Layar Laptop Mati Tapi Mesin Hidup: Penyebab Dan Solusinya

Permasalahan layar laptop mati tapi mesin hidup merupakan salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada perangkat laptop. Kerusakan tersebut tentu akan membuat laptop tidak dapat bekerja dengan baik dan pengguna tidak bisa menggunakan perangkat mereka dengan maksimal. Sebagaimana kita tahu bahwa perangkat tersebut termasuk salah satu alat elektronik yang sering digunakan dalam keperluan sehari-hari dewasa ini.

Tentu, demi kelancaran penggunaan perangkat, kita harus tahu penyebab serta solusi dari masalah yang muncul tersebut. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa penyebab serta solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang muncul agar laptop yang anda gunakan bisa berfungsi kembali dengan baik. Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Penyebab Kerusakan Layar

Sebelum menyimak terkait solusi dari kerusakan layar yang terjadi, tentu kita harus mengetahui apa sebenarnya sebab dari kerusakan ini. Ada beberapa hal yang menjadi sumber masalah layar laptop blank tapi mesin hidup untuk kita ketahui. Adapun beberapa penyebab dari permasalahan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sebab pertama yang sering terjadi adalah karena kesalahan dalam penggunaan sebelumnya. Layar mati bisa dikarenakan perangkat terlalu panas sebab digunakan dalam waktu sangat lama sebelumnya. Tidak hanya itu, masalah ini juga timbul dikarenakan terjadinya kerusakan pada hardware maupun software karena pemakaian pengguna.
  2. Sebab kedua adalah adanya dumb crash memory, VGA driver crash, system crash atau lainnya. Crash yang terjadi pada beberapa komponen perangkat akan membuat mesin tidak bisa bekerja dengan baik. Dalam hal ini, ketika laptop dinyalakan, maka mesin tetap akan menyala tetapi tidak bisa meneruskan sambungan ke layar dengan baik dan efeknya adalah tampilan tidak muncul.
  3. Sebab ketiga adalah kerusakan pada hardware. Umumnya, kerusakan ini muncul pada bagian kabel elastis dari perangkat. Perlu diketahui salah satu sebab layar laptop mati tapi mesin hidup ini menjadi masalah yang cukup sering muncul. Kabel elastis adalah penyalur dari sistem ke tampilan. Jika kabel ini rusak maka tampilan akan terganggu.

Solusi Untuk Dilakukan

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari masalah tampilan sebagaimana dijelaskan di atas, tentu kita wajib mengetahui solusi untuk dilakukan setelahnya. Lantas, apa solusi yang bisa dilakukan guna mengatasi masalah ini? Ada beberapa solusi dimana anda bisa melakukannya dengan cukup mudah. Adapun beberapa solusi tersebut adalah sebagai berikut:

     Restore/repair Windows

Solusi pertama untuk dilakukan guna mengatasi kerusakan ini adalah dengan melakukan restore atau repair Windows. Perlu diketahui bahwa kerusakan yang terjadi pada Windows dimana Windows corrupt akan menyebabkan perangkat tidak bisa masuk ke sistem operasi. Dengan kerusakan ini, maka perangkat akan menjadi hang atau blank. Oleh karena itu, solusi untuk layar laptop blank tapi mesin hidup ini adalah dengan repair.

Guna melakukan repair, maka anda memerlukan DVD sistem operasi atau bootable flash disk. Anda sebaiknya mencoba melakukan repair terlebih dahulu. Namun, jika repair tidak bisa mengatasi, maka sebaiknya anda melakukan instal ulang.

     Lepaskan Tambahan Hardware

Seringkali pengguna mengaplikasikan tambahan hardware dimana mereka bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari perangkat yang mereka miliki. Cara ini memang cukup tepat untuk memiliki laptop dengan performa gahar dan mantap. Hanya saja terkadang hardware tidak sesuai dengan sistem. Ketaksesuaian ini seringkali menyebabkan tampilan menjadi blank sementara sistem laptop tetap bekerja.

     Update Driver VGA

Solusi lain untuk diterapkan pada saat mengatasi masalah ini adalah dengan cara melakukan update pada driver VGA. Driver VGA yang sudah terlalu usang tentu saja akan menyebabkan masalah pada perangkat anda. Dalam hal ini, melakukan penggantian untuk memperbarui driver VGA adalah langkah tepat. Download driver dari website sesuai dengan jenis perangkat anda.

     Kosongkan Arus

Mengosongkan arus juga termasuk solusi tepat untuk diaplikasikan ketika anda menemukan masalah pada laptop anda. Maksud dari solusi ini adalah dengan menghilangkan arus dari laptop. Cara untuk melakukannya adalah dengan melepas adaptor dan baterai lalu menekan tombol power selama beberapa detik. Langkah ini akan membuat arus dalam perangkat menjadi hilang.

Akan lebih baik jika anda menekan tombol power agak lama. Dengan cara ini, maka seluruh program dari perangkat akan tertutup secara total dan ketika laptop dinyalakan ulang maka program akan bekerja dengan lebih optimal.

     Mengecek Kabel Fleksibel

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab dari kerusakan tampilan adalah karena masalah pada kabel fleksibel. Oleh karena itu, dalam hal ini, ketika anda hendak melakukan perbaikan pada perangkat, salah satu cara guna dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap kabel fleksibel. Jika kondisi kabel fleksibel begitu usang dikarenakan masalah ketika membuka dan menutup, maka lakukan penggantian.

     Cek Panel Display

Pengecekan pada panel display dapat menjadi salah satu solusi guna dilakukan. Solusi ini cukup efektif untuk mengembalikan detail tampilan sesuai dengan seharusnya. Adanya permasalahan pada cek panel memang akan mengakibatkan tampilan menjadi blank.

Dalam hal ini, guna memastikan permasalahan yang terjadi, maka coba hubungkan laptop dengan monitor eksternal. Jika layar eksternal bisa menampilkan gambar dengan baik, maka panel display perangkat anda bermasalah. Solusi untuk dilakukan adalah penggantian panel display jika sudah terlalu usang.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa penyebab dari masalah layar laptop mati tapi mesin hidup yang harus dipahami. Selain itu, ada juga beberapa solusi untuk dilakukan tergantung kerusakan. Semoga pemaparan di atas bisa membantu anda.

Layar Laptop Mati Tapi Mesin Hidup: Penyebab Dan Solusinya | admin | 4.5