3 Cara Overclock Laptop AMD dengan Mudah

Laptop memiliki spesifikasi bermacam-macam. Kadang, karena merasa kurang dengan performanya maka banyak orang melakukan overclock. Kebanyakan, overclocking dilakukan untuk menambah performa prosesor. Ada banyak prosesor yang beredar di pasaran. Salah satu paling terkenal ialah AMD. Apakah bisa prosesor AMD dioverclock? Tentu saja bisa. Lalu, bagaimana cara overclock laptop AMD? Itulah pembahasan kita pada artikel kali ini.

Overclocking dengan Menyesuaikan Setting BIOS

Salah satu cara overclock laptop prosesor AMD yaitu dengan menyesuaikan setting BIOS. Ini merupakan salah satu metode paling sering digunakan. Namun, kalian harus tetap hati-hati dan mengikuti langkah-langkahnya secara benar. Berikut langkah-langkah untuk diikuti:

  1. Masuk ke BIOS

Pertama, silahkan masuk BIOS. Caranya, tekan saja tombol Delete, F1, F2 atau F8 tergantung laptopmu sendiri karena berbeda laptop memiliki cara masing-masing. Umumnya, laptop-laptop ternama memiliki tombol khusus BIOS pada beberapa contoh di atas, meskipun ada juga yang berbeda. Jika bingung, anda bisa cari di buku panduan ataupun mencari di internet.

  1. Aktifkan CPU Host Clock Controller

Setelah masuk, silahkan cari tab menu pengaturan untuk CPU. Tidak semua jenis, merk atau tipe laptop bisa, namun tidak ada salahnya dicoba dulu. Kemudian, segera aktifkan CUPU Host Clock Controller / semacamnya pada halaman Setting CPU. Sekarang, cobalah untuk menaikkan frekuensi CPU kurang lebih 5% saja & simpan pengaturan itu.

  1. Restart Laptop

Jika sudah selesai, silahkan restart laptopmu kemudian gunakan beberapa saat. Apabila tidak ada masalah setelah penggunaan sekitar 10 menit serta stabilitas tetap bagus, kalian boleh menaikkan lagi frekuensi CPU hingga maksimal 20%. Namun, jangan sekali-kali menaikkannya terlalu tinggi karena bisa menyebabkan kerusakan. Gejala-gejala tersebut bisa berupa suhu terlalu panas, aplikasi crash, terjadi blue screen, dll. Jika terjadi gejala demikian, segera matikan laptop & kurangi lagi frekuensi CPUnya.

Overclocking dengan Software Pihak Ketiga

Dibanding cara pertama, sebenarnya ini juga hampir mirip. Bedanya, metode kedua menggunakan sebuah software sebagai pihak ketiga. Intinya, kalian mengubah peraturan pada BIOS. Dalam hal ini, kalian harus mengatur supaya prosesor bisa bekerja maksimal. Cara seperti itu bisa digunakan bukan hanya pada laptop namun juga komputer PC. Untuk langkah detailnya, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah berikut ini:

  1. Gunakan CPU-Z

Pertama, anda harus menemukan software untuk overclock prosesor AMD. Setelah itu, download kemudian instal pada laptomu secara benar. Ini merupakan syarat utama cara overclock laptop AMD yang kamu miliki. Setelah terinstal, silahkan segera buka dan jalankan software tersebut. Ketika sudah terbuka, segera cari bagian di mana kalian bisa melakukan pengaturan setting untuk CPU atau prosesor AMD kalian.

  1. Naikkan Setting Front-side Bus Multiplier

Anda bisa langsung mulai untuk menaikkan setting front-side multiplier. Mulailah dari kecil dulu seperti 5%. Jika sekiranya masih bisa tambah lagi, silahkan naikkan hingga 20%. Jangan lupa untuk menambah clock speednya juga agar performa prosesor lebih stabil nantinya.

  1. Gunakan Software Stress Testing

Terakhir, anda perlu menguji atau mengetes stabilitas sistem pada laptop atau komputermu. Di sini, kalian bisa menggunakan software stress testing. Itulah langkah-langkah cara overclocking laptop AMD menggunakan software dari pihak ketiga.

Overclocking Menggunakan OverDrive

Ada sebuah software resmi yang hanya dapat digunakan untuk laptop maupun PC dengan prosesor jenis AMD, yaitu OverDrive. Perlu dicatat, software resmi ini memang dikhususkan untuk kelas atas. Sebagai tambahan informasi, software tersebut juga dapat digunakan untuk menambah VRAM AMD. Lalu, bagaimana caranya? Ada beberapa langkah untuk diikuti. Berikut penjelasan detailnya:

  1. Download & Instal AMD OverDrive

Pertama-tama, tentu saja kalian harus mendownload atau mengunduh software / apk AMD OverDrive. Untuk menghindari kesalahan, silahkan baca dokumentasinya secara lengkap. Setelah terunduh, segera instal pada laptopmu.

  1. Ikuti Buku Panduan

Ada buku panduan yang sangat bermanfaat sebagai petunjuk cara penggunaannya. Intinya, silahkan ikuti semua instruksi dari buku panduan manual tersebut. Perlu diperhatikan, jangan pernah menaikkan kecepatan clock prosesor AMD hingga melebihi parameter / nilai yang direkomendasikan. Hal tersebut akan berakibat fatal sehingga mengakibatkan kerusakan sistem maupun perangkat lainnya.

  1. Jalankan Software Stress Testing

Terakhir, coba jalankan software / apk Stress Testing kurang lebih selama 12 jam. Hal ini bertujuan untuk menentukan / mengetahui apakah setting overclock yang sudah diatur tadi sudah pas & layak dilanjutkan atau harus ditambah / dikurangi lagi.

Perhatian dalam Melakukan Overclocking

Ada banyak hal untuk diperhatikan saat melakukan overclock. Pertama, anda harus tahu resikonya. Kedua, baca semua petunjuk yang ada. Ketiga, persiapkan semua syaratnya. Selain itu, sebaiknya lakukan overclocking tanpa battery & langsung dihubungkan dengan listrik melalui charger. Jadi, jika laptop tidak stabil, anda bisa langsung cabut kabelnya.

Cara overclock laptop AMD memang harus dilakukan secara hati-hati. Sebaiknya, lakukan overclocking pada ruangan bersuhu dingin atau sejuk. Kemudian, dalam menaikkan kecepatan tidak boleh langsung signifikan, melainkan sedikit demi sedikit. Anda juga harus mengetahui letak baterai & jumper reset dari BIOS. Lalu, tes stabilitas juga sangat penting dilakukan. Ketika sistem sibuk, kalian harus pastikan suhunya tidak lebih dari 70 derajat. Untuk mengetesnya, anda bisa gunakan software SpeedFan. Jika sudah paham, sekarang saatnya kalian mencobanya sendiri menggunakan laptop AMDmu.

3 Cara Overclock Laptop AMD dengan Mudah | admin | 4.5