5 Cara Mengetahui Batas Maksimal Ram Laptop

Mengetahui batas maksimal RAM diperlukan bukan hanya untuk pengecekan biasa, tapi juga untuk keperluan upgrade dan overlock motherboard. Cara mengetahui batas maksimal RAM Laptop sendiri bisa dilakukan melalui hardware dan juga melalui software. Dengan mengetahuinya, kita dapat memahami mengapa RAM bisa cepat penuh. Jika dilakukan melalui hardware, bisa dengan melihat motherboard atau membaca buku manual dalam paket penjualan perangkat. Namun jika ingin melihatnya menggunakan software, bisa menggunakan tool third party. Atau anda juga bisa mengunjungi web vendor atau web third party yang memiliki database terkait hardware dan informasi spesifikasi perangkat anda.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Untuk mengetahui berapa batasan maksimal dari memori yang bisa digunakan pada PC atau laptop, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

     Motherboard pada perangkat anda mempunyai batasan dukungan kapasitas memori. Anda perlu memperhatikan batasan tersebut misalnya, jumlah slot RAM, jenis RAM (apakah jenis RAM DDR1, DDR2, atau DDR3), serta tipe motherboard yang digunakan. Misalnya saja untuk motherboard dengan batasan kapasitas sampai 8 GB. Artinya anda tidak bisa memasang kapasitas lebih besar dari angka tersebut pada perangkat anda. Akibatnya kapasitas menjadi tidak terbaca. Atau bisa juga terjadi unstable system pada saat dijalankan. Bisa juga laptop anda jadi mengalami crash.

     Sistem Operasi dan versinya juga mempunyai batasan dukungan memori. Anda perlu mengetahuinya supaya tidak terjadi kesalahan dalam menentukan kebutuhan akan aplikasi sistem operasi. Misalnya Windows 7 32-bit memerlukan RAM minimal 1 GB dan 64-bit minimal 2 GB.

Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM

Setelah memperhatikan beberapa hal di atas, selanjutnya kita akan membahas mengenai metode untuk mengetahui batas maksimal RAM pada laptop. Baik melalui hardware maupun software seperti disebutkan sebelumnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. a) Cek Buku Manual

Pengecekan memori maksimum yang disupport oleh motherboard pertama adalah dengan mengecek buku manual yang disertakan dalam paket penjualan perangkat laptop anda. Buku manual tersebut selain berisi mengenai panduan instalasi motherboard, troubleshooting, juga menjelaskan tentang informasi teknis dan spesifikasi dari motherboard. Ada juga penjelasan mengenai dukungan peripheral dan dukungan memori eksternal.

  1. b) Cek Website Vendor Motherboard

Cara pengecekan batas maksimum RAM yang selanjutnya adalah dengan cara mengunjungi web vendor dari motherboard. Carilah produk terkait, baik melalui menu navigasi maupun menu search yang disediakan. Hampir semua vendor motherboard menyediakan informasi spesifikasi secara rinci mengenai produk motherboardnya. Biasanya dilengkapi pula dengan spesifikasi, link support, dan termasuk drivernya.

  1. c) Cek Jenis Bit yang Digunakan

Cara yang ketiga bisa dilakukan dengan mengecek versi sistem operasi windows yang digunakan. Apakah Windows anda merupakan versi 32 bit ataukah 64 bit. Hal ini berkaitan langsung dengan batasan kapasitas RAM pada sebuah PC atau laptop. Seperti yang sempat disinggung di atas, jika kita memasang RAM melebihi batas kapasitas yang diperbolehkan maka tidak akan terbaca oleh Windows. Dan otomatis tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui versi Windows anda bisa masuk ke system properties > klik kanan Computer > klik Properties.

Untuk semua versi 32-bit memiliki dukungan RAM mencapai 4 GB. Sedangkan untuk versi 64-bit bisa berbeda. Pada Windows 10 Home dukungan RAM mencapai 128 GB. Sementara pada Windows 10 Education, Enterprise, dan Pro dukungan RAMnya sampai 2 TB. Linux jenis 32-bit pada umumnya hanya mendukung memori hingga mencapai 4 GB. Namun untuk distro Linux yang sudah mendukung kernel PAE atau distro terbaru, maka versi 32-bitnya bisa mendukung kapasitas RAM hingga mencapai 64 GB. Sistem Linux jenis 64-bit memiliki dukungan penggunaan RAM hingga 1 TB untuk prosessor Intel dan 256 untuk prosessor AMD64.

  1. d) Cek Menggunakan Linux

Cara mengetahui batas maksimal RAM Laptop yang berikutnya adalah menggunakan sistem operasi Linux. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

–      Buka terminal Linux

–      Lakukan penginstalan dmidecode dengan cara mengetik sudo apt-get install dmidecode

–      Ketiklah perintah : sudo dmidecode -t memory | grep -i size

–      Akan keluar output berupa kapasitas memori yang terpasang.

Untuk distro Linux bisa menggunakan perintah sudo dmidecode -t 16, maka akan muncul output berisi informasi kapasitas maksimum yang dapat didukung oleh hardware.

  1. e) Cek Menggunakan Scanner Online

Cara terakhir untuk mengetahui batas maksimum RAM laptop adalah dengan menggunakan tool scanner online, dalam hal ini adalah website crucial. Selain bisa mengecek batas maksimum memori, anda juga bisa mengecek kapasitas harddisk. Dengan informasi yang diberikan nantinya anda juga bisa melakukan proses upgrade memori. RAM dan harddisk adalah dua hal yang berbeda. Meskipun punya kesamaan fungsi, tapi penggunaan keduanya berbeda. Langkah-langkah pengecekannya adalah sebagai berikut.

–      Aktifkan koneksi internet kemudian buka situs crucial.com

–      Pada bagian Navigasi pilih memory

–      Pada bagian Select Manufacturer > pilih manufaktur

Pada bagian Select Product Line > pilih jenis produk

Pada bagian Select Model > pilih model produk sesuai dengan yang anda gunakan

–      Langkah selanjutnya klik tombol Find Upgrade

–      Jika tidak tahu spesifikasi atau series dari laptop, anda bisa melakukan scanning melalui software yang telah disediakan penyedia situs. Masuk saja ke menu download, dan klik tombol download the scanner

–      Tunggu beberapa saat sampai proses selesai

–      Untuk pengguna Windows bisa melakukannya dengan cara: Masuk ke Control Panel > System > Your Windows Experience Index needs to be Refresh > View and Print Details Performance System Information > Cek pada bagian System

Demikian informasi mengenai 5 cara mengetahui batas maksimal RAM Laptop. Semoga bermanfaat.

5 Cara Mengetahui Batas Maksimal Ram Laptop | admin | 4.5