalakan laptop. Seperti yang sudah kita ketahui tentunya, kita hanya perlu menekan tombol power untuk melakukannya. Akan tetapi, pengguna tidak diperbolehkan lengah di antara langkah pertama dan kedua. Bagaimana tidak? Tampilan BIOS harus didapatkan sebelum laptop masuk pada boot sistem operasinya. Oleh karena itulah, pastikan pengguna tahu apa yang harus dilakukan untuk langkah selanjutnya terlebih dahulu sebelum mencoba prosedur ini. Dengan begitu, kita dapat siap siaga antara langkah pertama ke langkah yang ke dua dan tidak terlambat tentunya.

  1. Tekan Tahan Tombol F2 Dengan Secepatnya

Setelah tombol power ditekan, akan kita dapati layar laptop kita menampilkan tampilan logo ASUS dengan latar belakang hitam seperti biasa. Di saat itulah, pengguna harus secepatnya menekan dan tahan tombol F2 pada keyboard laptop kita. Pastinya, langkah ini kerap anda dengar sebelumnya, bukan? Karena tombol ini pada umumya orang gunakan untuk memasuki BIOS. Masuk menu BIOS laptop ASUS juga demikian, untungnya. Namun, ada banyak perbincangan bahwa tombol F2 bukanlah satu-satunya tombol yang pernah orang tekan setelah menyalakan laptop. Ada kasus di mana tombol ini bekerja untuk beberapa orang, tetapi tidak dengan lainnya. Lalu harus bagaimana?

  1. Coba Ganti Tombol F2 Dengan Tombol DEL

Jika tombol F2 berhasil untuk anda, kita tidak perlu susah-susah mencari alternatif lain. Akan tetapi, bila anda gagal dalam melakukannya, masih ada alternatif lain untuk dicoba untuk ikuti setelah penyalaan mesin laptop. Dengan kata lain, kita perlu mengganti langkah ke dua di atas dengan langkah lain. Langkah lain itu tidak lain adalah dengan menggunakan tombol DEL di pojok kanan paling atas keyboard kita. Cara masuk sistemnya sama seperti di atas. Yang membedakan hanyalah tombol yang harus anda tekan. Coba praktekkan alternatif ini dan lihat apakah tombol ini merupakan tombol tepat dalam kasus laptop anda.

  1. Gunakan Alternatif F2 dan DEL Bergantian

Apabila cara masuk BIOS laptop ASUS tersebut di atas juga tidak berhasil, masih ada satu lagi alternatif untuk digunakan. Alternatif yang kami sarankan kali ini adalah menggunakan kombinasi kedua tombol di atas. Anda tidak perlu khawatir. Cara masuk sistemnya dengan penekanan tombol kurang lebih sama seperti kedua alternatif sebelumnya. Akan tetapi, karena ada dua tombol yang digunakan dalam cara ini, yang perlu kita lakukan ketika proses penekanannya adalah dengan menekannya secara bergantian. Jika cara ini berhasil dalam kasus anda, langkah selanjutnya akan menunjukkan apakah anda benar sukses atau tidak. Ada hal untuk menentukan kesuksesan hal ini.

  1. Muncul Tampilan Baru di Layar Laptop Kita

Alternatif manapun pengguna pilih dari 2, 3, atau 4 di atas, jika berhasil akan memunculkan tampilan baru di layar laptop pengguna. Lakukan langkah sebelumnya sampai tampilan ini keluar dan tidak malah masuk pada boot sistem operasinya. Tampilan baru yang kami maksudkan di sini adalah tampilan khas BIOS berwarna biru dengan kolom abu-abu bertuliskan informasi sistem. Bila ini adalah tampilan yang anda dapatkan pada layar, maka anda telah berhasil masuk BIOS pada laptop ASUS. Ulangi sekali lagi dari langkah pertama di atas jika anda gagal mendapatkan tampilan biru ini. Tidak ada salahnya kita coba lagi bila gagal, bukan?

  1. Atur Sistem Operasi Laptop Yang Diinginkan

Setelah pengguna berhasil masuk ke sistem BIOS, pengguna dapat mengatur konfigurasinya sesuai kebutuhan. Dari sinilah, kita juga bisa menentukan sistem operasi apa yang akan kita gunakan mulai dari setelah selesainya proses instalasi ulang laptop hingga ke depannya. Sistem operasi apapun bisa menjadi pilihan anda. Pilih sesuai keinginan dan selesaikan proses intalasi agar laptop dapat digunakan untuk bekerja kembali. Memang dibutuhkan percobaan alternatif masuk BIOS. Akan tetapi, jika sudah kita temukan alternatif mana yang bekerja untuk kita, pengguna tidak perlu bingung lagi melakukannya di suatu kesempatan lain.

Kesimpulan

Demikian cara masuk BIOS laptop ASUS yang bisa kami sampaikan. Memang, ada beberapa langkah yang harus kita ikuti di sini. Akan tetapi, prosedur di atas sudah mencakup alternatif-aternatif lain apabila cara satu tidak berhasil dalam kasus anda. Tentu, diperlukan percobaan dan bahkan mungkin kegagalan dalam prosesnya. Meski begitu, mempraktekkan prosedur ini sendiri memberikan pengalaman yang berharga. Tidak perlu lagi anda bingung bila tidak ada yang bisa kita andalkan untuk membantu kita masuk sistem BIOS saat dibuthkan. Anda pun akan tahu alternatif mana yang mempan untuk laptop anda. Prosedur ini patut dicoba apalagi apabila ingin tahu bagaimana caranya.

Cara Masuk BIOS Laptop ASUS Dengan Beberapa Langkah Mudah Untuk Kita Ikuti | admin | 4.5