Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop / Pc Dengan Cepat

Selain prosesor, RAM adalah komponen yang mempunyai peranan penting bagi laptop. Item yang kerap dianggap sebagai ruang penyimpanan nyatanya bermanfaat untuk melancarkan kinerja laptop. Pemahaman mengenai RAM mutlak dipahami. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui apakah jenis RAM yang ada di dalam laptop mereka. Oleh sebab itu, cara mengetahui jenis ram laptop / pc ini dapat diketahui dengan beberapa langkah.

Dibandingkan dengan ruang penyimpanan lain, tentunya jenis terbaru masih unggul dari segi penggunaan. Pertama, transfer menggunakan DDR3 lebih cepat 8 kali lipat. Sampai saat ini, provider motherboard menggunakannya sebagai standarisasi. Kedua, generasi 3 mampu memberikan ruang penyimpanan lebih besar hingga 512 MB hingga 8 GB. Itu pun masih dapat diupgrade hingga 16 GB. Dengan model ini, jenis ram laptop ini tidak akan mudah mengalami over capacity. Ketiga, DDR3 mampu mengefisiensikan kinerja hingga 1.5 v. Berbeda dengan DDR2 berukuran 1.8 v, ukuran sekicil itu tidak akan mempercepat pemanasan di sirkulasi laptop. Sebaliknya, beban besar akan menaikkan suhu perangkat dan berimbas pada hardware tepat bagian bawah.

Manfaat utama mengetahui RAM dalam laptop akan mempermudah cara pengoptimalan. Di samping itu, penggantian suku cadang dapat dilakukan secara mandiri apabila mengetahui seri dan juga tipenya. Berdasarkan jenisnya, RAM setidaknya dibedakan menjadi lima kelompok, sebagaimana berikut:

(1) RAM EDO Mempunyai 72 Pin,

(2) SD RAM Mempunyai 168 Pin,

(3) DDR 1 Mempunyai 184 Pin,

(4) DDR 2 Mempunyai 240 Pin, dan

(5) DDR 3 Mempunyai 300 Pin.

Lima jenis di atas pun masih dibedakan berdasarkan kapsitasnya. Setidaknya, terdapat sembilan pilihan dari paling rendah hingga tertinggi. Di pasaran, kapasitas terendah berisi 64 MB sedangkan tertinggi berukuran 16 GB (4×4 GB). Para users tentunya sudah banyak mengetahui hal ini dan kebanyakan di pasaran sudah mencapai 1 GB sebagai standard pengoprasian. Kelima jenis tersebut memiliki fungsi dan kinerja yang berbeda-beda. Semuanya tergantung dari komposisi dari suatu perangkat.

Pengecekan fisik

Terakhir, cara mengetahui jenis ram laptop / pc ini masih dibedakan menjadi dua jika disandarkan pada tipe slotnya. Yakni, (1) DDR2 atau (2) DDR3. Meskipun ada jenis DDR1, namun jenis tersebut sudah tidak banyak dijumpai. Untuk menganalisa suatu RAM, para users sekalian dapat melakukannya secara manual. Untuk trik ini akan memakan waktu lebih lama dan juga cukup menguras tenaga. Langkah awal adalah dengan melihat bagian luar. Biasanya, para provider sudah menyertakan informasi pada label. Salah satu contoh informasi pada piranti ini adalah DDR 2: PC4200 dengan clock speed 533 MHz. Atau, PC5300 dengan clock speed 667 MHz. Kecepatan baik DDR2 ataupun DDR3 boleh dikatakan sangat berbeda. Untuk generasi 3 sendiri dimulai dari 400 MHz sampai 1066 MHz.

Namun, bagaimana jika label tidak memberikan informasi pada piranti tersebut? cara mengetahui tipe ram laptop / pc yang kedua ialah jawabannya. Users dapat melihat coakan fisiknya secara langsung. Khusus untuk generasi 2, item pada bagian memori berisi beberapa pin atau lebih mudah disebut kuningan. Di sana, terdapat bagian kosong yang dapat dipastikan sebagai DDR2. Sedangkan DDR3 dapat dilihat dari urutannya. Urutan dari kanan memori adalah DDR1, DDR2, dan DDr3. Dengan demikian, DDR3 lebih dekat dengan ujung kiri.

Pengecekan fitur

Sedangkan cara ketiga adalah kebalikan dari cara di atas. Yang satu ini memanfaatkan berbagai fitur dari dalam laptop. Sayangnya, beberapa users terlalu sibuk dengan cara membongkar laptop dari pada memanfaatkan ruang informasi di dalamnya. Cara termudah adalah dengan :

  1. membuka jendela windows explorer atau menekan shortcut-nya (Tombol Windows + E di keyboard).
  2. Klik kanan pada ikon my computer dan dilanjutkan pada tulisan ‘Properties’.
  3. Di kotak system properties akan ditampilkan beberapa opsi dan pilihlah ‘spesifikasi RAM’ yang sudah diinstal di laptop ataupun PC.

Sayangnya, cara satu ini masih diragukan keabsahanya. Mengingat, permainan dalam laptop dapat diubah oleh penjual yang tidak bertanggungjawab. Bentuk manipulasi inipun berlanjut pada kapasitas dan spesifikasi laptop. Dengan menaikkan spesifikasinya, harga jualpun semakin tinggi, meskipun spesifikasinya tidak mengalami upgrade sama sekali.

Penginstalan aplikasi

Cara mengetahui variasi ram di laptop / pc selanjutnya ialah menginstal software atau utilitas. Beberapa model ini sudah banyak dipasarkan di internet baik berbayar maupun unduhan gratis. Satu di antaranya adalah CPU-Z tanpa mengeluarkan nominal sedikit pun. Nama tersebut tentunya sudah tidak asing bagi sebagian pihak dan cara penginstalan pun tidak begitu meribetkan.

  1. Download aplikasi tersebut dengan mempertimbangkan versi 32 atau kah 64 bit.
  2. Ikuti langkah penginstalan sesuai dengan prosedur yang ditawarkan. Untuk yang satu ini dapat dijalankan mode portable atau pun installer.
  3. CPU Z akan menampilkan kotak dialog dan pilihlah memory-section general-type.

Langkah ketiga tersebut akan menunjukkan jenis RAM yang ditanamkan pada laptop users sekalian.

Sebagai alternatif l lain, users juga dapat menggunakan aplikasi lain, semisal CPUID. Model satu ini tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Dinilai dari kepraktisan dan keakuratan, keduanya mempunyai zona tak jauh berbeda.  Di atas adalah cara mengetahui jenis ram laptop / pc dengan tiga langkah. Cara kedua dan ketiga sangat dianjurkan lantaran users tidak perlu membongkar perangkat. Hal ini sangat riskan apabila users tidak dapat mengembalikan komponen isi sesuai lokasi dan fungsinya.

Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop / Pc Dengan Cepat | admin | 4.5