Inilah Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi yang Harus Kalian Coba

Laptop memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang untuk membantu dalam mengerjakan segala pekerjaannya mulai dalam pengetikan maupun dalam pusat hiburan. Terutama dalam pengetikan, salah satu komponen penting adalah keyboard, merupakan salah satu komponen laptop ini dapat dibilang memiliki potensi kerusakan cukup tinggi. Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard misalnya tombol yang tidak berfungsi. Dengan begitu, maka kita harus waspada dan hati-hati dalam menggunakannya agar tidak cepat rusak. Untuk kalian yang sedang mencari cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi, maka simaklah ulasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Mudah

Masalah keyboard sebenarnya masalah sepele namun dapat mengganggu dalam aktifitas dan menghambat dalam pekerjaan seseorang. Seringkali ditemukan beberapa tombol yang tidak berfungsi dengan baik dan membuat jengkel pemakainya, apa lagi jika pekerjaan sedang mendesak. Nah, kalian jangan khawatir, kali ini akan kita bahas tentang beberapa cara mengatasi keyboard yang tidak berfungsi yang bisa kita lakukan sendiri tanpa harus membawanya ke tempat servis.

Cara pertama, bersihkanlah keyboard dari debu. Jika terdapat beberapa tombol laptopmu tidak berfungsi, mungkin salah satu penyebabnya karena terhambat debu yang menumpuk karena jarang dibersihkan. Untuk menghilangkan debu tersebut secara efektif, cobalah melakukan beberapa hal paling dasar yaitu dengan membersihkannya. Miringkanlah laptop pada sudut 75 derajat, kemudian goyang-goyangkanlah untuk membuat debu keluar dan rontok. Sebelum melakukannya, pastikanlah terlebih dulu jika laptop sudah mati. Dengan begitu kamu bisa memiringkannya lebih lagi hingga 90 derajat jika masih diperlukan pembersihan. Kemudian setelah itu bersihkanlah lagi pada bagian bawah serta bagian atas menggunakan selotip. Setelah selesai, periksalah tombol yang rusak, sudah berfungsi atau belum.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi kedua yaitu dengan merestart laptop tersebut. Hal ini dilakukan jika tiba-tiba semua tombol tidak merespon dan tidak berfungsi. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat masalah pada software maupun drivernya. Untuk itu, cobalah restart laptop tersebut, kemungkinan dengan langkah tersebut bisa mengatasinya. Jika tidak bisa merestart lewat menu start, maka cobalah tahan pada tombol power hingga 5 detik dan maksimal 15 detik, maka laptop akan restart sendiri.

Langkah ketiga, perbaikilah driver keyboard. Masalah pada keyboard bisa juga disebabkan karena keyboard yang tidak up to date atau terdapat aplikasi perusak sehingga bisa menyebabkan keyboard mengalami kurang respon. Sebelum memperbaikinya, lakukanlah pemeriksaan terlebih dulu dan memastikannya apakah driver yang digunakan bisa bekerja dengan baik ataukah tidak dari sebuah device manager. Cara untuk mengetahuinya yakni dengan beberapa langkah, yaitu klik start menu dan kemudian pilih control panel. Setelah itu, kemudian klik system and security dan pilihlah device manager. Setelah itu, pada menu device manager tersebut kalian akan menemukan driver yang digunakan untuk semua hardware yang digunakan dalam laptop. Dan terakhir pilihlah keyboard, lalu kalian akan menemukan sebuah pilihan menu driver yang berada di bawahnya.

Jika terdapat segitiga kuning yang di atasnya terdapat tanda seru di dalamnya, maka hal tersebut menandakan bahwa ada masalah. Lebih baik segera update driver keyboard kalian. Metode untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berjalan dengan cara mengunduh driver di website resmi merk laptop tersebut. Kemudian setelah itu cari driver terbaru yang cocok digunakan untuk laptop, kemudian download dan instal.

Langkah keempat, restore windows pada laptop. Jika keyboard mengalami masalah dan berhenti bekerja setelah dilakukannya proses instalasi untuk aplikasi baru maupun mengubah pengaturan, maka langkah untuk memperbaikinya yaitu cobalah untuk merestore windows atau mengubah seperti pengaturan awal. Dengan melakukan cara tersebut, kemungkinan besar masalah tersebut akan terpecahkan. Untuk memulihkannya, lakukanlah beberapa cara. Pertama, klik pada start menu, kemudian klik pada control panel. Kedua, sorotlah pilihan pada menu system and security, dan kemudian pilih bak up your computer. Langkah ketiga, pada halaman selanjutnya, klik menu recovery system setting for your computer. Dan terakhir, klik open system restore. Dari step ini, kemudian ikuti wizard sederhana untuk bisa melakukan restore windows pada laptop kalian. Kemudian laptop akan reboot. Jika tombol keyboard berfungsi kembali, maka hal tersebut karena sistem eror.

Kelima, bawalah ke service center resmi terdekat. Jika kalian sudah melakukan semua langkah di atas dan tidak membuahkan hasil, maka kemungkinan besar keyboard rusak dikarenakan masalah pada hardwarenya. Oleh sebab itu, sebaiknya kalian periksa dengan membawanya ke service center resmi dan terpercaya untuk mendapatkan penanganan tepat. Atau bisa juga bawalah ke tempat servis komputer atau laptop yang sudah terpercaya. Biasanya terdapat masalah di kawat kecil, misalnya seperti adanya kabel pita terputus dan masih bisa diperbaiki. Jika ternyata masalah pada keyboard lebih besar dan memerlukan budget cukup besar, maka pikirkanlah matang-matang untuk memperbaikinya.

Jika kalian sudah melakukan semua cara di atas, maka satu-satunya jalan keluar yaitu carilah alternatif lain. Misalnya, kalian bisa membeli keyboard USB eksternal, biasanya banyak dijual di toko-toko aksesoris laptop. Harganya pun sangat terjangkau dan didesain dengan menarik, cukup membantu untuk mengatasi masalah keyboard tersebut. Selain itu, bisa juga menggunakan keyboard virtual yang terdapat dalam laptop. Untuk membukanya, kalian cukup mengklik pada start menu-all programs-accessories-ease of acces-on-screen keyboard. Cukup mudah bukan ? Itulah sedikit cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Semoga bermanfaat ya.

Inilah Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi yang Harus Kalian Coba | admin | 4.5