Cara Install Ulang Laptop Windows Vista/7/8/10

Di jaman modern seperti sekarang ini, kebutuhan manusia terhadap laptop semakin tinggi saja. Namun tak jarang kinerja benda tersebut terganggu oleh beberapa permasalahan. Akibatnya beberapa pekerjaan menjadi terhambat dan menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya saja masalah pada Operating System (OS) yang biasanya disebabkan virus. Virus memang bisa diatasi dengan aplikasi antivirus, namun untuk beberapa jenis virus ada yang membuat OS semakin bermasalah. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah melakukan penginstalan ulang. Mengenai bagaimana cara install ulang laptop akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Cara Install Ulang Laptop

Di bawah ini merupakan langkah-langkah install ulang laptop yang bisa diterapkan oleh pengguna OS Windows Vista/7/8/10.

Tahap Persiapan

  1. Lakukan Back Up data pada OS lama. Sebelum melakukan penginstalan ulang, lakukan back up data-data yang penting. Khususnya yang disimpan di Local Disk C. Karena pada saat penginstalan disk tersebut akan diformat untuk diinstall dengan OS baru. anda bisa menyimpannya di CD, flash disk, maupun hardisk eksternal. Buatlah folder khusus agar lebih mudah menemukannya.
  2. Hubungkan Laptop ke Sumber Listrik. Terkadang proses instal ulang membutuhkan waktu yang cukup lama. Menghubungkan perangkat ke sumber listrik dapat mencegah daya baterai habis di tengah jalannya proses. Sehingga proses penginstalan dapat berjalan dengan lancar. Jika tidak terhubung dengan listrik kemudian baterai tiba-tiba habis di tengah proses, akibatnya penginstalan akan gagal.
  3. Persiapkan Instalan OS Baru. Bisa dari CD atau softcopy. Jika masih dalam bentuk softcopy maka anda bisa menggunakan flash disk sebagai media instalan OS. Sebagai catatan, gunakan flash disk minimal berukuran 8 GB. Siapkan pula software “burning” file image disk ke flash disk (Contoh: Win to Flash, Windows 7 Download Tool). Biasanya soft copy dari instalan OS berupa image disk dalam format ISO. Untuk itu anda perlu melakukan langkah di bawah ini.

–      Instal software “burning” image disk ke flash disk.

–      Masukkan flash disk ke laptop, kemudian buka software pembaca file image disk.

–      Pilih file ISO yang hendak di burn.

–      Pilih flash disk yang akan dijadikan media instalan.

–      Pilih Start Over pada software.

–      Tunggu sampai proses pembuatan media tersebut selesai.

–      Pastikan instalan OS yang akan diinstal sesuai dengan bit yang dipakai (32 atau 64 bit).

Tahap Penginstalan

  1. Restart Laptop. Cara install ulang laptop dimulai dengan merestart. Tutuplah semua jenis aplikasi yang masih aktif atau terbuka. Kemudian lakukan restart pada laptop anda.
  2. Masuk ke BIOS Laptop. Setelah direstart, maka akan muncul logo produsen laptop. Silahkan tekan tombol tertentu untuk masuk ke pengaturan BIOS. Ada yang menggunakan tombol esc, tombol F2, FN + F2, atau F1. Lihatlah bagian bawah layar ketika menunjukkan logo produsen. Pastikan laptop bisa masuk ke BIOS.
  3. Masukkan Media Instalan OS. Jika anda menggunakan keping CD, maka masukkan ke dalam CD/DVD Drive di laptop. Jika menggunakan flash disk, sambungkan flash disk tersebut ke port USB di laptop.
  4. Aturlah Urutan Booting Menjadi Urutan Pertama. Pada pengaturan BIOS, masuk ke tab Boot atau Boot Device. Pilih Boot Device Choices atau menu untuk memilih urutan boot device. Ubah urutannya sehingga CD/DVD atau flash disk menjadi urutan pertama. Simpan pengaturan, kemudian keluar dari tampilan BIOS.
  5. Tekan Sembarang Tombol. Setelah logo produsen kembali muncul, tekan sembarang tombol sesuai perintah untuk masuk ke menu instalasi OS.
  6. Masuk ke Menu Instalasi. Pilih Language : English; Time and Currency format : Indonesia; Keyboard or input Method : US. Klik Next > Pilih Install Now > Centang pernyataan “I accept the licence terms” > klik Next. Anda akan menemukan dua pilihan antara upgrade dan custom. Pilihlah Custom.
  7. Pilih Partisi. Pada bagian ini, anda akan memilih di partisi mana OS baru akan diinstal. Pilih partisi OS lama (biasanya bertuliskan “System”) jika anda ingin menghapus semua data pada OS lama. Selanjutnya pilih Drive Options > Pilih Format > Klik OK. Kemudian anda bisa menghapus partisi “system reserved” dan partisi yang baru saja diformat. Setelah dihapus biasanya kedua partisi akan melebur menjadi “unlocatted space”. Anda bisa membaginya lagi untuk OS baru anda. Setelah semua alokasi habis, anda pilih partisi yang telah dibagi, kemudian klik Next. Jika enggan membagi, pilih saja partisi yang baru diformat. Lalu klik Next. Tunggu proses instalasi OS hingga muncul tulisan “Restarting in 10 seconds…”.
  8. Menu Pengaturan. Setelah restart anda harus menunggu kelanjutan proses instal sampai muncul tampilan baru. Selanjutnya atur nama pengguna dan nama komputer, klik Next. Kemudian atur password jika anda menginginkan, jika tidak bisa langsung klik Next. Masukkan product key, jika tidak memiliki langsung klik Next. Atur juga waktu dan tanggal laptop sesuai dengan waktu wilayah anda.
  9. Windows Update. Jika Os yang anda miliki original, pilih “Use recommended settings”. Jika tidak, pilih “Ask me later”. Selanjtnya klik Next.
  10. Masuk ke OS laptop yang baru. Proses penginstalan selesai dilakukan. Setelah masuk ke OS yang baru, anda bisa melanjutkannya dengan menginstal driver komponen seperti LAN, wireless network, touchpad, bluetooth, driver sound, chipset, dan lain-lain.

Itulah tadi cara install ulang laptop yang bisa diterapkan oleh pengguna OS Windows Vista/7/8/10. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Cara Install Ulang Laptop Windows Vista/7/8/10 | admin | 4.5