5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Sebuah perangkat komputer maupun laptop sangat rentan terkena yang namanya virus. Apalagi jika sering terkoneksi dengan internet. Virus merupakan penyakit berbahaya bagi perangkat PC anda. Keberadaanya dapat menghancurkan data-data yang ada, mengambil informasi penting anda, bahkan lebih parah dapat menyebabkan perangkat komputer maupun laptop tidak dapat digunakan. Karena itu setiap pengguna PC atau laptop harus mengetahui cara menghilangkan virus di laptop maupun komputer.

Kenali Cara Virus Menyebar dan Tanda-tanda Laptop Terinfeksi Virus

Virus merupakan software kecil yang dibuat untuk mengganggu sistem operasi sebuah laptop atau PC. Mereka menyebar dari satu perangkat ke perangkat lain melalui berbagai macam cara. Kadang melalui email yang berupa gambar lucu, video, file audio, atau semacam kartu ucapan. Sering kali menyebar melalui internet berupa aplikasi ilegal, file, atau jenis unduhan lainnya.

Tanda-tanda sebuah perangkat terinfeksi atau terancam antara lain, kinerjanya melambat atau biasa disebut lemot. Atau bisa juga muncul berbagai pesan error di layar monitor, mendadak mati sendiri kemudian diikuti bluescreen, hilangnya program yang sebelumnya sudah anda install, atau data-data anda menjadi corrupt. Saat anda mengalami gejala demikian, anda harus waspada dan segera mengambil tindakan dengan cara menghapus virus penyerang perangkat anda.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Ada banyak cara menghilangkan virus di laptop bisa dipilih untuk solusi mengatasi ancaman malware. Baik dengan software antivirus maupun tanpa software. Berikut ini beberapa cara tersebut.

     Dengan Command Prompt

Pertama-tama kita akan membahas cara menghilangkan bentuk ancaman tanpa software antivirus apapun. Yaitu dengan menggunakan Command Prompt. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke menu pencarian laptop, ketik cmd. Maka akan muncul Command Prompt. Klik kanan pada aplikasi dekstop tersebut. Pilih Run as administrator.
  2. Sebagai contoh, anda akan membersihkan ancaman yang ada di Drive D, maka pada Command prompt tersebut, ketikkan dir D: attrib -s -h /s /d . Lalu tekan Enter. Huruf d adalah simbol dari drive yang akan dibersihkan. Jika yang ingin dibersihkan drive C, maka anda tinggal mengganti huruf d menjadi c.
  3. Setelah menekan enter, Command Prompt akan mengeksplorasi drive dan memuat semua file yang ada di dalamnya.
  4. Carilah file yang tidak anda kenali atau file tidak biasa dengan format .exe. Kemudian hapus file asing tersebut melalui command prompt ini.
  5. Jika terjadi kendala saat menghapus, gunakanlah REGEDIT. Caranya, Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file ancaman yang ditemukan tadi. Hapus semua registry yang ada termasuk foldernya juga.

     Melalui Task Manager

Metode kedua adalah menonaktifkan layanan mencurigakan melalui task manager. Metode menghilangkan virus di laptop ini juga cukup ampuh dan berhasil. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka task manager. Bisa melalui kolom pencarian atau dengan menekan kombinasi tombol di keyboard ctrl+shift+escape. Matikan setiap layanan mencurigakan.
  2. Langkah selanjutnya jalankan MSConfig.
  3. Setelah masuk System Configuration, masuk ke opsi Service. Centang semua file mencurigakan atau file yang tidak pernah anda install, kemudian hapus.
  4. Masuk ke menu Startup. Di bagian ini akan muncul file mencurigakan, tandai file tersebut.
  5. Buka Command Prompt. Cari file dengan nama mencurigakan tersebut. Hapus file lewat cmd.

     Gunakan System Restore

System restore berfungsi untuk mengembalikan pengaturan seperti semula. Saat menguninstall atau menginstall software, system restore akan menyimpan pengaturan lama saat sebelum menginstall atau menguninstall software. Dengan cara tersebut, setiap ekstensi exe maupun aplikasi apa saja yang telah terinstall akan dihilangkan. Caranya dengan Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore.

Namun perlu anda ketahui terkadang beberapa jenis virus secara otomatis dapat mematikan fungsi restore point. Jika hal tersebut terjadi anda dapat melakukan shutdown manual melalui tombol power atau langsung mencabut kabel. Selanjutnya, boot dari safe mode dan restore dari sana ke pengaturan sebelum terkena virus. Biasanya cara tersebut akan berhasil.

     Dengan Windows Defender

Windows defender merupakan salah satu antivirus bawaan laptop. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai pemindaian terhadap virus maupun menghapus virus di laptop. Cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu membuka aplikasi ini melalui kolom pencarian yang ada di menu start. Selanjutnya akan muncul jendela Windows Defender dan anda bisa memilih scan di menunya untuk memulai pencarian terhadap sistem operasi. Jika dalam sistem operasi ditemukan virus, maka hasilnya akan muncul dari laporan atau results. Setelah hasil pencarian keluar, lakukan karantina. Perbaiki file terinfeksi, kemudian hapus virus tersebut.

     Dengan Menggunakan Software Antivirus

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali jenis software antivirus diperuntukkan bagi sebuah laptop. Ada banyak perusahaan menawarkan program-program yang terpercaya dan efektif untuk menghapus virus. Pilihlah software yang tidak memakan banyak memori, user friendly, up to date, dan gampang di update. Jika menggunakan software antivirus bawaan macam Windows Defender, beberapa jenis virus bisa jadi tidak terbaca. Misalnya saja jenis virus trojan. Karena itulah aplikasi antivirus ini anda butuhkan. Beberapa antivirus populer diantaranya adalah Smadav, Avast, dan MCAfee. Lakukan scan berkala dengan antivirus tersebut seminggu sekali atau seperlunya.

Itulah tadi 5 cara menghilangkan virus di laptop yang bisa dijadikan alternatif menghapus virus pengganggu kinerja atau sistem operasi laptop anda. Lakukan pembersihan virus secara rutin agar perangkat laptop anda selalu terjaga dan menghindari kerusakan disebabkan oleh ancaman malware. Semoga bermanfaat.

5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop | admin | 4.5