3 Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetoothnnya dengan Benar

Saat ini, bermacam-macam perangkat semakin canggih. Beberapa perangkat elektronik yang dimiliki oleh kebanyakan orang pada umumnya adalah seperti laptop, hp, dll. Sering kali untuk menghubungkan antar perangkat mereka harus menggunakan kabel data ataupun USB. Namun, karena kebanyakan laptop sudah dilengkapi dengan Bluetooth, maka kabel data ataupun USB pun tidak diperlukan lagi. Sayangnya, tak semua laptop memiliki fitur BT ini namun tetap bisa digunakan. Lalu, bagaimana cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya? Ada setidaknya 3 cara yang perlu kalian ketahui.

Memasang BT pada Motherboard Laptop

Salah satu cara memasang BT di laptop yang tidak ada bluetoothnya adalah dengan memasang perangkat tambahan pada motherboard laptop yang digunakan. Sebenarnya, cara ini sangat beresiko mengingat anda harus membongkar pasang motherboard laptop anda. Apalagi jika kalian tidak tahu menahu soal motherboard dan perangkat keras laptop lainnya serta menghubungkan keduanya. Jika tidak dilakukan dengan benar, alih-alih laptopmu bisa digunakan untuk mengaktifkan BT, justru motherboardnya bisa terjadi kerusakan serius.

Di sisi lain, cara ini merupakan paling bagus karena perangkat BT terpasang di dalam sehingga tidak perlu membawa perangkat lain saat berpergian membawa laptopmu. Banyak hal perlu diperhatikan dalam metode ini. Pertama, pastikan kalian membeli perangkat Bluetooth berkualitas. Harganya pun bermacam-macam. Kedua, pastikan jika perangkat tersebut cocok dengan motherboard di laptopmu. Meskipun pemasangannya benar, namun fitur ini tetap tidak akan bisa digunakan jika keduanya tidak cocok. Satu lagi, butuh tenaga ahli untuk memasangnya. Jika kalian merasa belum layak untuk membongkar pasang laptopmu karena keterbatasan pengetahuan, sebaiknya jangan ambil resiko dan lebih baik dibawakan ke jasa service. Mengingat kelebihan dan resiko yang ada, kamu harus benar-benar memutuskannya secara berhati-hati serta tidak tergesa-gesa.

Menggunakan Perangkat Dongle

Selain cara pertama di atas, ada cara alternative di mana anda harus menggunakan perangkat yang disebut dongle Bluetooth. Dongle bisa kalian dapatkan di toko-toko aksesoris komputer dengan mudah. Perangkat keras ini berfungsi untuk menginstal BT di mana koneksi USB digunakan untuk menjembataninya. Memang cara kedua ini kurang praktis, namun resikonya lebih kecil. Selain itu, harga dongle juga tidak mahal sehingga tidak ada salahnya untuk membeli dan mencoba trik ini. Perangkat ini umumnya sangat mudah dipasang. Layaknya USB, ia memiliki sifat mudah dipakai dengan plug-in play. Namun, kalian harus selalu membawanya saat ingin digunakan. Bentuknya yang kecil memang praktis digunakan. Tapi di sisi lain, ia juga mudah hilang. Untuk itu, jagalah baik-baik jika tertarik dengan metode ini.

Cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya menggunakan dongle BT menjadi pilihan kebanyakan orang saat ini. Salah satu alasannya adalah kemudahannya serta rendah resiko. Bahkan, fleksibilitas juga menjadi bahan pertimbangan lain. Untuk itu, silahkan beli perangkat keras berbentuk kecil ini dan install di laptopmu dengan benar. Pastikan perangkat tersebut asli dan berkualitas bagus agar tidak mudah rusak atau bahkan berakibat buruk untuk perangkat lainnya. Berbeda dengan cara pertama di mana sebaiknya dilakukan oleh profesional seperti dibawa ke tukang service, cara kedua ini bisa dilakukan di rumah masing-masing karena kemudahannya. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Instal Driver BT (Perangkat Pendukung)

Masih ada lagi satu cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak memiliki fitur Bluetooth. Di sini, kalian perlu menginstal driver khusus ataupun perangkat pendukung lainnya. Ini bisa menjadi alternative jika kalian tidak suka dengan cara pertama & kedua. Menginstal driver BT memang tidak sulit. Namun, ada beberapa hal penting untuk diperhatikan dengan seksama. Sehingga, kalian bisa menikmati layanan untuk mengirimkan file maupun berkas lain secara mudah melalui BT. Lalu, bagaimana cara menginstal driver tersebut secara benar agar bisa berfungsi?

Driver & alat pendukung apa yang diperlukan? Baik itu dongle maupun perangkat BT di mana kamu harus memasangkannya secara internal, intinya perangkat tersebut harus dan wajib dipasang. Tidak semua perangkat dan driver cocok pada setiap sistem operasi. Untuk itu, kalian harus memastikan bahwa mereka cocok serta bisa berjalan sempurna dengan sistem operasi pada laptopmu. Jika kalian tidak tahu, sebaiknya tanyakan pada ahlinya mengenai hal ini agar tidak salah beli.

Jika sudah membeli, kalian tinggal pasang dan install driver & perangkat lunak lainnya. Tidaklah sulit untuk menginstalnya apabila sudah cocok dengan sistem operasi windowsnya. Biasanya, cukup klik 2 kali pada file *.exe dari driver atau software tersebut kemudian ikuti langkah atau petunjuk selanjutnya. Apa keunggulan cara ini dibanding cara-cara lain sebelumnya? Tentu saja, menggunakan driver ataupun software pendukung ini lebih menghemat daya baterai karena tidak memerlukan perangkat keras yang dihubungkan seperti USB saat diaktifkan atau digunakan.

Itulah beberapa cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan kalau setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, sebelum memutuskan menggunakan cara mana, bandingkan dulu kelebihan & kekurangan dari masing-masing metode. Setelah itu, baru kalian bisa memutuskan untuk menggunakan cara mana sesuai selera anda. Tentu saja, perlu beberapa pertimbangan dalam memutuskan pilihan seperti seberapa sering penggunaan BT, di mana kalian sering menggunakan laptop, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

3 Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetoothnnya dengan Benar | admin | 4.5