Cara Print Screen di Laptop Paling Mudah

Penggunaan alat elektronik sekarang ini sudah semakin maju. Apalagi fitur yang diusung pun semakin lengkap dan canggih. Sehingga sebagai manusia yang hidup di jaman modern harus memiliki pengetahuan teknologi. Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan. Baik oleh kalangan remaja hingga dewasa. Bahkan anak-anak pun telah dikenalkan secara dini dengan teknologi laptop ini. Ada banyak yang perlu diketahui pada penggunaan alat elektronik tersebut. Seperti contohnya ketika akan melakukan print screen. Cara print screen di laptop sangat mudah. Hanya saja bagi beberapa orang awam, hal tersebut mungkin sedikit sulit dan membingungkan.

Print screen merupakan kegiatan untuk melakukan capture pada layar. Sehingga akan tersimpan sebagai file image atau gambar. Bagi orang yang menggunakan gadget, sudah pasti mengenal fitur screenshot. Meski sebutannya berbeda, namun keduanya memiliki tujuan sama atau fungsi sama. Nah, print screen ini tidak jauh beda dengan screenshot. Anda dapat mengambil gambar penuh dari laptop anda atau mungkin hanya sebagian saja untuk kepentingan tertentu. Namun hanya bisa dilakukan jika anda mengetahui caranya. Oleh karena itu melakukan print screen haruslah berbekal pengetahuan. Bagi beberapa orang awam, perlu mengetahui cara capture layar di laptop. Sehingga sewaktu-waktu membutuhkan, bisa melakukannya dengan mudah.

Beberapa Cara Print Screen di Laptop

Untuk melakukan capture pada layar laptop sangatlah mudah. Namun bagi beberapa orang yang baru saja menggunakan alat elektronik ini mungkin masih bingung. Oleh karena itu, pada ulasan berikut akan dijelaskan mengenai cara capture layar di laptop. Sebelumnya perlu diketahui bahwa caranya tidaklah rumit. Sehingga hanya membutuhkan waktu singkat untuk mempelajarinya. Anda dapat langsung mempraktekannya. Ada dua jenis langkah melakukan capture layar laptop. Langkah atau cara pertama dapat dilakukan langsung. Sedangkan cara kedua bisa dilakukan dengan dukungan tool atau alat pada windows laptop anda. Berikut ini langkah-langkah dapat anda simak untuk melakukan capture pada layar laptop.

Print Screen Langsung

     Langkah pertama untuk dilakukan adalah dengan menyalakan alat elektronik atau laptop milik anda. Jika sudah menyala, maka dilanjutkan pada step berikutnya untuk melakukan capture layar.

     Selanjutnya, bukalah halaman atau tampilan yang akan dilakukan capture. Jika membutuhkan rekaman layar dalam bentuk image untuk kepentingan tertentu. Maka buka halaman tersebut. Misalkan saja yang perlu dilakukan capture adalah halaman kotak masuk email. Terlebih dahulu harus membuka halaman email tersebut.

     Cara print screen di laptop berikutnya adalah menekan tombol agar tampilan layar yang anda inginkan dapat dicapture. Anda dapat langsung menekan atau memilih tombol (Ctrl + PrtSc SysRq) di laptop. Pada alat elektronik laptop atau pun komputer, tombol PrtSc ini pasti ditemukan. Tombol tersebut memiliki fungsi mencapture tampilan layar.

     Jika sudah mengcapture layar dengan langkah sebelum ini. Maka selanjutnya adalah membuka software seperti paint. Bisa juga dengan menggunakan software adobe photoshop. Software tersebut akan membantu untuk melakukan proses edit atau memotong capture an sesuai dengan kebutuhan.

     Setelah membuka software paint ataupun adobe photoshop. Maka step selanjutnya adalah dengan menekan tombol (Ctrl + V). Cara ini digunakan untuk meletakkan hasil capture an layar di software tersebut. Jika tidak perlu dipotong atau diedit, bisa langsung menyimpannya ke dokumen. Namun jika masih diperlukan proses edit atau memotong. Maka bisa dilakukan crop atau edit terlebih dahulu.

Nah, cara diatas merupakan langkah langsung untuk melakukan capture layar. Bagi yang masih awam pun tentu tidak akan kesulitan untuk melakukannya. Terlebih lagi cara ini memang lebih praktis dan mudah. Selain itu juga tidak memakan waktu lama. Namun jika ingin melakukan proses capture dengan cara berbeda juga bisa. Maka dapat memanfaatkan software untuk membantu proses mencapture tampilan layar yang diinginkan. Jika windows yang digunakan adalah windows 7 hingga 10 atau windows Xp. Ada banyak tool didalamnya sehingga bisa digunakan mencapture layar. Salah satunya adalah snipping tool. Untuk lebih jelasnya bisa disimak dari ulasan berikut.

Print Screen Menggunakan Snipping Tool

     Langkah pertama adalah membuka atau mengakses terlebih dahulu aplikasi snipping tool. Hal tersebut dapat dilakukan dari tombol start. Dapat juga dicari lewat search windows sehingga lebih cepat menemukannya. Jika sudah menemukannya, segera buka tool atau aplikasi snipping tool tersebut.

     Langkah melakukan capture pada laptop selanjutnya dengan membuka halaman yang ingin dicapture terlebih dahulu.

     Setelah membuka halaman atau tampilan layar yang akan dicapture. Maka langkah berikutnya adalah memilih pilihan untuk melakukan capture. Ada beberapa mode untuk dipilih. Mulai dari full screen hingga memilih bagian tertentu saja.

     Nah, jika sudah memilih bagian yang dicapture. Anda kemudian dapat menyimpan hasil capture di dokumen pada laptop. Proses capture layar yang anda lakukan pun telah selesai.

Cukup mudah bukan menggunakan snipping tool. Terlebih lagi caranya juga terbilang cukup mudah dan praktis. Apalagi dengan adanya beberapa pilihan mode. Anda bisa langsung memilih bagian mana yang akan dicapture. Bisa full screen, bisa juga sebagian saja tanpa melewati proses edit atau crop. Dengan dua jenis cara print screen di laptop ini, anda dapat memilih langkah yang sesuai dengan keinginan anda. Keduanya sama-sama praktis dan mudah. Hanya sedikit berbeda metode saja. Semoga ulasan mengenai langkah melakukan print screen dapat memberikan bekal pengetahuan bagi anda. Khususnya bagi kaum awam sehingga dapat segera mengetahui bagaimana cara melakukan capture layar laptop jika sewaktu-waktu membutuhkannya untuk kepentingan tertentu.

Cara Print Screen di Laptop Paling Mudah | admin | 4.5