Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop dengan Mudah

Keyboard yang mengalami error atau tidak berfungsi seperti pada umumnya pasti sangat mengganggu pekerjaan kita. Apalagi jika anda termasuk salah satu jenis orang yang pekerjaan utamanya kebanyakan membutuhkan aktivitas mengetik. Mau memperbaiki keyboard belum sempat atau belum ada biaya. Sudah mencoba cara manual dengan memperbaiki sendiri masih belum bisa mengatasi kerusakan yang terjadi juga. Jika anda mengalami masalah demikian solusi yang bisa dilakukan adalah dengan cara menonaktifkan keyboard laptop. Cara ini bisa anda lakukan sementara sehingga pekerjaan bisa dilanjutkan kembali. Dengan begitu, pekerjaan pun tidak lagi terganggu dengan kerusakan keyboard internal laptop maupun touchpad laptop.

Jika kerusakan yang dialami keyboard internal hanya sebatas tidak bekerjanya beberapa tombol atau tidak berfungsinya perangkat, maka mencolokkan perangkat pengganti eksternal tanpa menonaktifkan perangkat internal sudah bisa mengatasinya. Namun jika keyboard internal tersebut sudah mulai mengganggu kinerja anda atau operasional laptop, maka menonaktifkan adalah cara yang tepat untuk mengatasinya. Misalnya saja tombol yang mengetik sendiri tanpa ditekan. Atau kursor yang bergerak-gerak sendiri. Atau bahkan mengetik salah satu karakter berulang-ulang dan terus menerus. Dan yang lebih parah lagi adalah muncul suara panjang yang tidak biasa dan mengganggu pekerjaan kita.

Langkah-Langkah Menonaktifkan Keyboard Laptop

Menonaktifkan / mendisable / menguninstal perangkat ketik internal tidak selalu berjalan dengan lancar. Terkadang ketika laptop dihidupkan ulang driver secara otomatis terinstal kembali. Sehingga masalah pun kembali lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini kami sajikan ulasan mengenai langkah-langkah atau prosedur menonaktifkan keyboard internal laptop dengan mudah.

     Klik Start > Klik kanan pada komputer > Pilih Properties > Pilih Device Manager. Atau untuk lebih menyingkat waktu anda bisa langsung men-search device manager pada ikon search.

     Setelah masuk ke jendela Device Manager, pilih keyboards kemudian klik kanan pada keyboard Device filter (sesuaikan dengan driver laptop yang dimiliki). Pada beberapa laptop anda akan menemukan “Standar PS/2 Keyboard”. Klik kanan pada pilihan tersebut kemudian pilih Update Driver Software.

     Akan muncul kotak dialog yang berisi pertanyaan bagaimana akan mencari software driver. Pilihlah “Browse my computer for driver software”.

     Langkah selanjutnya, klik pada tulisan “Let me pick a list of device driver on my computer”.

     Kemudian hilangkan tanda centang pada pilihan Show Compatible Hardware dan pilih salah satu driver yang tidak sesuai / incompatible dengan laptop. Sebagai contoh jika laptop yang anda miliki adalah merk Hewlett Packard maka jangan menginstal driver Hewlett Packard, tapi instal driver selainnya. Misalnya saja Samsung, Key Tonic, atau yang lain. Selanjutnya klik next.

     Setelah mengeklik next, akan muncul sebuah kotak peringatan yang memberitahukan anda bahwa driver yang diinstal tidak cocok atau tidak kompatibel dengan perangkat yang terpasang. Lanjutkan saja prosesnya dengan mengeklik YES. Jika anda bertanya mengapa, alasannya adalah karena memang tujuan kita adalah menginstal driver tidak kompatibel tersebut.

     Setelah proses instalasi selesai, Windows 7 akan menampilkan pesan yang berisi pemberitahuan bahwa instalasi telah berhasil. Klik Close.

     Bila kemudian Windows 7 meminta anda untuk melakukan restart atau menghidupkan ulang komputer maka lakukan saja perintah tersebut. Bagian terpenting yang tidak boleh anda lupakan adalah memasang keyboard eksternal beserta mouse eksternal sebelum melakukan restart. Hal tersebut dikarenakan kedua perangkat internal tersebut akan segera tidak berfungsi lagi. Atau lebih amannya lagi anda bisa memasangnya sebelum melakukan proses menonaktifkan. Pastikan juga proses sambungan selesai dengan benar. Jika menunggu sudah terlalu lama namun proses penyambungan tidak berhasil, ada kemungkinan bahwa keyboard atau mouse eksternal anda rusak. Atau bisa juga disebabkan driver USB error atau belum terinstal. Atasi terlebih dahulu masalah tersebut dan pastikan bahwa kedua perangkat eksternal sudah bisa difungsikan untuk menggantikan perangkat internal.

     Dengan melakukan cara menonaktifkan keyboard laptop di atas maka keyboard internal sudah didisable atau dinonaktifkan. Anda bisa melanjutkan pekerjaan mengetik atau pekerjaan komputasi lainnya dengan bantuan keyboard dan mouse eksternal.

     Untuk memastikannya apakah proses menonaktifkan keyboard berhasil atau tidak, anda bisa mengeceknya dengan cara menekan tombol-tombol pada keyboard internal serta menggeser-geserkan tangan anda pada touchpad laptop. Jika sudah tidak memberikan pengaruh apa-apa, dengan kata lain sudah tidak berfungsi sama sekali, maka proses menonaktifkan yang anda lakukan tadi sudah berhasil.

Berikut ini ada beberapa tips singkat untuk anda dalam merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak. Sehingga menonaktifkan keyboard pun tak perlu dilakukan.

     Gunakanlah cover keyboard untuk melindungi perangkat anda dari bahaya debu, kotoran, atau cairan agar tidak masuk ke sela-selanya. Harga cover tersebut biasanya bervariasi dan umumnya murah.

     Pakailah keyboard eksternal atau wireless saat bermain game. Biasanya saat bermain game anda akan menekan tombol terlalu kencang. Hal tersebut sangat berpotensi merusak fungsi tombol.

     Jangan menaruh benda berat di atas perangkat internal maupun laptop. Tekanan yang berlebihan juga rentan menimbulkan kerusakan.

     Jauhkan perangkat elektronik anda dari segala macam cairan.

     Lakukan pembersihan secara rutin minimal seminggu sekali menggunakan cairan pembersih khusus. Berseihkan dengan hati-hati agar tidak merusak perangkat.

Demikianlah ulasan mengenai cara menonaktifkan keyboard laptop dengan mudah. Anda bisa mempraktekkannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara berurutan satu per satu. Atau jika ragu dan khawatir melakukannya sendiri, mintalah bantuan kepada teman atau kerabat anda yang lebih ahli dalam berurusan dengan laptop atau komputer. Semoga membantu.

 

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop dengan Mudah | admin | 4.5