7 Cara Membersihkan Layar Laptop Paling Efektif

Entah digunakan atau tidak, jika tidak dibersihkan maka laptop akan kotor. Biasanya, bagian yang paling sering kotor adalah pada layarnya. Umumnya, layar laptop sering terkena debu yang menempel. Tentu saja hal ini sangat mengganggu sehingga kalian harus segera membersihkannya. Jika tidak, dikhawatirkan justru akan bertambah kotor atau bahkan mungkin menjadi goresan di layar. Lalu, bagaimana cara membersihkan layar laptop yang benar dan aman? Hal ini tergantung dari kotoran yang menempel di layar tersebut. Berikut adalah cara-cara yang bisa kalian ikuti.

  1. Membersihkan Layar Laptop dengan Kain yang Lembut

Cara membersihkan layar komputer yang pertama adalah dengan menggunakan kain lembut. Sebelumnya, pastikan laptop dalam keadaan mati. Jika belum mati, maka silahkan matikan terlebih dahulu. Selain itu pastikan kain yang digunakan memiliki tekstur lembut agar tidak menimbulkan atau menyebabkan goresan di layar. Sebagai catatan, jangan pernah gunakan plas chamois atau kanebo karena bisa membahayakan permukaan layar.

Jika laptop sudah mati, segera usapkan kain yang lembut tadi ke seluruh permukaan layar laptop kamu secara perlahan dan merata. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu-debu kecil yang menempel. Satu lagi, tisu juga tidak dianjurkan karena kurang baik untuk layar. Kain yang lembut contohnya adalah lap kacamata yang memang didesain untuk mengelap kaca sehingga aman digunakan untuk membersihkan layar laptopmu.

  1. Membersihkan Layar Laptop dengan Pembersih yang Lembut

Jika debu yang menempel sudah hilang dan bersih, bukan berarti layar laptopmu sudah tidak perlu dibersihkan dan dirawat. Kadang, bahkan ada noda tertentu yang mungkin tidak bisa hilang jika hanya menggunakan lap atau kain halus. Di sini, kalian perlu membersihkannya lagi dengan menggunakan pembersih yang lembut.

Anda bisa menggunakan alcohol serta pembersih kaca yang lembut. Jangan pernah menggunakan pembersih yang sifatnya abrasive atau permukaannya kasar karena akan sangat mudah menggores kapar komputer. Selain alcohol, bisa juga gunakan pembersih kuku karena juga aman dan sifatnya lembut. Cara ini bisa menghilangkan noda yang cukup membandel dan belum hilang saat dibersihkan menggunakan kain tadi. Namun, kalian harus hati-hati saat menggunakan pembersih ini.

  1. Membersihkan Layar Laptop dengan Air Hangat

Mungkin kalian sering menyentuh layar laptopmu dengan jari atau telapak tangan. Hal ini menyebabkan telapak tangan atau jarimu membekas di layar. Kadang, bekas jari atau telapak tangan tersebut susah hilang, apalagi kalau sudah berhari-hari tidak segera dibersihkan. Namun jangan khawatir, kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat. Cara ini sangat efektif dan pasti berhasil.

Air hangat ini juga bisa dicampurkan dengan alcohol atau pembersih lainnya. Yang pasti, jangan langsung mengoles alcohol ke layar, harus dicampur dengan air hangat dulu. Sebaiknya, gunakan penyemprot air agar lebih mudah dan merata. Setelah itu, lap dengan kain yang lembut secara halus dan merata. Pastikan tidak ada lagi bekas jari atau telapak tangan dan juga noda lainnya.

  1. Membersihkan Layar Laptop dengan Pembersih Debu

Cara alternative lain adalah dengan menggunakan pembersih debu. Cara membersihkan layar laptop ini sangat mudah karena sangat cepat dan efektif. Namun, kalian harus menyiapkan dulu pembersih debunya. Pembersih debu bisa berupa penyedot debu ataupun kemoceng/kemucing. Gunakan yang kalian punya saja, tidak perlu membeli baru.

Jika menggunakan kemucing, pastikan kalian menutup keyboard dengan plastic atau pelindung lainnya agar debu tidak masuk ke sela-sela tombol keyboard. Faktanya, debu bisa merusak keyboard. Jika kalian menggunakan penyedot debu seperti vacuum cleaner, pastikan jangan sampai vacuum cleaner menggores layar laptop. jadi, gunakanlah secara hati-hati namun pasti. Alternatifnya adalah dengan kuas kecil. Cara ini adalah cara kering yang mana kalian tidak perlu membasahi layar laptop dengan pembersih tertentu.

  1. Membersihkan Layar laptop dengan Kain Kering

Tips membersihkan layar laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan kain kering. Jika tadi kalian sudah membersihkan noda atau bekasi jari dengan menggunakan pembersih, alcohol atau air hangat, maka kalian harus mengeringkannya. Membiarkan layar laptop dalam keadaan basah tentu saja tidak baik dan bisa membekas bahkan sulit dihilangkan. Jadi, gunakanlah kain kering yang halus untuk mengeringkannya.

Mulailah mengelap layar laptop dari frame terlebih dahulu. Setelah itu, usap seluruh layar secara merata menggunakan kain kering yang lembut tadi. Pastikan tidak ada bekas usapan ataupun noda lainnya yang masih tertinggal. Jika debu hanya sedikit, kalian tak perlu menggunakan air hangat ataupun pembersih lainnya. Cukup usap dengan kain kering hingga debu menghilang dan bersih. Namun jika debunya banyak, maka perlu digunakan pembersih yang sifatnya lembut agar tidak ada lagi debu yang tersisa.

  1. Membersihkan Layar laptop dengan Diangin-anginkan

Agar bersihnya maksimal, biasanya orang lebih memilih membersihkan layar komputer dengan pembersih tertentu. Dengan menyemprotkan pembersih tersebut, tentu saja layar menjadi basah. Kadang, setelah dilap atau diusap dengan kain kering pun layar belum kering sempurna. Jangan buru-buru untuk menyalakan dan menggunakan laptop yang barus dibersihkan layarnya ini. Namun, tunggu dulu hingga benar-benar layarnya kering sempurna.

Agar lebih cepat kering, caranya sangat mudah, cukup diangin-anginkan saja. Diangin-anginkan bukan berarti harus diayun-ayunkan atau dibawa ke luar ruangan agar terkena angin. Cukup diamkan beberapa menit dulu hingga layarnya benar-benar kering. Jika layar laptopmu sudah benar-benar kering, kalian bisa mulai menghidupkan dan menggunakannya lagi. Yang perlu dicatat, jangan pernah menggunakan pengering seperti hair dryer atau semacamnya karena itu tidak baik untuk layar laptop. Jadi, cukup diamkan saja beberapa saat lalu nyalakan kembali kalau sudah kering.

  1. Membersihkan Layar Laptop dengan Dipasang Pelindung Layar

Cara terakhir adalah dengan menggunakan pelindung layar. Ini sebenarnya lebih cenderung ke pencegahan agar layar laptop tidak kotor. Cara ini juga cukup baik. Namun pastikan kalian menggunakan pelindung layar yang bening dan jernih agar tidak mengganggu aktifitas karena pandangan terganggu gara-gara pelindung layar laptop. Selain itu, pastikan pelindung layar tersebut memiliki tekstur lembut agar tidak menggores ke layar. Saat ini, ada banyak sekali toko yang menyediakan pelindung layar semacam ini. Harganya pun sangat murah. Jadi, kalian tidak perlu pusing dan bingung untuk membelinya atau mendapatkannya.

Setelah membeli pelindung layar, pasangkan ke layar laptop anda dengan benar. Pastikan ukurannya sesuai karena laptop memiliki layar yang bermacam-macam dan berbeda-beda ukurannya. Dengan ukuran yang pas, maka pemasangan juga lebih mudah dan tentu saja akan lebih awet terpasang. Jika terkena debu atau noda, tinggal usap dan bersihkan dengan pelan dan lembut. Namun jika susah atau mungkin pelindung layar tersebut sudah tidak bagus lagi, maka kalian bisa menggantinya dengan pelindung layar yang baru. Kalian bisa mempraktekkan cara membersihkan layar laptop yang mana saja yang kalian suka.

7 Cara Membersihkan Layar Laptop Paling Efektif | admin | 4.5