Yuk Cari Tahu Penyebab Blue Screen Pada Laptop & Cara Mengatasinya

Laptop menjadi salah satu alat elektronik yang sangat penting dalam segala aktifitas manusia baik untuk pekerjaan ataupun untuk hiburan semata. Saat ini sudah menjadi hal biasa jika setiap orang memiliki laptop tersebut. Namun laptop hanyalah sebuah benda, bisa saja rusak maupun eror. Dan salah satu hal yang sering terjadi pada laptop adalah munculnya blue screen. Bagi mereka yang belum biasa dengan kejadian tersebut tentu akan merasa panik dan bingung, karena tidak tahu menahu mengenai penyebab blue screen pada laptop & cara mengatasinya.

Sebelum beranjak hingga jauh, kita cari tahu dulu mengenai blue screen ini. Blue Screen of The Dead (BSOD) adalah suatu pemberitahuan dari sistem operasi windows saat terjadi eror pada sistemnya dan tidak dapat untuk memperbaikinya. Kejadian ini seringkali terjadi secara tiba-tiba. Hal tersebut akan menjadi masalah besar jika terjadi saat kita sedang mengerjakan pekerjaan penting di komputer maupun laptop dan pekerjaan tersebut tidak tersimpan. Tentu saja kita akan kesal dan geram sendiri kan ? Lalu, bagaimana cara memperbaikinya dan apa sih penyebabnya ? Jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu maka kita akan menemukan caranya pula kemudian. Bagi kalian yang penasaran, yuk simak ulasan kali ini hingga tuntas ya, jangan setengah-setengah.

Beberapa Penyebab blue screen pada laptop & cara mengatasinya dengan tepat

Bagi seorang yang baru menggunakan laptop dalam waktu belum lama, mendapati laptop mengalami layar yang biru tentu akan kesulitan dan bingung untuk memperbaikinya. Tidak sedikit dari mereka untuk membawa laptopnya ke tempat servis agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Nah, bagi kalian yang tidak ingin repot-repot membawanya ke tukang servis, kita akan berikan beberapa penjelasan mengenai faktor BSOD laptop dan cara mengatasinya.

Blue screen ini merupakan keadaan laptop dengan hanya memunculkan layar berwarna biru dan muncul karena adanya suatu kesalahan dari software atau hardware. Penyebabnya yaitu disebabkan oleh adanya kerusakan yang terjadi dari software maupun dari hardware yang mengalami crash sangat parah. Crash tersebut terjadi disebabkan karena terjadinya adanya proses saat windows bertemu dengan error stop dan kemudian menyebabkan adanya kegagalan saat proses tersebut sehingga menyebabkan windows terhenti dalam bekerja. Saat hal tersebut terjadi, biasanya langsung dilakukan peng-restart-an pada laptop tersebut.

Kendala laptop satu ini juga tidak terjadi pada windows saja namun juga terjadi pada sistem operasi lainnya sehingga sangat menjengkelkan dan berakibat pada terganggunya pekerjaan yang tengah kita lakukan, terlebih lagi jika pekerjaan tersebut belum sempat kita simpan. Saat BSOD ini juga akan muncul dengan adanya sebuah tampilan mengenai crash yang juga terjadi pada hardisk. Hal tersebut disebut dengan minidump. Ketika hal tersebut terjadi, maka janganlah panik dan lakukanlah beberapa cara memperbaikinya. Untuk penyebab blue screen pada laptop & cara mengatasinya kasus seperti di atas, kami punya solusinya.

Cara mengatasinya untuk windows 7 yaitu pertama dengan merestart perangkat tersebut. Pertama-tama langkah yang tepat yaitu merestartnya dengan menekan tombol restart kemudian tunggu beberapa saat. Tunggulah hingga perangkat selesai untuk melakukan booting. Setelah proses booting selesai dan perangkat tersebut belum mengalami kerusakan parah, maka akan kembali normal seperti sedia kala. Namun jika dengan cara ini laptop belum pulih dan tidak bisa mengatasi layar biru tersebut, maka selanjutnya langkah yang harus dilakukan adalah melakukan step kedua.

Penyebab blue screen & step-step untuk mengatasinya kedua yakni dengan cara system restore. Pertolongan pertama pada layar laptop yang biru selain step di atas juga bisa dengan system restore pada laptop maupun komputer kalian. Caranya yaitu pertama, matikanlah terlebih dulu perangkat komputer atau laptop yang muncul blue screen. Saat terjadi, cara mematikannya dengan menekan tombol power button yang berada di perangkat, lalu tahanlah dulu hingga perangkat menjadi dalam keadaan mati secara sempurna. Kedua, nyalakan kembali perangkat tersebut. Ketiga, klik lah tombol F8 pada keyboard perangkat. Setelah perangkat tersebut dinyalakan dalam posisi booting klik lah F8 yang akan mengantarkan kalian masuk ke jendela yang akan menunjukkan dalam pilihan booting.

Keempat, safe mode. Pilihlah save mode lalu tunggulah dulu sampai booting safe mode selesai. Kelima, lalu masuklah ke operasi sistem safe mode. Untuk step ini, selanjutnya klik start windows, control panel, system & security, action center, recovery, open system restore, next, finish, dan terakhir tekan yes. Langkah keenam, perangkat restart otomatis. Perangkat akan melakukan restart dan diamkan sebentar agar perangkat tersebut melakukan booting sendiri. Kalau booting tersebut berhasil maka kita akan melihat tampilan layar yang normal dan tidak terjadi dumping memory maupun blue screen.

Selanjutnya, jika seperti di atas belum membuahkan hasil, bisa menggunakan cara ini, yakni dengan metode repair system operasi windows. Cara tersebut untuk mengatasi masalah BSOD yang terjadi disebabkan karena adanya file windows yang mengalami corrupt. Metode ini menggunakan DVD operasi system windows dan akan digunakan untuk repair pada windows.

Dan satu lagi penyebab blue screen pada laptop & cara mengatasinya menggunakan cara instal update driver. Cara ini hampir sama dengan cara repair, namun bedanya instal driver ini disebabkan oleh adanya crash karena terdapat update yang tidak sesuai atau terdapat update yang tidak selesai. Cara mengatasinya yakni dengan mendownload driver paling baru dari perangkat tersebut. Dengan cara ini akan memperbaiki masalah Blue Screen dan nantinya laptop atau komputer akan pulih seperti semula. Nah, inilah sedikit pembahasan kali ini, semoga bisa membantu kalian dalam mengetahui masalah pada laptop. Semoga bermanfaat.

Yuk Cari Tahu Penyebab Blue Screen Pada Laptop & Cara Mengatasinya | admin | 4.5