Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8 Dengan Taktis

Penggunaan laptop dengan windows 8 saat ini bisa dibilang sebagai standard. Selain dianggap sebagai software sejuta umat, perangkat lunak satu ini juga menawarkan kemudahan dalam penginstalan dan kinerja. Sayangnya, hal tersebut lambat laun akan menurun kualitasnya, Tidak hanya lantaran kapasitas RAM yang semakin menyempit, namun juga malware atau spyware yang telah menjangkit laptop tersebut. Akibatnya sudah dapat ditebak. Prosesor akan sulit menjalankan perintah dan berimbas pada leletnya kinerja windows. Menangkal hal tersebut, inilah cara mengatasi laptop lemot windows 8.

Pengecekan spesifikasi

Beberapa users hanya menggunakan windows 8 lantaran tampilan. Mereka pun akhirnya merasa perlu dan wajib untuk menginstalnya. Padahal, spesifikasi laptop tidak mempunyai kekuatan untuk menjalankannya. Setidaknya, suatu laptop dapat menjalankan windows tipe ini tanpa masalah jika memiliki RAM sebesar 2 GB. Belum lagi, prosesor, kecepatan, dan grafik akan mempengaruhi secara totalitas. Dengan memahami hal tersebut, users lebih baik tidak memaksakan kehendak untuk menginstal jenis ini apabila laptop tidak berkapasitas untuk menjalankannya.

Di sisi lain, aplikasi dan ruang simpan laptop juga wajib diurutkan. Cara terbaik tanpa harus mendownload perangkat lunak lain adalah defragment. Istilah ini berfungsi sebagai langkah penyusunan ulang file dan juga pembagian partisi. Dengan membagi beban sama rata di setiap partisi, RAM tidak akan terbebani dengan besaran data. Pun prosesor dapat menggerakkan windows tanpa harus tersendat-sendat. Saat users memutuskan untuk menutup beberapa tab tersebut, namun terkendala dengan respon yang lambat. Users dapat menggunakan shortcut.

Untuk keluar dari hal tersebut, users dapat memaksa task dengan menekan ctrl+alt+del. Ketiganya akan menampilkan task bar versi mini dan dapat menutupnya secara langsung, Penutupan ini akan mengurangi kinerja dari laptop. Akibatnya, tab lain dari terbuka tanpa harus mengalami slow respond. Sayangnya, cara mengatasi laptop lemot untuk windows 8 hanya dapat menutup satu tab dan perlu diulangi berkali-kali apabila slow respond masih terjadi.

Penghapusan Cache

Bagi pendownload dan pembroswer sejati, istilah cache tentunya tidak asing lagi. Istilah tersebut bermanfaat sebagai penghubung antara laptop pribadi dengan situs yang telah dikunjungi. Bisa dikatakan, semakin banyak situs dikunjungi, maka beban memori akan semakin banyak. Hal ini akan berimbas pada potensi masuknya malware berbahaya pada windows. Untuk mengatasi kelemotan pada windows 8, users dapat menghapus cache secara mandiri. Cara termudah adalah membuka aplikasi yang kerap dijadikan sebagai mesin browser. Selanjutnya masuk ke menu dan pilihlah pengaturan. Pada dialog tersebut akan menampilkan berbagai pilihan, termasuk penghapusan riwayat hingga cache. Tampilan ini hampir serupa di semua aplikasi browsers dari yang tenar hingga baru muncul.

Penghapusan

Cara mengatasi laptop lemot windows 8 selanjutnya ialah penghapusan. Ini dimaksudkan untuk meng-uninstall beberapa aplikasi yang tidak berfaedah. Tentunya, beberapa aplikasi pada laptop tidak semuanya bermanfaat. Bahkan dari sekian banyak hanya diinstal untuk keadaan darurat semata. Atau, tanpa sengaja diwajibkan menginstal apabila ingin mendownload sesuatu dari suatu laman. Hal tersebut tentunya sangat riskan terkena virus dan menjangkit di komputer tentang users sekalian. Oleh sebab itu, penghapusan secara berkala akan menyelamatkan kinerja laptop secara signifikan. Cara termudah melakukannya adalah melalui:start-control panel-unistal programs.

Kemudian, kotak dialog akan menampilkan berbagai instalasi aplikasi yang telah berjalan. Carilah ikon representasi dari instalan tak berfaedah tersebut dan segera klik dua kali. Selanjutnya, users hanya mengikuti perintah dan mensetujui penghapusan tersebut. Dengan melakukan hal tersebut, laptop akan terasa perbedaannya secara signifikan saat diperintah untuk mengolah data dan membuka berbagai macam tab. Cara ini optimis akan mempercepat kinerja windows. Namun untuk berbagai kasus, cara ini tidak berperan aktif di saat spesifikasi laptop di atas rata-rata.

Selain penghapusan pada aplikasi, file lama juga wajib dibuang guna mengatasi laptop lemot windows 8. Menumpuk file baik berupa MP3 dan MP4 terlalu banyak akan menciutkan kapasitas ruang simpanan. Hasil akhir sudah bisa diprediksi bahwa kemampuan laptop akan menurun secara drastis. Oleh sebab itu, windows dapat berjalan dengan baik apabila terdapat ruang kosong pada storage setidaknya 2 hingga 4 GB di partisi. Longgaran kapasitas tersebut akan semakin baik apabila setiap partisi mempunyai ruang terbuka di angka tersebut.

Pembukaan tab

Selain beberapa masalah di atas, pembukaan tab saat browsing dan juga mengolah data akan memperlambat respon windows. Permasalahan ini hampir seperti isu klasik dalam per-laptopan. Alasan utamanya ialah prosesor tidak dapat menstabilkan kebutuhan energi dan pengolahan data. Imbas terburuk adalah laptop mengalami lack dan berhenti sejenak. Secara langsung, users dapat menutup tab yang tidak lagi dibutuhkan. Terlebih, tab saat browsings sangat berkontribusi untuk melemotkan pergerakannya.  Meskipun windows 8 merupakan versi yang terbilang baru dan mampu mengatasi beragam multitasking. Namun kestabilannya akan goyah juga apabila terlalu lama diforsir.

Pengoptimalan mandiri

Pengoptimalan ini dilakukan dengan cara membersihkan seluruh file windows melalui laptop. Langkah pertama ialah mengeklik kanan pada logoi start up. Kemudian, users dapat memilih system dan diteruskan pada advanced system setting. Kotak dialog akan serta merta berubah dan menggiring pada dialog tab advance-setting dan system properties. Dalam kotak tersebut, pilihlah advanced dan klik setting-custom-smooth edge of screen fonts. Beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 8 di atas sangat dianjurkan sebagai langkah awal. Mengingat, kurang mampunya windows 8 mengolah data bisa jadi karena masa aktif yang semakin dekat. Atau, lantaran kerusakan pada perangkat laptop itu sendiri.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8 Dengan Taktis | admin | 4.5