Layar Laptop Hitam Saat Dinyalakan: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang sering muncul pada perangkat laptop adalah layar laptop hitam saat dinyalakan. Hal tersebut merupakan gangguan yang meskipun sebenarnya wajar namun akan sangat mengganggu. Hal tersebut dikarenakan tampilan yang blank akan membuat perangkat tidak bisa bekerja dengan maksimal dan anda pasti juga akan terganggu karenanya.

Oleh karena itu, perlu bagi anda untuk mengetahui apa saja penyebab dari masalah ini. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu kita bisa melakukan tindakan pencegahan maupun perbaikan dengan baik dan lancar. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa penyebab yang menjadi dasar tampilan perangkat menjadi blank dan beberapa cara untuk mengatasinya. Simak beberapa penjelasan tersebut di bawah ini. Selamat membaca!

Penyebab Layar Laptop Blank

Ada beberapa penyebab yang mendasari adanya masalah pada tampilan perangkat ketika dinyalakan. Dalam hal ini, guna mengetahui secara jelas apa yang menjadi permasalahan dari layar laptop hitam ketika perangkat tersebut dinyalakan, maka simak beberapa poin mengenai penyebabnya di bawah ini.

     Laptop Terserang Virus

Virus menjadi salah satu sebab yang paling umum dimana dapat membuat tampilan menjadi blank dan hitam. Dengan infeksi dari virus tersebut, tampilan tidak bisa merespons dengan baik dan akibatnya tampilan menjadi tidak jelas. Jika virus tidak langsung ditanggulangi, maka driver dari perangkat juga akan rusak.

     Laptop Crash

Sebab lain yang menjadikan tampilan laptop berwarna hitam adalah kondisi laptop crash. Crash ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada software atau program dari laptop tersebut. Dalam hal ini, crash dalam komponen laptop akan mengakibatkan program tidak bisa berjalan dengan lancar dan respons perangkat pada perintah juga akan tersendat.

     OS Rusak

Kerusakan yang terjadi pada OS juga dapat mengakibatkan tampilan layar blank. Ini adalah salah satu sebab paling umum dimana akan mengganggu pengguna saat mengoperasikan perangkat yang ia miliki. Kerusakan OS akan merembet pada driver dan jika tidak dibenarkan secara optimal, masalah ini akan semakin parah.

     Kerusakan VGA

VGA adalah elemen sangat penting dimana akan sangat berpengaruh pada kualitas tampilan. Kerusakan yang terjadi pada VGA akan berpengaruh pada detail tampilan yang terjadi. Jika VGA rusak, maka tampilan akan terkena imbasnya dengan salah satunya adalah menjadi blank.

Cara Mengatasi Tampilan Blank

Dari beberapa penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa ada beberapa sebab dari layar laptop hitam saat dinyalakan yang sebaiknya diketahui. Dengan mengetahui penyebab tadi, maka kita akan mengetahui penyebab dan bisa melakukan tindakan pencegahan serta perbaikan dengan tepat. Lantas, bagaimana langkah perbaikan untuk dilakukan guna mengatasi masalah ini?

Perlu diketahui bahwa ada beberapa langkah perbaikan dimana cocok untuk dilakukan guna mengatasi masalah ini dengan baik. Simak beberapa penjelasan di bawah ini mengenai solusi terbaik untuk dilakukan guna mengatasi masalah tampilan laptop yang hitam.

     Bersihkan Virus

Virus menjadi salah satu biang keladi dari masalah ini. Dalam hal ini, jika saat booting layar perangkat masih bisa menampilkan tulisan namun ketika masuk Windows langsung blank, ini adalah ciri bahwa perangkat anda terinfeksi virus. Dalam hal ini, penting bagi anda untuk membersihkan virus dengan segera. Cara untuk melakukannya adalah dengan masuk Windows melalui safe mode dan lakukan langkah pembersihan virus.

     Repair Windows

Solusi kedua untuk dilakukan adalah melakukan repair Windows. Ini adalah salah satu solusi tepat dari masalah layar laptop hitam dimana sering muncul. Dalam hal ini, repair Windows dapat dilakukan karena kerusakan pada OS menyebabkan tampilan tidak bisa merespons perintah dengan baik. Untuk melakukannya, anda perlu DVD sistem operasi atau bootable flash disk. Jika repair tidak mampu mengatasi permasalahan, maka lakukan instal ulang.

     Lepaskan Tambahan Hardware

Melepaskan tambahan hardware juga dapat menjadi solusi untuk dilakukan. Tambahan hardware yang tidak sesuai dengan spesifikasi akan menyebabkan tampilan menjadi blank. Dalam hal ini, untuk mengatasinya maka anda perlu untuk melakukan uninstall driver dan sesuaikan hardware menurut spesifikasi perangkat anda.

     Update Driver VGA

Kita sudah membahas bahwa salah satu penyebab tampilan blank adalah kerusakan pada VGA. Kerusakan umum terjadi pada driver VGA tersebut dimana driver yang lama tidak mampu menjalankan program yang baru. Dalam hal ini, solusi dimana bisa dilakukan adalah melakukan update driver untuk memberikan akses VGA baru pada perangkat. Untuk mendapatkan driver terbaru maka anda bisa mencarinya di website resmi vendor.

     Cek Kabel Fleksibel

Seringkali kerusakan pada layar perangkat terjadi karena ketidakberesan kondisi kabel fleksibel. Dalam hal ini, untuk mengatasi kerusakan ini maka anda perlu untuk mengecek kondisi kabel fleksibel dari perangkat anda. Kabel fleksibel yang kendur harus segera diatur ulang. Sedangkan jika kabel fleksibel rusak, maka solusinya adalah melakukan penggantian.

     Cek Panel Display

Dead panel adalah penyebab paling sering muncul pada permasalahan tampilan. Adanya dead panel akan membuat tampilan berwarna hitam atau blank. Sebagai solusi, lakukan tindakan pengecekan pada panel display untuk mengatasi dead panel tersebut. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi guna melakukannya.

Dari beberapa keterangan di atas, dapat kita lihat bahwa ada beberapa penyebab serta langkah penyelesaian dari permasalahan layar laptop hitam saat dinyalakan. Perlu dipahami bahwa permasalahan ini sangat mengganggu dimana laptop tidak akan bekerja dengan maksimal dan anda pasti akan terganggu saat mengoperasikannya. Ketahui penyebab dan langkah solusinya dengan baik agar anda bisa melakukan pencegahan serta perbaikan secara optimal. Semoga dapat membantu anda sekalian.

Layar Laptop Hitam Saat Dinyalakan: Penyebab Dan Cara Mengatasinya | admin | 4.5