7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7 Ultimate Terbaik

Saat ini laptop bukan jadi barang mewah lagi, namun telah jadi barang wajib dimiliki bagi anda yang kerjanya berhubungan dengan laptop. Entah itu mahasiswa, dosen, pekerja kantor, gamers atau pekerjaan lainnya. namun laptop lemot sangat mengganggu kinerja kita. kendala laptop lemot merupakan masalah yang sering dijumpai. Dan cara mengatasi laptop lemot Windows 7 Ultimate jadi solusi cerdas bagi kita. sehingga masalah lemot segera teratasi tanpa ada kendala. Lantas bagaimanakah caranya?

Penyebab Dan Solusi Laptop Lemot

Tak ada asap bila tak ada api, ungkapan ini sangat jelas dan terjadi dalam berbagai hal. Tak terkecuali masalah komputer. Jika laptop berjalan lama, pasti terdapat penyebabnya, mengapa hal ini dapat terjadi. Dibawah ini kita akan mengupas penyebab sekaligus cara mengatasi laptop lemot.

  1. Booting Windows lama

Masalah ini sering terjadi, dimana waktu ketika kalian mulai menekan tombol power sampai tampil desktop serta aplikasi startup ter-load sempurna terasa lama. bila masalah tersebut terjadi, saatnya melakukan pengaturan pada ‘System Configuration’. Cara mengatasi laptop Windows 7 Ultimate lemot yang harus dilakukan ialah mengetikkan ‘msconfig’ pada kolon ‘run’. Lakukan setting pada tab ‘Boot’ dengan mengoptimalkan jumlah processor di ‘Boot Advanced Options’. Hilangkan startup tidak penting atau aplikasi yang tidak ingin langsung berjalan ketika komputer dinyalakan. Cukup hilangkan ceklist pada daftar aplikasi tab ‘Startup’. Selanjutnya seleksi ‘Service’ mana yang diperlukan dan tidak diperlukan. Proses booting akan lebih cepat dan masalah selesai.

  1. Menghapus ‘Junk File’

Hardisk dalam sebuah komputer mempunyai peranan yang sangat penting. Terkadang junk file menumpuk juga menyebabkan hardisk terasa penuh dan jadi penyebab lemotnya Windows 7 Ultimate. Solusinya sangat mudah, cukup membersihkan junk file tersebut. caranya buka tool ‘Windows Clean Up’. Untuk membuka masuk ke ‘Properties’ partisi hardisk dan klik ‘Disk Cleanup’. Tunggu beberapa detik hingga jendela baru muncul dengan daftar-daftar file yang akan dihapus. Klik OK untuk menghapusnya.

  1. Defragmentasi hardisk

Masih berhubungan dengan hardisk, penyebab dan cara mengatasi windows 7 lemot sangat mudah. biasanya cara ini dilakukan bila terjadi kasus ketika membuka sebuah program atau file terasa lama. bisa jadi program atau file tersebut telah terfragment dalam hardisk. Maksudnya file-file tersebut telah teracak, tidak tersusun rapi karena berbagai tindakan seperti meng-edit, memindah atau men-delete. Sehingga head hardisk yang tidak tersusun rapi membutuhkan waktu lebih lama untuk membuka. Cara membuka tool tersebut sama seperti membuka tool Disk Cleanup. Hanya saja setelah masuk ke ‘properties’ pada salah satu hardisk yang akan difregmentasi, klik kanan pilih ‘Properties’. Pilih tools pada bagian atas. Setelah muncul tools ‘disk Defragmenter’ pilih partisi yang akan di-defragment. Agar tidak terjadi kesalahan, lakukan ‘Analyze’ terlebih dahulu kemudian ‘Defragment Disk’.

  1. Menghapus virus, malware, adware dll

Notebook yang terinfeksi virus bisa memakan sumber daya komputer, sehingga menambah beban kinerja komputer. Akibatnya sangat jelas yakni membuat notebook berjalan lambat atau lemot. Oleh sebab itu kita harus rajin membersihkan notebook dari virus. cara mengatasi laptop lemot Windows 7 Ultimate cukup menginstall antivirus terpercaya. Jika sebelumnya notebook anda telah memiliki antivirus, lakukan update agar antivirus dapat mendeteksi virus baru serta meningkatkan kemampuan membasmi virus. Setelah update, jangan lupa lakukan scanning menyeluruh pada isi komputer. Agar semua semua virus bersih menyeluruh.

  1. Overheat

Komponen didalam laptop dapat bekerja optimal dalam rentang suhu tertentu. Ketika suhu tersebut melewati batas dalam arti kepanasan atau overheat, jelas sekali PC akan berjalan lambat. Bahkan dapat terjadi mati total hingga komponen didalamnya terbakar. Memang disetiap laptop telah dibekali fan atau kipas didalamnya. terkadang kipas ini bermasalah hingga terjadi overheat. Cobalah cek dan bersihkan fan dari debu atau kotoran yang menempel. Umumnya fan yang tersumbat dapat menyebabkan overheat. Agar lebih dingin, fan tambahan dapat pula diberikan.

  1. Hardisk bad sector

Bad sector juga jadi penyebab lambannya kinerja komputer. Beberapa kasus hardisk yang memiliki bad sector masih dapat ditolong, tapi selebihnya tidak dapat ditolong. Cara mengetahui apakah hardisk pada PC terdapat bad sector atau tidak, dapat menggunakan tool Windows ‘chkdsk’. Pada kolom ‘run’ ketik ‘chkdsk’ lalu OK, tunggu beberapa detik hingga muncul kolom hasil pengecekan. Atau dapat pula membukanya melalui properties pada partisi hardisk. Pilih tab ‘tools’ dilanjutkan memilih ‘Error-Checking’ klik ‘Check Now’. Nanti tandai options ‘Automativally fix file system errors’ ‘scan for and attempt recovery of bad sectors’.

  1. Upgrade hardware

Apabila kalian sudah putus asa karena kesemua cara diatas tidak membuahkan hasil atau tidak memberikan pengaruh yang berarti. Ada satu cara lain yakni upgrade hardware. Hardware yang telah termakan usia memang membuat kinerja jadi lamban. Karena hardware juga memiliki jangka waktu tertentu dalam masalah daya tahan. Spesifikasi laptop akan berbanding lurus dengan kinerjanya. Coba lakukan upgrade processor menggunakan processor yang lebih tinggi. tambahkan RAM agar jadi lebih besar kapasitasnya. Anda dapat mempertimbangkan penggantian Hardisk (HDD) dengan SSD. Pasalnya SSD memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan hardisk biasa. sayangnya harga SSD lebih mahal dibandingkan HDD.

Saatnya anda mengotak-atik notebook kalian saat ini. Ternyata setiap penyebab memiliki solusi berbeda-beda bukan? oleh sebab itu kita tidak bisa kalau hanya mengetahui cara mengatasi laptop lemot Windows 7 Ultimate saja. harus mengetahui solusi tepat disetiap permasalahan yang ada.

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7 Ultimate Terbaik | admin | 4.5