Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Saat Internetan Paling Efektif

Anda tentu ingin memiliki sebuah laptop yang canggih dan bisa dipakai dengan lancar saat terhubung dengan internet. Laptop semacam ini tentu saja akan membuat mengakses internet menjadi lebih mengasyikkan dimana informasi akan didapatkan dengan lancar. Namun, tidak jarang bahwa perangkat mengalami masalah loading lama atau lola ketika menggunakan internet. Oleh karena itu memahami cara mengatasi laptop yang lemot saat internetan menjadi penting.

Masalah-masalah yang muncul tersebut tentu saja akan mengganggu anda saat melakukan browsing. Agar supaya masalah ini tidak terjadi, tentu kita harus mengetahui solusi yang bisa dilakukan. Nah, berikut kita akan membahas setidaknya 7 langkah perbaikan agar perangkat tetap berfungsi dengan baik saat melakukan browsing. Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

     Menghapus Junk File

Salah satu penyebab kenapa perangkat milik anda lambat dalam bekerja adalah banyaknya junk file atau file sampah. File sampah ini akan memenuhi ruang-ruang perangkat dimana bisa menyebabkan perangkat tidak mampu memberikan respons yang baik untuk jaringan sehingga browsing akan terhambat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk membersihkannya.

Membersihkan file sampah adalah salah satu langkah mengatasi laptop lemot saat internetan tepat. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan tool bernama Windows Clean Up yang menyediakan akses untuk melakukannya. Bersihkan file sampah ini secara berkala setidaknya seminggu sekali atau dua minggu sekali agar performa perangkat tetap terjaga baik.

     Defragmentasi Hard Disk

Melakukan defrag pada hard disk juga dapat menjadi solusi tepat dari masalah laptop yang lambat. Tentu, anda pernah bukan membuka file dan program yang terasa lama. Nah, kejadian ini bisa terjadi karena file atau program tersebut terfragment dalam hard disk tersebut. Oleh karena itu, defragmentasi hard disk dapat menjadi solusi untuk menemukan kerusakan pada program dimana menyebabkan laptop akan menjadi lambat dan mengganggu pengoperasian perangkat tersebut.

     Menghapus Virus dan Malware

Masalah running task pada perangkat juga bisa muncul dikarenakan oleh adanya virus atau malware. Dalam hal ini, cara mengatasi laptop yang lemot saat internetan guna dilakukan adalah menghapus gangguan-gangguan virus dan malware tersebut. Ini juga menjadi salah satu solusi terbaik dimana bisa dilakukan dengan cukup mudah dan efektif. Cara untuk digunakan adalah dengan menginstal anti-virus yang terpercaya dan update. Lakukan scanning guna menemukan virus yang menjadi biang dari masalah tersebut.

Dalam hal ini, perlu dipahami bahwa virus tidak hanya menyebabkan sistem menjadi terganggu tetapi program juga mengalami kerusakan. Oleh karena itu, ketika virus sudah begitu menjangkiti, maka program bisa saja akan menjadi corrupt dan tidak bisa dijalankan. Efek hal ini pada perangkat adalah perangkat akan menjadi semakin lambat ketika digunakan browsing atau melakukan hal lainnya.

     Uninstall Program yang Tidak Penting

Coba masuk pada Control Panel dan lihat program apa saja yang sekiranya tidak terlalu penting dan ada pada laptop anda. Mengurangi program dimana jarang dipakai adalah salah satu cara tepat untuk mengurangi kelambatan akses ketika menggunakan jaringan internet. Perlu dipahami bahwa semua program tersebut akan berjalan dan memakan memori dalam RAM. Jika memori RAM semakin tipis dan habis, maka tentu saja laptop akan menjadi lebih lambat dan akses anda juga pasti akan terganggu.

Oleh karena itu, dalam hal ini, sebaiknya anda lebih selektif dalam memilih program dimana hendak diinstal. Pastikan memilih program berdasarkan fungsi serta kebutuhan anda. Jika memang program tersebut tidak terlalu dibutuhkan dan fungsinya tidak terlalu penting bagi anda, maka sebaiknya anda tidak perlu untuk memasangnya. Hal ini demi laptop yang tidak lambat saat mengakses internet.

     Mengurangi Proses

Langkah lain yang bisa digunakan sebagai solusi saat mengatasi laptop lemot saat internetan adalah dengan mengurangi proses. Sebagaimana dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa terlalu banyak program yang terinstal bisa membuat laptop menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, proses pada perangkat juga harus dikurangi. Dalam hal ini, anda bisa masuk ke task manager dan mematikan program dimana tidak digunakan. Ini akan menghemat memori pada RAM dimana laptop bisa bekerja dengan lebih baik, efisien dan juga cepat.

     Hindari Multi-tasking

Multi-tasking terkadang juga menjadi salah satu penyebab kenapa masalah ini muncul. Windows memang bisa menjalankan lebih dari satu tugas secara bersamaan atau multi-tasking. Namun, dalam hal ini, terlalu banyak program yang dijalankan secara bersamaan tentu saja akan membuat perangkat menjadi lebih cepat lelah dan efeknya akan menjadi lemot. Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan, maka sebaiknya anda menghindari terjadinya multi-tasking tersebut. Gunakan perangkat dengan bijak sehingga akses bisa berjalan secara lancar tanpa kendala.

     Perhatikan Kondisi Hard Disk

Hard Disk memiliki peranan yang penting dalam perangkat laptop. Kondisi hard disk prima tentu saja akan berefek lancarnya program atau aplikasi berjalan, termasuk saat menggunakan internet. Oleh karena itu, ketika jaringan terasa lambat dan susah terhubung, maka segera cek kondisi hard disk. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan cara dengan defrag hard disk. Namun, jika ternyata ada kerusakan pada hard disk, maka penggantian harus dilakukan.

Dari beberapa penjelasan tersebut, maka kita bisa melihat bahwa ada beberapa cara mengatasi laptop yang lemot saat internetan dimana bisa dilakukan dengan baik. Pahami beberapa langkah solusi tersebut sehingga ada bisa bebas dari masalah ini dengan mudah dan lancar. Semoga bisa menjadi inspirasi dan pengetahuan baru bagi anda sekalian.

Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Saat Internetan Paling Efektif | admin | 4.5